Logo BeritaSatu

AS Bubarkan Ribuan Pengungsi di Kolong Jembatan Texas

Sabtu, 25 September 2021 | 14:33 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Houston, Beritasatu.com- Aparat keamanan Amerika Serikat (AS) membubarkan kamp pengungsi darurat di kolong jembatan Texas, Amerika Serikat (AS) yang berbatasan dengan Meksiko. Seperti dilaporkan Xinhua, Sabtu (25/9/2021), para migran yang tersisa, sebagian besar warga Haiti, telah meninggalkan lokasi pada Jumat (24/9).

Tim CNN menangkap gambar di bawah Jembatan Internasional Del Rio dari dua bus terakhir saat mereka berangkat ke pusat pemrosesan Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS tepat sebelum tengah hari waktu setempat, Jumat. Pada waktu puncak, ada hampir 15.000 migran yang tinggal di bawah jembatan awal bulan ini.

“Masuknya migran yang melonjak di Del Rio adalah hasil dari mulut ke mulut atau posting media sosial yang menyebutkan bahwa perbatasan di Del Rio dibuka,” bunyi laporan CNN yang mengutip Kepala Patroli Perbatasan AS Raul Ortiz.

Awal pekan ini, pihak berwenang Texas menutup perbatasan di Del Rio dengan menempatkan "dinding kendaraan" yang membentang bermil-mil sebagai penghalang darurat di sepanjang tepi sungai Rio Grande yang memisahkan kota perbatasan Texas dari Ciudad Acuna di Meksiko.

Menurut Gubernur Texas dari Partai Republik Greg Abbott, negara bagian menghabiskan US$ 3 miliar (Rp42,8 triliun) untuk mengatasi keamanan perbatasan. Aparat akan terus menggerakkan penegakan hukum negara bagian untuk mengurangi gelombang orang yang mencoba menyeberangi perbatasan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Outlet media lokal The El Paso Times melaporkan pada Kamis bahwa Polisi Negara Bagian Meksiko juga menjaga tepi selatan Rio Grande dengan kendaraan yang berkeliling di sepanjang jalan yang membentang di sepanjang sungai.

Gedung Putih menghadapi kritik keras dari Partai Republik dan Demokrat atas masalah ini. Partai Republik mengecam pemerintahan Presiden Joe Biden karena "kurangnya tindakan" dalam mengekang krisis imigrasi sementara Demokrat mengkritik deportasi besar-besaran para migran Haiti.

Rekaman video dan gambar yang menunjukkan petugas perbatasan AS yang sedang berpatroli di Del Rio tampaknya menggunakan cambuk terhadap migran yang beredar awal pekan ini, memicu kemarahan publik atas perlakuan bermusuhan yang "tidak manusiawi".

Pada Jumat, Biden menyebut gambar-gambar ini "tidak Amerika" dan "sangat memalukan" bagi pemerintah AS, bersumpah untuk menghukum mereka yang bertanggung jawab.

"Melihat orang-orang diperlakukan seperti itu, kuda-kuda nyaris melindas mereka dan orang-orang diikat. Itu keterlaluan. Saya berjanji orang-orang itu akan dihukum," kata Biden menanggapi pertanyaan wartawan di Gedung Putih.

Penyelidikan di Departemen Keamanan Dalam Negeri (DHS) terhadap perlakuan agen perbatasan terhadap migran saat ini sedang berlangsung dan diharapkan akan selesai minggu depan. Penggunaan patroli kuda telah dihentikan di Del Rio, kata pejabat DHS, Kamis.

Daniel Foote, utusan khusus AS untuk Haiti yang ditunjuk dua bulan lalu, mengundurkan diri pada Kamis atas keputusan "tidak manusiawi" pemerintah Biden untuk mendeportasi ribuan warga Haiti yang berusaha memasuki Amerika Serikat.

Dalam surat pengunduran diri kepada Menteri Luar Negeri Antony Blinken, Foote, seorang diplomat karir, mengatakan pendekatan AS ke Haiti "tetap sangat cacat."



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gandeng UKDW, Greatedu Dukung Program Merdeka Belajar

Platform pendidikan digital, Greatedu dan Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta sepakat mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

NEWS | 27 September 2022

Kasus Lukas Enembe, KPK Tak Segan Ambil Tindakan Keras

Kasus Lukas Enembe, KPK menegaskan tidak akan segan mengambil tindakan keras dalam penanganan kasus dugaan suap dan gratifikasi Gubernur Papua tersebut.

NEWS | 27 September 2022

Kepala Sekolah Berperan Penting Gelorakan Indonesia Hebat

Kepemimpinan Indonesia diawali dan digelorakan dari sekolah-sekolah, dari anak-anak didik yang memiliki semangat untuk meraih cita-cita.

NEWS | 27 September 2022

Pemakaman Kenegaraan Shinzo Abe Dibatasi 6.000 Orang Undangan

Pemakaman kenegaraan Shizo Abe dibatasi maksimal untuk 6.000 orang undangan. Banyak politisi oposisi memilih untuk menghindar.

NEWS | 27 September 2022

OTT Hakim Agung, KPK Soroti Lemahnya Pengawasan di MA

Terkait OTT Hakim Agung MA Sudrajad Dimyati, KPK menyoroti lemahnya pengawasan di internal peradilan. 

NEWS | 27 September 2022

Disebut “Shadow Team” oleh Nadiem, Ini Peran GovTech Edu

GovTech Edu merupakan sebuah unit independen yang dibentuk Telkom untuk menghadapi tantangan besar yang ingin diselesaikan oleh Kemendikbudristek.

NEWS | 27 September 2022

Istima Ulama NTB Deklarasi Dukung Ganjar Jadi Presiden

Ratusan tuan guru, ulama, kiai, hingga cendekiawan muslim di Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan dukungannya kepada Ganjar Pranowo jadi presiden

NEWS | 27 September 2022

Seragam Baru Polisi Lalu Lintas Akan Dilengkapi Body Camera

Anggota polisi lalu lintas atau polantas akan memiliki seragam baru yang dilengkapi dengan body camera atau bodycam

NEWS | 27 September 2022

Rekam Medis Digital Hadapi Tantangan Perlindungan Data Pribadi

Tantangan implementasi rekam medis digital saat ini bukan hanya pengelolaan data medis tetapi juga termasuk perlindungan data pribadi pasien.

NEWS | 27 September 2022

Trem Kota Bogor Diusulkan Terkoneksi LRT Cibubur-Baranangsiang

Trem Kota Bogor diudulkan agar terkoneksi dengan dengan light rail transit (LRT) koridor Cibubur-Baranangsiang.

NEWS | 27 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
4 Makanan untuk Kesehatan Gigi yang Baik, Ada Apa Saja?

4 Makanan untuk Kesehatan Gigi yang Baik, Ada Apa Saja?

LIFESTYLE | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings