Eropa Alami Musim Panas Paling Ekstrem
Logo BeritaSatu

Eropa Alami Musim Panas Paling Ekstrem

Rabu, 8 September 2021 | 20:50 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Brussels, Beritasatu.com- Musim panas 2021 adalah yang paling ekstrem di Eropa hingga saat ini. Seperti dilaporkan RT, Selasa (7/9/2021), Eropa mencapai suhu yang memecahkan rekor di Mediterania dan daerah yang lebih hangat dari rata-rata.

Layanan Perubahan Iklim Copernicus Uni Eropa mengungkapkan bahwa musim panas tahun ini 0,1 derajat Celcius lebih panas dari musim pemecah rekor sebelumnya pada tahun 2010 dan 2018.

Saat perbedaannya mungkin hanya tampak kecil, suhu udara permukaan rata-rata dari Juni hingga Agustus mendekati 1,0 derajat Celcius di atas tren 1991-2020, menjadikannya musim panas terpanas dalam catatan.

Data Copernicus kembali ke tahun 1950-an, tetapi catatan lain yang tersedia dapat merentang hingga pertengahan abad ke-19.

Pernyataan itu juga mengakui kondisi cuaca yang kontras di seluruh benua Eropa pada Agustus, meskipun suhu rata-rata hanya sebagian kecil lebih tinggi dari biasanya.

Rilis Copernicus juga mengutip suhu maksimum yang memecahkan rekor di negara-negara Mediterania, suhu yang lebih hangat dari rata-rata di timur, dan suhu umumnya di bawah rata-rata di utara.

Luas es laut Arktik Agustus 2021 juga di bawah rata-rata, tetapi jauh di atas rekor yang sangat rendah yang dibuat pada tahun 2012.

Laporan Copernicus muncul saat editorial yang sama diterbitkan di lebih dari 200 jurnal kesehatan, termasuk British Medical Journal dan The Lancet. Surat itu menyerukan tindakan segera dari para pemimpin dunia untuk melindungi populasi terhadap "bahaya bencana" dari kenaikan suhu menjelang Sidang Umum PBB pada bulan September dan konferensi iklim November di Glasgow.

Kondisi cuaca ekstrem mengguncang Eropa musim panas ini. Kebakaran hutan melanda Turki, Yunani, dan Italia. Pulau Sisilia di Italia mungkin telah mencatat suhu terpanas di Eropa pada 11 Agustus yakni 48,8 Celcius. Namun, yang sangat tinggi itu bersifat sementara sampai Organisasi Meteorologi Dunia memverifikasinya.

Di ujung lain spektrum, banjir besar menghancurkan Jerman pada bulan Juli, merenggut hampir 200 nyawa. Belgia dan Belanda yang bertetangga juga dilanda banjir, menyebabkan kekurangan listrik dan air, dan merusak banyak rumah.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Meta Larang Akun Bisnis Tentara Myanmar

Meta Platforms, sebelumnya dikenal sebagai Facebook, akan melarang semua bisnis yang dikendalikan militer Myanmar di platformnya.

DUNIA | 9 Desember 2021

Clubbing saat Pandemi Covid, PM Finlandia Minta Maaf

Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin telah meminta maaf karena pergi clubbing setelah melakukan kontak dekat dengan kasus Covid-19.

DUNIA | 9 Desember 2021

Filipina Akan Larang Perjalanan dari Prancis

Filipina akan melarang perjalanan dari Prancis mulai 13 Desember 2021 untuk membendung penyebaran varian virus corona, Omicron.

DUNIA | 9 Desember 2021

Radio Wanita Afghanistan Bertahan dalam Aturan Taliban

Radio Begum menyiarkan suara-suara wanita yang telah dibungkam di seluruh Afghanistan meskipun menghadapi aturan keras Taliban.

DUNIA | 9 Desember 2021

Gelombang Kelima Covid-19 di Prancis Belum Masa Puncak

Gelombang kelima Covid-19 yang melanda Prancis belum mencapai puncaknya.

DUNIA | 9 Desember 2021

Institut Serum India Pangkas Separuh Produksi Vaksin Covid

Institut Serum India, pembuat vaksin terbesar di dunia, telah mengumumkan akan memangkas separuh produksinya.

DUNIA | 9 Desember 2021

Ignazio Cassis Jadi Presiden Swiss

Parlemen Swiss pada Rabu (8/12/2021) memilih Menteri Luar Negeri Ignazio Cassis untuk menjadi presiden berikutnya pada Hari Tahun Baru.

DUNIA | 9 Desember 2021

Tiongkok Setujui Pengobatan Antibodi Covid Pertama

Regulator medis Tiongkok telah menyetujui kombinasi antibodi Brii Biosciences untuk pengobatan Covid-19 orang dewasa dan remaja.

DUNIA | 9 Desember 2021

Kanada Nyatakan Boikot Olimpiade Beijing

Kanada mengumumkan boikot diplomatik terhadap Olimpiade Beijing 2022 pada Rabu (8/12/2021).

DUNIA | 9 Desember 2021

Bolsonaro Tolak Usulan Wajib Vaksinasi untuk Masuk Brasil

Presiden Jair Bolsonaro pada Selasa (7/12/2021) menolak usulan wajib vaksinasi Covid-19 bagi para pelancong yang akan masuk Brasil.

DUNIA | 9 Desember 2021


TAG POPULER

# Cynthiara Alona


# Omicron


# Kecelakaan di Ruas Semarang-Demak


# Hari Antikorupsi


# Ilham Habibie



TERKINI
Polres Bogor Raya Rekomendasikan 3 Antisipasi Libur Nataru

Polres Bogor Raya Rekomendasikan 3 Antisipasi Libur Nataru

MEGAPOLITAN | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings