Logo BeritaSatu

Malala Minta Pemimpin Muslim Jelaskan ke Taliban, Agama Tak Larang Anak Perempuan Sekolah

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:24 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Kabul, Beritasatu.com - Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian Malala Yousafzai, yang ditembak oleh Taliban Pakistan saat masih sekolah, telah mendesak penguasa baru Afghanistan untuk membiarkan anak perempuan kembali ke sekolah. Ia juga meminta para pemimpin negara-negara Muslim untuk menjelaskan kepada Taliban, agama tidak membenarkan mencegah anak perempuan pergi ke sekolah.

Sudah satu bulan sejak militan garis keras Taliban, yang merebut kekuasaan pada Agustus, melarang anak perempuan kembali ke sekolah menengah, namun memerintahkan anak laki-laki kembali ke kelas.

Taliban telah mengklaim, mereka akan mengizinkan anak perempuan untuk kembali setelah mereka memastikan keamanan dan pemisahan yang lebih ketat di bawah interpretasi mereka terhadap hukum Islam, tetapi banyak yang skeptis.

"Kepada pihak berwenang Taliban ... membalikkan larangan de facto pada pendidikan anak perempuan dan segera membuka kembali sekolah menengah perempuan," Tulis Malala dan sejumlah aktivis hak-hak perempuan Afghanistan dalam sebuah surat terbuka yang diterbitkan pada Minggu (17/10/2021).

"Afghanistan sekarang satu-satunya negara di dunia yang melarang pendidikan anak perempuan," kata para penulis, termasuk di dalamnya kepala komisi hak asasi manusia Afghanistan di bawah pemerintah terakhir yang didukung AS, Shaharzad Akbar.

Para penulis meminta para pemimpin dunia G-20 untuk menyediakan dana mendesak untuk rencana pendidikan bagi anak-anak Afghanistan.

Sebuah petisi di samping surat itu pada hari Senin menerima lebih dari 640.000 tanda tangan dukungan.

Aktivis pendidikan Malala ditembak oleh militan dari Tehreek-e-Taliban Pakistan, sebuah cabang dari Taliban Afghanistan, di kota kelahirannya di lembah Swat saat berada di bus sekolah pada tahun 2012.

Sekarang ia berusia 24 tahun, dia mengadvokasi pendidikan anak perempuan, dengan Malala Fund nirlaba yang telah menginvestasikan US$ 2 juta di Afghanistan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: AFP

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PKS Sebut Anies Diterima Nasdem dan Demokrat sebagai Capres

Juri Bicara PKS Muhammad Kholid mengatakan PKS, Nasdem dan Demokrat telah sepakat untuk mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pilpres 2024.

NEWS | 27 September 2022

63,2 Juta Orang di Indonesia Terima Vaksinasi Dosis Ketiga

Sebanyak 63.234.035 orang Indonesia dari kelompok masyarakat umum sudah menerima vaksinasi dosis ketiga atau booster pertama Covid-19.

NEWS | 27 September 2022

Burhanuddin Layak Terima Penghargaan dari Asosiasi Jaksa Internasional

Jerry Massie menilai Jaksa Agung ST Burhanuddin layak menerima penghargaan special achievement award dari International Association of Prosecutors (IAP).

NEWS | 27 September 2022

Beri Kuliah Umum di UBL, AHY Tekankan Pentingnya Membangun SDM

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berharap agar sumber daya manusia Indonesia maju sehingga bisa mengelola kekayaan alam untuk kemajuan bangsa.

NEWS | 27 September 2022

Legislator: Minuman Kekinian Picu Penyakit Diabetes

Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo angkat bicara soal kadar gula berlebihan dalam minuman kekinian yang bisa menyebabkan diabetes.

NEWS | 27 September 2022

Gubernur Jateng Imbau Bupati dan Wali Kota Cegah Korupsi

Bersama KPK, Ganjar mengumpulkan para bupati/wali kota hingga Ketua DPRD se-Jateng untuk mendapatkan bimbingan pencegahan tindakan korupsi.

NEWS | 27 September 2022

Rampung Diperiksa KPK, Sigid Haryo Wibisono Bungkam

Sigid Haryo Wibisono bungkam usai diperiksa KPK sebagai saksi kasus dugaan suap di Pemkab Pemalang yang menyeret Bupati nonaktif Pemalang Mukti Agung Wibowo.

NEWS | 27 September 2022

Update Covid-19: Naik, Kasus Positif Harian Bertambah 1.976

Kasus baru positif harian Covid-19 di Indonesia hari ini dilaporkan bertambah 1.976, dan naik dibandingkan Senin kemarin sebanyak 1.344.

NEWS | 27 September 2022

Pemakaman Kenegaraan Shinzo Abe Diiringi Doa, Bunga, dan Tembakan

Iringan doa, bunga, dan tembakan senjata untuk penghormatan sebanyak 19 kali menandai pemakaman kenegaraan untuk mantan perdana menteri Shinzo Abe.

NEWS | 27 September 2022

Nasdem Pastikan Bakal Usung Anies Baswedan sebagai Capres

Politikus Partai Nasdem Zulfan Lindan memastikan jika Nasdem bakal mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi capres di Pilpres 2024.

NEWS | 27 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Minyak Goreng, Terdakwa Bantah Beri Uang untuk Pengaruhi Kemendag

Kasus Minyak Goreng, Terdakwa Bantah Beri Uang untuk Pengaruhi Kemendag

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings