Logo BeritaSatu

Jessica Widjaja Jadi Pembicara Kerja Sama Asosiasi Parlemen Eropa dan W20 G20

Jumat, 24 September 2021 | 08:05 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia kembali menghadirkan satu-satunya perwakilan pembicara untuk berbicara dalam Forum Dunia. Melalui webinar Forum Kerja Sama "European Parliament Association" dan W20 G20 yang dilaksanakan pada Kamis (23/9/2021) waktu Italia. Dr. Jessica N. Widjaja diundang guna memaparkan materi dalam sesi debat bersama Patrick Child Deputi R&D Komisi Eropa, Dominic Ruiz dari MEP Komite Pendidikan dan Kebudayaan, Enrique Baron mantan Presiden Parlemen Eropa, Lana Nusseibeh Asisten Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab, serta Thoraya Obaid selaku Kepala W20 Arab Saudi.

Acara yang mengangkat tema "How To Overcome The Covid-19 Pandemic And Its Consequences" ini, turut dihadiri Menteri Kesetaraan Gender Italia, Elena Bonetti. Acara sendiri disiarkan langsung dari Villa Salviati - Firenze, Italia. Pada kesempatan ini Jessica sebagai Kepala Delegasi W20 Indonesia menyatakan bahwa momentum ini dapat menjadi citra baik bagi Indonesia yang akan menjadi Presidensi W20 dalam G20 di Indonesia tahun 2022 nanti.

Ia memaparkan pandangannya, bahwa pandemi Covid-19 ini berdampak langsung dan tidak langsung kepada kita semua masyarakat dunia.

"Meningkatnya angka pengangguran, meningkatnya kecemasan, gangguan kesehatan mental pada kebanyakan orang, termasuk penyakit fisik akibat virus corona menjadi ketakutan terbesar semua." ungkapnya.

Jessica menjelaskan, menurut data Kementerian Kesehatan RI, total kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapat 4,1 juta orang.

"Namun angka tersebut menunjukkan penurunan dari kasus sebelumnya, di mana Indonesia tidak lagi menempati 5 besar negara dengan kasus terinfeksi Covid 19 terbanyak di Dunia." jelasnya.

Mengenai dampak terhadap Wanita, Ketua The Grandeur Center (TGC) Indonesia ini menjelaskan bahwa perempuan menjadi individu yang paling merasakan efek dari pandemi Covid-19 ini.

"Salah satunya karena di masa pandemi ini terjadi banyak kasus PHK untuk perusahaan bisa survive. Dan sebagian besar perusahaan akan lebih memilih untuk melakukan pemutusan hubungan kerja kepada karyawan wanita," sebutnya.

Namun ia ingin melihat dari sisi lain mengenai efek pandemi ini bagi perempuan, kondisi yang memberatkan tersebut ternyata dapat menjadi satu kekuatan tersendiri.

"Dalam satu tahun terakhir, banyak keputusan nasional berskala besar yang dipercayakan kepada perempuan, banyak wanita yang semakin mandiri, kuat dan berani mengungkapkan berbagai hal di mata dunia!" seru Jessica.

Mantan model ini melanjutkan bahwa sejak pandemi seperti sekarang, menjadikan wanita yang di-PHK dituntut harus kreatif agar keuangannya tidak terganggu.

"Maka kita ketahui bersama, selama masa Pandemi ini banyak sekali usaha kecil yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Perempuan mulai berani membangun usaha mandiri, menjadi sebuah gerakan kewirausahaan wanita," ujarnya.

Terakhir, wanita yang juga menjadi pengusaha start-up ini berpesan, bahwa di saat seperti sekarang ini kita justru benar-benar dapat melihat kekuatan wanita yang sebenarnya.

"Perempuan yang seakan selalu diremehkan dan dianggap tidak mampu bersaing dengan pria, pada akhirnya dengan begitu banyak usaha yang didirikan oleh mereka selama pandemi ini, saya justru melihat hal inj sebagai bukti untuk menghapus stigma yang selama ini ditempatkan pada perempuan," tutupnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Rekomendasi FSGI untuk Tuntaskan Polemik Tunjangan Guru

Polemik tunjangan guru di RUU Sisdiknas karena pemerintah tidak melakukan penghitungan secara terperinci terkait besaran anggaran APBN.

NEWS | 30 September 2022

Legislator Sarankan Pemerintah Menginisiasi Ulang Pokja RUU Sisdiknas

Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda menyebutkan Kemendikbudristek sebaiknya menginisiasi ulang pembentukan pokja  RUU Sisdiknas.

NEWS | 30 September 2022

Pasien Covid-19 Dirawat di RSDC Wisma Atlet Tidak Bertambah

Pasien Covid-19 yang dirawat di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, tetap berjumlah 25 orang, atau tidak mengalami penambahan.

NEWS | 30 September 2022

Semester 1 2022, Mesir Sudah Dikunjungi 4,9 Juta Turis

Sekitar 4,9 juta turis mengunjungi Mesir dalam enam bulan pertama 2022, meningkat 85,4 persen dibandingkan 2,6 juta turis pada periode yang sama tahun 2021.

NEWS | 30 September 2022

PGRI Minta UU Guru dan Dosen Dicabut dari RUU Sisdiknas

PGRI menyarankan pemerintah untuk mencabut UU Guru dan Dosen dari Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas)

NEWS | 30 September 2022

Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober: Bangkit Bergerak Bersama Pancasila

"Bangkit Bergerak Bersama Pancasila", menjadi tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila, yang diperingati pada 1 Oktober.  

NEWS | 30 September 2022

PGRI Ungkap 3 Penyebab Polemik RUU Sisdiknas

RUU Sisdiknas yang disusun oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menjadi polemik

NEWS | 30 September 2022

PDIP: Integrasi Transportasi Publik Era Anies Berhasil

PDIP menyatakan, program integrasi transportasi publik pada era Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah berhasil.

NEWS | 30 September 2022

Jumat, 3 Wilayah di Jakarta Berpotensi Diguyur Hujan

BMKG memprakirakan cuaca Jakarta pada hari ini akan diwarnai hujan yang turun hujan ringan hingga sedang

NEWS | 30 September 2022

Pembangunan Permukiman di Pulau G Masih Pengarahan

Kawasan reklamasi pulau G diarahkan untuk kawasan permukiman baru sebatas pengarahan dan belum terwujud

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Rekomendasi FSGI untuk Tuntaskan Polemik Tunjangan Guru

Ini Rekomendasi FSGI untuk Tuntaskan Polemik Tunjangan Guru

NEWS | 24 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings