Logo BeritaSatu

Hotel Trump di Washington Rugi Rp 995 Miliar

Sabtu, 9 Oktober 2021 | 14:36 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Mantan presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump "sangat melebih-lebihkan" profitabilitas hotelnya di Washington DC. Seperti dilaporkan BBC, menurut penyelidikan komite kongres, Trump International Hotel merugi lebih dari US$ 70 juta (Rp 995 miliar) selama masa jabatannya.

Trump sebelumnya mengklaim telah menghasilkan setidaknya US$ 150 juta (Rp 2,13 triliun) selama waktu itu. Dia tampaknya menyembunyikan "potensi konflik kepentingan".

Organisasi Trump telah membantah melakukan kesalahan dan menyebut laporan itu "menyesatkan".

Dalam satu pernyataan, Komite Pengawasan dan Reformasi Dewan Perwakilan Rakyat mengatakan bahwa dokumen yang disediakan oleh Administrasi Layanan Umum (GSA) - yang mengawasi pengeluaran federal - menunjukkan bahwa Trump telah "sangat melebih-lebihkan kesehatan keuangan" hotel.

"Kerugian memaksa perusahaan induk Trump untuk menyuntikkan setidaknya US$ 24 juta (Rp 341 miliar) untuk membantu hotel yang kesulitan, yang terletak hanya beberapa blok dari Gedung Putih," kata komite itu.

Laporan itu juga menemukan bahwa Trump tampaknya telah "menyembunyikan potensi konflik kepentingan" terkait dengan kepemilikannya atas hotel dan perannya sebagai pemberi pinjaman dan penjamin pinjaman pihak ketiga.

Menurut komite tersebut, dokumen yang baru diperoleh menunjukkan bahwa hotel tersebut menerima pembayaran sebesar US$ 3,7 juta (Rp 52,6 miliar) dari pemerintah asing - cukup untuk menutupi 7.400 malam di hotel dengan tarif rata-rata harian.

Anggota parlemen mengatakan bahwa jumlah tersebut menimbulkan kekhawatiran tentang potensi pelanggaran peraturan konstitusional yang bertujuan untuk mencegah pengaruh asing terhadap pejabat federal.

Laporan pengawasan menemukan bahwa selama empat tahun pemerintahannya, Trump juga menerima "manfaat finansial yang signifikan" dari Deutsche Bank.

Komite yang dipimpin Demokrat mengatakan ini memungkinkan Trump untuk menunda pembayaran pinjaman US$ 170 juta (Rp 2,41 triliun) selama enam tahun. Trump tidak secara terbuka mengungkapkan manfaat itu dari bank asing saat menjadi presiden.

Anggota parlemen telah meminta dokumen tambahan dari GSA di hotel, termasuk pembayaran dan pinjaman luar negeri.

Dalam satu pernyataan yang dikirim ke media, Trump Organization menyebut laporan itu "sengaja menyesatkan, tidak bertanggung jawab dan benar-benar salah" dan menggambarkannya sebagai "pelecehan politik".

Hotel ini dibuka untuk umum pada September 2016, beberapa minggu setelah Trump menerima pencalonan presiden dari Partai Republik.

Pada tahun 2017, Trump mengundurkan diri dari perusahaannya, dan menempatkan mereka dalam kepercayaan untuk dijalankan oleh putra-putranya.

Tetapi Kantor Etika Pemerintah menyatakan pada saat itu bahwa rencana Trump tidak "memenuhi standar" mantan presiden. Pada tahun 2019, pengawas internal GSA mengatakan bahwa agensi tersebut telah memilih untuk "mengabaikan" Konstitusi ketika mengizinkan Trump Hotel untuk tetap menyewa setelah pemilihan Trump.

Trump Organization telah mencari pembeli untuk hotel dengan 263 kamar sejak 2019, tetapi sejauh ini organisasi tidak dapat menjual properti tersebut.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Peretas Jual Data Nomor Ponsel PM Inggris dan Pejabat Tinggi

Peretas menjual data rahasia nomor PM Inggris dan para pejabat tinggi lainnya. Situs web AS mencantumkan rincian kontak terbaru hampir semua menteri Inggris.

NEWS | 3 Oktober 2022

Rabu, Polri Limpahkan Tahap II Ferdy Sambo Dkk

Pelimpahan tahap II Ferdy Sambo dan kawan-kawan (dkk), tersangka tindak pidana pembunuhan Brigadir J dilaksanakan pada Rabu (5/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tiga Mahasiswa Tewas Tenggelam di Pantai Klui Lombok Utara

Sebanyak tiga mahasiswa tewas tenggelam di Pantai Klui, Dusun Kelui, Desa Malaka, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Minggu (2/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Musim Dingin di Eropa, Ilmuwan Peringatkan Cuaca Lebih Dingin

Ilmuwan memperingatkan perubahan cuaca yang lebih dingin dari biasanya saat musim dingin mendatang di Eropa

NEWS | 3 Oktober 2022

5 Tahun Dipimpin Anies, Dino Patti Djalal Sebut Jakarta Berkembang Pesat

Pendiri FPCI, Dino Patti Djalal menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah membawa Jakarta berkembang pesat selama lima tahun belakangan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Dukung Kompetisi Sepak Bola Dihentikan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung agar kompetisi sepak bola dihentikan sementara imbas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. 

NEWS | 3 Oktober 2022

Relawan Perkenalkan Ganjar Pranowo Lewat Turnamen PUBG Mobile

Sahabat Ganjar memperkenalkan sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada masyarakat di Kabupaten Belitung, Bangka Belitung melalui turnamen PUBG mobile.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kasus Ferdy Sambo, Mahfud MD Sebut Divisi Propram Polri Akan Dirombak

Mahfud MD mengatakan pemerintah merekomendasikan perombakan secara terbatas Divisi Propam Polri buntut dari kasus Brigadir J yang menjerat Ferdy Sambo. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Waspada, Gas Air Mata Bisa Berdampak Fatal

Dokter spesialis mata Eka Hospital Bekasi, Moh Arief Herdiawan meminta masyarakat agar mewaspadai gas air mata karena bisa berdampak fatal.

NEWS | 3 Oktober 2022

Bima Arya Mengaku Menikmati Kerja Sama dengan Anies Baswedan

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengaku menikmati jalinan kerja sama dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam mengelola daerahnya.

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tembakan Salvo Tandai Pemakaman Polisi Korban Tragedi Kanjuruhan

Tembakan Salvo Tandai Pemakaman Polisi Korban Tragedi Kanjuruhan

NEWS | 19 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings