Logo BeritaSatu

Buka Kembali Ekonominya, Singapura Perketat Kebijakan Moneter

Kamis, 14 Oktober 2021 | 21:45 WIB
Oleh : Grace El Dora / LES

Singapura, Beritasatu.com - Bank sentral Singapura memperketat kebijakan moneter untuk pertama kalinya dalam tiga tahun pada Kamis (14/10/2021). Pihaknya bergabung dengan segelintir negara lain yang bertindak melawan inflasi, ketika ekonomi yang dilanda pandemi Covid-19 dibuka kembali di tengah kemacetan rantai pasokan yang berkelanjutan.

Para bankir sentral dunia berjalan di garis tipis antara mendukung pemulihan ekonomi dengan kondisi keuangan yang mudah sementara mencegah kenaikan harga jangka panjang.

Langkah Otoritas Moneter Singapura (MAS) terjadi ketika ekonomi tumbuh 6,5% secara tahun-ke-tahun (YoY) di kuartal III-2021, menurut perkiraan awal. Angka ini memperpanjang pemulihan negara-kota tersebut dari resesi tahun lalu, yang terburuk karena pandemi.

Pemerintah Singapura telah mengambil strategi untuk hidup berdampingan dengan Covid-19 dengan meningkatkan tingkat vaksinasi, saat ini di sekitar 85%. Ketika pihaknya membuka ekonomi dan memudahkan perjalanan bagi mereka yang telah divaksinasi.

Inflasi telah meningkat di seluruh dunia karena rantai pasokan berjuang untuk memenuhi permintaan yang melonjak, mendorong bank sentral seperti di Selandia Baru dan Korea Selatan untuk memperketat kebijakan moneter.

"Langkah MAS adalah tanggapan atas kekhawatiran bahwa inflasi secara global mungkin tetap tinggi, lebih lama dari yang sebelumnya kita perkirakan," jelas Song Seng Wun, ekonom regional di CIMB Private Banking, Kamis.

"Untuk Singapura, yang mengimpor segala sesuatu mulai dari makanan di atas meja hingga sepatu, tidak dapat dihindari bahwa nilai tukar yang lebih kuat diperlukan untuk menahan inflasi sebanyak mungkin," katanya kepada AFP.

Ini semakin penting karena ekonomi diperkirakan akan terus tumbuh hingga tahun depan dengan pembukaan lebih lanjut ketika agensi perjalanan mencatat kenaikan pendapatan, tambahnya.

Pemerintah Singapura melakukan kebijakan moneter melalui nilai tukar, di mana dolar lokal dikelola terhadap sejumlah mata uang mitra dagang utamanya.

MAS pada Kamis mengatakan akan sedikit menaikkan kemiringan pita kebijakan pertukaran dolar Singapura dari nol persen, yang akan memungkinkan untuk apresiasi sederhana dari unit tersebut.

"(Ini) akan memastikan stabilitas harga dalam jangka menengah sambil mengakui risiko terhadap pemulihan ekonomi," katanya.

Sementara itu, Singapura telah melaporkan lebih dari 135.000 kasus Covid-19 tetapi tingkat kematian yang sangat rendah dibandingkan dengan negara lain, melaporkan hanya 192 kematian.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Positif Kumulatif & Suspek Covid-19, 25 September 2022

Berikut ini Data Kasus Positif Kumulatif & Suspek Covid-19, 25 September 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 25 September 2022

Data Kematian akibat Covid-19 sampai 25 September 2022

Berikut ini Data Kematian akibat Covid-19 sampai 25 September 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 25 September 2022

Pemprov DKI Jakarta Akan Bangun Rusunawa di Pulau Reklamasi

Pemprov DKI Jakarta akan membangun rumah susun sewa atau rusunawa di pulau reklamasi, yaitu Pulau C atau Pantai Kita.

NEWS | 25 September 2022

Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo karena Kelalaian Anggota Polisi

Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo bukan aksi teror melainkan karena kelalaian anggota polisi yang menjadi korban ledakan.

NEWS | 25 September 2022

Ledakan di Asrama Polisi Diduga Berasal dari Bahan Petasan

Ledakan yang terjadi di Asrama Polisi Grogol Indah Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu (25/9/2022) diduga berasal dari bahan petasan.

NEWS | 25 September 2022

Mabes Polri Benarkan Ledakan di Asrama Polisi Sukoharjo

Mabes Polri membenarkan telah terjadi ledakan di Asrama Polisi Grogol Indah Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu (25/9/2022).

NEWS | 25 September 2022

Kapolda: Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo Bukan Aksi Teror

Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo ternyata karena kelalaian petugas dan bukan aksi teror yang sengaja ditujukan bagi aparat kepolisian.

NEWS | 25 September 2022

Indonesia Rintis Kerja Sama Lalu Lintas Data dengan Portugal

Indonesia tengah berupaya menjalin kerja sama konektivitas data internasional dengan menggunakan infrastruktur milik Portugal.

NEWS | 25 September 2022

Jelang Akhir Tahun, TECH Masuk Paket Saham ETF State Street

Menjelang akhir tahun 2022 saham PT IndoSterling Technomedia (TECH) berhasil masuk dalam Exchange Trade Fund (ETF).

NEWS | 25 September 2022

Kebakaran di Hutan Gunung Ciremai Berhasil Dipadamkan

Petugas gabungan beserta masyarakat setempat memadamkan kebakaran di kawasan hutan Taman Nasional Gunung Ciremai.

NEWS | 25 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Positif Kumulatif & Suspek Covid-19, 25 September 2022

Kasus Positif Kumulatif & Suspek Covid-19, 25 September 2022

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings