Logo BeritaSatu

Studi: Tinggi Badan Orang Belanda Mulai Menyusut

Senin, 20 September 2021 | 09:06 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Amsterdam, Beritasatu.com- Kantor statistik nasional Belanda telah mengonfirmasi bahwa pria dan wanita Belanda tetap menjadi orang tertinggi di planet bumi. Tetapi statistik juga menemukan perubahan pola makan yang buruk membuat orang-orang Belanda setidaknya 1 cm lebih pendek dari generasi sebelumnya.

Selama enam dekade terakhir, orang-orang dataran rendah Belanda telah bertahan di puncak tabel liga orang tertinggi di dunia. Data terbaru menunjukkan rata-rata pria berusia 19 tahun berdiri dengan tinggi lebih dari 6 kaki (182,9 cm) pada tahun 2020, sedangkan wanita yang lahir pada tahun yang sama diukur pada 5 kaki 6 in (169,3 cm).

Temuan oleh Biro Pusat voor de Statistiek (CBS), satu lembaga pemerintah, berarti Belanda mempertahankan tempat yang tinggi, yang telah diadakan sejak tahun 1958, dengan alasan kesalahan pada tahun 1967 ketika laki-laki yang lahir tahun itu hanya menempati peringkat kedua.

Tetapi berdasarkan survei terhadap 719.000 orang berusia 19 hingga 60 tahun, CBS harus melaporkan bahwa setelah periode stagnasi dan sekarang jelas terjadi kontraksi. Pria Belanda yang lahir pada tahun 2001 rata-rata 1cm lebih pendek daripada generasi yang lahir di Belanda pada tahun 1980, dan Wanita Belanda 1,4 cm lebih kecil. Analisis lebih lanjut menunjukkan fenomena itu semua tidak dapat dijelaskan oleh orang-orang yang datang ke Belanda dari negara lain.

“Penurunan ini sebagian terkait dengan peningkatan imigrasi kelompok populasi baru yang lebih pendek dan anak-anak yang lahir dari populasi ini di Belanda,” jelas ahli statistik pemerintah.

“Tetapi pertumbuhan juga mengalami stagnasi digenerasi di mana kedua orang tuanya lahir di Belanda, dan di generasi di mana keempat kakek-nenek lahir di Belanda. Pria tanpa latar belakang migrasi tidak bertambah tinggi dan wanita tanpa latar belakang migrasi menunjukkan tren penurunan,” tambah para ahli.

Para ilmuwan dengan cepat memberikan penjelasan yang mungkin, dan bahkan solusi perbaikan untuk krisis ketinggian tubuh orang di negara itu.

Gert Stulp, peneliti di fakultas ilmu perilaku dan sosial Universitas Groningen, mengatakan bahwa saat teori pada saat ini hanya spekulatif, dia akan tertarik untuk melihat apakah kehancuran ekonomi pada tahun 2007 mungkin berdampak.

“Mungkin hal-hal seperti krisis keuangan membuat beberapa anak tumbuh dalam kondisi yang lebih buruk daripada di kelompok sebelumnya. Atau mungkin ketidaksetaraan telah meningkat: kita tahu ketidaksetaraan memengaruhi tinggi rata-rata, kondisi masa kanak-kanak yang lebih buruk menyebabkan pertumbuhan yang lebih sedikit ke arah vertikal,” katanya.

Menurut Stulp, Penemuan tren serupa di AS menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi makanan cepat saji yang tidak sehat dapat menjadi faktor.

“Diet mungkin telah berubah. Mungkin diet dalam beberapa tahun terakhir memiliki lebih sedikit nutrisi penting untuk pertumbuhan. Hal ini diyakini menjadi alasan mengapa Amerika menyusut; diet yang lebih buruk, lebih banyak kalori, tetapi lebih sedikit nutrisi. Bahkan lebih spekulatif, penurunan tinggi badan bisa jadi karena lebih banyak orang meninggalkan produk hewani dalam makanan mereka. Tapi sekali lagi, tidak ada bukti untuk itu,” ujar Stulp.

Stulp tidak mengesampingkan peralihan ke makanan yang lebih sehat membantu Belanda mempertahankan rekor meja mereka - dan tumbuh lagi.

“Meskipun tentu akan ada batas fisiologisnya. Orang-orang benar-benar tidak akan tumbuh hingga ketinggian rata-rata tiga meter,” ucapnya.

Pria Belanda yang lahir pada tahun 1930 telah mencapai ketinggian rata-rata 5 kaki 9 inci (175,6 cm). Mereka yang lahir pada tahun 1980 memiliki tinggi 6 kaki (183,9 cm) – pertumbuhan 8,3 cm dalam 50 tahun. Generasi wanita yang lahir pada tahun 1930 mencapai rata-rata 5 kaki 5 inci (165,4 cm) sedangkan mereka yang lahir pada tahun 1980 mencapai 5 kaki 7 inci (170,7 cm), hampir 5,3 cm lebih tinggi.

Kantor Statistik Nasional di Inggris tidak secara rutin mengumpulkan data tentang tinggi badan, tetapi studi khusus terbaru pada tahun 2010 menunjukkan bahwa tinggi rata-rata seorang pria di Inggris dan Wales adalah 5 kaki 9 inci (175,3 cm) dan seorang wanita adalah 5 kaki 3 inci (161,6 cm).

Penelitian menunjukkan bahwa selain menikmati makanan yang lebih baik daripada abad-abad sebelumnya, pengalaman Belanda didorong oleh seleksi alam: orang-orang yang memiliki anak paling banyak adalah pria tinggi, dan wanita dengan tinggi rata-rata. Dibandingkan dengan orang-orang di negara lain di mana mereka cenderung memiliki lebih sedikit anak, wanita Belanda yang lebih tinggi di Belanda juga lebih banyak bereproduksi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

OTT Hakim Agung, KPK Soroti Lemahnya Pengawasan di MA

Terkait OTT Hakim Agung MA Sudrajad Dimyati, KPK menyoroti lemahnya pengawasan di internal peradilan. 

NEWS | 27 September 2022

Disebut “Shadow Team” oleh Nadiem, Ini Peran GovTech Edu

GovTech Edu merupakan sebuah unit independen yang dibentuk Telkom untuk menghadapi tantangan besar yang ingin diselesaikan oleh Kemendikbudristek.

NEWS | 27 September 2022

Istima Ulama NTB Deklarasi Dukung Ganjar Jadi Presiden

Ratusan tuan guru, ulama, kiai, hingga cendekiawan muslim di Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan dukungannya kepada Ganjar Pranowo jadi presiden

NEWS | 27 September 2022

Seragam Baru Polisi Lalu Lintas Akan Dilengkapi Body Camera

Anggota polisi lalu lintas atau polantas akan memiliki seragam baru yang dilengkapi dengan body camera atau bodycam

NEWS | 27 September 2022

Rekam Medis Digital Hadapi Tantangan Perlindungan Data Pribadi

Tantangan implementasi rekam medis digital saat ini bukan hanya pengelolaan data medis tetapi juga termasuk perlindungan data pribadi pasien.

NEWS | 27 September 2022

Trem Kota Bogor Diusulkan Terkoneksi LRT Cibubur-Baranangsiang

Trem Kota Bogor diudulkan agar terkoneksi dengan dengan light rail transit (LRT) koridor Cibubur-Baranangsiang.

NEWS | 27 September 2022

IPW Jelaskan Posisi Anggota DPR Terkait Private Jet Brigjen Hendra

IPW menjelaskan posisi anggota DPR yang meminta kepolisian menyelidiki penggunaan private jet oleh Brigjen Hendra Kurniawan yang diduga milik bandar judi.

NEWS | 27 September 2022

Pemkot: Trem di Kota Bogor Butuh Anggaran Rp 1,2 Triliun

Pemkot Bogor membutuhkan anggaran sebesar Rp 1,2 triliun untuk mewujudkan pembangunan trem

NEWS | 27 September 2022

Kapolda Metro Jaya Kerahkan Pasukan Basmalah Amankan Demo Hari Ini

Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran mengerahkan Pasukan Basmalah untuk pengamaman demo hari ini di depan Gedung DPR memperingati Hari Tani Nasional.

NEWS | 27 September 2022

Pengurus Organisasi Pendukung Dilantik, FKPPI Siap Hadapi Tantangan Global

KB FKPPI melantik pengurus departemen dan organisasi pendukung di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, Selasa (27/9/2022).

NEWS | 27 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Erick Thohir Incar Investasi dari Adani Group

Erick Thohir Incar Investasi dari Adani Group

EKONOMI | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings