Logo BeritaSatu

Pesawat Terakhir Tinggalkan Kabul, AS Akhiri Misi di Afghanistan

Selasa, 31 Agustus 2021 | 07:06 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Penerbangan militer Amerika Serikat (AS) yang terakhir telah meninggalkan ibu kota Afghanistan, Kabul, pada Senin (30/8/2021). Seperti dilaporkan Al Jazeera, Pentagon menyatakan AS secara resmi mengakhiri perang 20 tahun di Afghanistan setelah upaya evakuasi yang kacau.

Jenderal Kenneth McKenzie, komandan Komando Pusat AS, mengatakan AS mengevakuasi 79.000 orang dari Kabul, termasuk 6.000 warga Amerika, sejak 14 Agustus, sehari sebelum Taliban menguasai kota itu.

“Saya di sini untuk mengumumkan selesainya penarikan kami dari Afghanistan. Penarikan diri malam ini menandakan akhir dari komponen militer evakuasi tetapi juga akhir dari misi hampir 20 tahun yang dimulai di Afghanistan tak lama setelah 11 September 2001,” papar McKenzie kepada wartawan saat jumpa pers di Pentagon, Senin.

Taliban mengambil alih Afghanistan awal bulan ini setelah serangan hebat. Kelompok milisi ini mencapai Kabul pada 15 Agustus ketika Presiden Ashraf Ghani melarikan diri dan pasukan pemerintah runtuh.

Pasukan AS tetap mengendalikan bandara, saat mereka bekerja untuk mengevakuasi warga Amerika, warga negara ketiga dan sekutu Afghanistan. Pasukan memenuhi tenggat waktu penarikan pasukan 31 Agustus yang ditetapkan oleh Presiden Joe Biden.

“Setiap anggota layanan Amerika sekarang keluar dari Afghanistan. Saya dapat mengatakan itu dengan sangat pasti,” ujar McKenzie, Senin.

Jenderal McKenzie menambahkan, pasukan AS memulai evakuasi pada 14 Agustus dengan asumsi bahwa pasukan keamanan Afghanistan akan menjadi mitra yang "bersedia dan mampu", tetapi Taliban mengambil alih ibu kota sehari kemudian. Saat itulah, Washington mulai mengoordinasikan upaya evakuasi dengan kelompok tersebut.

Pemerintahan Biden mengatakan pihaknya tetap berkomitmen untuk membantu orang-orang meninggalkan Afghanistan setelah penarikan.

Dalam satu pernyataan yang mengonfirmasi akhir misi AS, Biden memuji operasi evakuasi. Dia juga berjanji untuk memastikan "jalan yang aman" ke luar negeri bagi orang Amerika dan warga Afghanistan yang memenuhi syarat yang mungkin tetap tinggal.

“Taliban telah membuat komitmen pada perjalanan yang aman dan dunia akan memegang komitmen mereka,” kata Biden, seraya menambahkan bahwa dia akan menyampaikan pidato pada hari Selasa tentang mengapa dia memutuskan untuk tidak memperpanjang batas waktu penarikan, seperti yang didesak oleh beberapa anggota parlemen AS dan sekutu Eropa.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Lin Che Wei


# UAS


# Cabul


# Atribut Keagamaan


# Tes Covid-19


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tumbang oleh Thailand, Timnas Indonesia Gagal ke Final

Tumbang oleh Thailand, Timnas Indonesia Gagal ke Final

BOLA | 13 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings