Logo BeritaSatu

2022, Jakarta dan Bandung Siap Jadi Tuan Rumah KTT Y20

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 14:43 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jakarta, Beritasatu.com- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil secara terpisah menyampaikan dukungan terhadap pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Youth-20 (KTT Y20) Indonesia yang akan diselenggarakan pada 2022.

Dukungan ini disampaikan pada audiensi yang dilakukan oleh Indonesian Youth Diplomacy (IYD), organisasi kepemudaan yang ditunjuk oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI sebagai penyelenggara KTT Y20, pada Kamis (21/10/2021).

KTT Y20 merupakan bagian dari rangkaian acara KTT G20 yang berfokus pada keterlibatan pemuda dari negara-negara G20 dalam perumusan kebijakan strategis dalam forum G20.

Ketua IYD Michael Victor Sianipar menyampaikan bahwa KTT Y20 di Indonesia tahun depan adalah momen bersejarah bagi keterlibatan anak muda dalam menentukan masa depan dunia.

“Ini kesempatan yang tidak akan terjadi setiap tahun. Kita perlu menunggu 19 tahun lagi untuk jadi tuan rumah. Oleh karena itu, KTT Y20 tahun depan akan kita persiapkan dengan baik sebagai momen bersejarah bagi pemuda Indonesia dan dunia,” ujar Michael.

Pemilihan Jakarta dan Bandung sebagai tuan rumah penyelenggaraan KTT Y20 tahun depan bukan tanpa alasan. Dalam KTT Y20 nantinya akan dibahas isu-isu prioritas seperti ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, keberlanjutan lingkungan hidup, serta keberagaman dan inklusi.

“Jakarta dan Bandung merepresentasikan isu-isu yang akan kita bahas,” ujar Syahid Deradjat, Wakil Ketua Pelaksana KTT Y20 Indonesia 2022.

Pemilihan Jakarta dan Bandung sebagai tuan rumah KTT Y20 tahun depan mendapatkan sambutan positif dari Gubernur Anies Baswedan dan Gubernur Ridwan Kamil. Sebanyak seratus delegasi pemuda dari negara-negara G20 dan negara-negara yang diundang lainnya akan datang ke Jakarta dan Bandung pada bulan Juli 2022 nanti.

“Tidak ada kota lain di Indonesia yang punya tingkat keberagaman setinggi kota Jakarta. Meskipun beragam tapi bisa hidup berdampingan. Ini yang musti ditunjukan di event kelas internasional seperti Y20 nanti,” tegas Anies seraya menyebut bahwa keberagaman dan inklusivitas adalah keunggulan dari Jakarta.

Secara terpisah, Gubernur Ridwan Kamil juga menyampaikan bahwa selain maju dalam transformasi digital, Bandung memiliki niat historis yang kuat.

“Penyelenggaraan KTT Y20 tahun depan sejalan dengan semangat diplomasi persatuan yang dibangun oleh Bandung sejak Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955,” kata Ridwan.

Dalam KTT tersebut, delegasi akan diajak untuk tidak hanya berdiskusi tentang isu-isu prioritas tetapi juga belajar tentang Indonesia.

“Selain berencana mendatangkan tokoh-tokoh hebat dari Indonesia, kami ingin para delegasi juga menikmati Indonesia dari berbagai aspek, baik secara sosial, sejarah, ekonomi, maupun budayanya,” jelas Rahayu Saraswati, Kepala Divisi Program KTT Y20 Indonesia 2022.

Tempat-tempat seperti komplek Kota Tua di Jakarta dan Gedung Asia Afrika di Bandung dibidik sebagai lokasi yang akan digunakan dalam penyelenggaraan KTT Y20 tahun 2022.

Dari audiensi yang dilaksanakan secara terpisah dengan Gubernur DKI Jakarta dan Gubernur Jawa Barat, IYD akan mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat. Untuk mendukung inisiatif ini, Gubernur Anies Baswedan dan Gubernur Ridwan Kamil telah menunjuk masing-masing dinas terkait untuk memastikan kesuksesan dan kelancaran forum internasional yang bersejarah ini.

Selain akan disambut oleh dua gubernur, penyelenggara berencana menghadirkan Presiden Joko Widodo untuk menerima hasil communique atau rekomendasi kebijakan yang dirumuskan oleh para delegasi pemuda dari negara-negara G20 nanti.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Putri Candrawathi Minta Maaf ke Anggota Polri yang Jadi Saksi

Putri Candrawathi, terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat meminta maaf kepada anggota Polri yang menjadi saksi.

NEWS | 29 November 2022

Akui Tidak Jujur dari Awal, Ferdy Sambo Minta Maaf

Ferdy Sambo mengaku tidak jujur sejak awal dalam kasus pembunuhan Brigadir J, oleh karena itu dia meminta maaf.

NEWS | 29 November 2022

Erick Thohir Bantah Adanya Aliran Dana Biayai Kegiatan Relawan Jokowi di GBK

Erick Thohir membantah dengan tegas tuduhan soal isu aliran dana dari BUMN untuk membiayai kegiatan relawan Nusantara Bersatu.

NEWS | 29 November 2022

MRPB Kirim 7 Calon Penjabat Gubernur Papua Barat Daya

MRPB telah mengirimkan tujuh nama orang asli Papua Barat kepada Mendagri Tito Karnavian untuk menduduki jabatan penjabat gubernur Papua Barat Daya.

NEWS | 29 November 2022

BNPT Dorong Mahasantri Ponpes Lirboyo Komitmen Cinta Tanah Air

Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar mendorong mahasantri Lirboyo Kediri agar memiliki komitmen cinta Tanah Air yang tinggi.

NEWS | 30 November 2022

Rencana Kang Emil Gabung Partai Dinilai Dapat Pengaruhi Peta Politik

Rencana Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau Kang Emil bergabung ke partai politik (parpol) dapat memengaruhi peta politik menjelang Pemilu 2024.

NEWS | 29 November 2022

Masih Ada Daerah Terisolasi di Cianjur, Helikopter Dikerahkan Kirim Bantuan

Sejumlah daerah terdampak gempa Cianjur masih terisolasi. Anggota TNI AU Lanud Atang Sendjadja terus dikerahkan mengirimkan bantuan melalui udara.

NEWS | 29 November 2022

Mendes PDTT: 10 Desa Jadi Percontohan Desa Antikorupsi

Mendes PDTT meluncurkan 10 desa percontohan desa antikorupsi di Desa Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

NEWS | 30 November 2022

Maruarar: Erick Thohir, Menteri yang Sangat Dipercaya Jokowi

Maruarar memuji kepemimpinan Erick Thohir selama tiga tahun menakhodai Kementerian BUMN, dan telah banyak meluncurkan berbagai inovasi.

NEWS | 29 November 2022

Komisi I DPR Belum Bisa Lakukan Fit and Proper Test Calon Panglima TNI

Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid menegaskan pihaknya belum bisa langsung melakukan fit and proper test kepada calon Panglima TNI.

NEWS | 29 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
IHSG Dinilai Kuat Hadapi Sinyal Kenaikan FFR dan Demo Tiongkok

IHSG Dinilai Kuat Hadapi Sinyal Kenaikan FFR dan Demo Tiongkok

EKONOMI | 57 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE