Logo BeritaSatu

Iran Tawarkan Proposal untuk Solusi Krisis Afghanistan

Jumat, 29 Oktober 2021 | 09:36 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Teheran, Beritasatu.com-Iran mengajukan proposal yang bertujuan mengurangi penderitaan rakyat di Afghanistan. Seperti dilaporkan Xinhua, Kamis (28/10/2021), proposal Iran disebut akan mencegah munculnya ancaman dari negara Afghanistan.

"Tidak ada keraguan bahwa tidak ada kepentingan tetangganya bahwa Afghanistan memasuki kembali siklus baru perang saudara," kata Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian pada konferensi di Teheran bersama negara-negara tetangga Afghanistan.

“Mengingat kondisi masyarakat Afghanistan, perkembangan Afghanistan yang stabil membutuhkan pembentukan pemerintahan yang merangkul semua yang memungkinkan partisipasi efektif dari semua kelompok etnis dan agama, berdasarkan dialog dan tanpa campur tangan asing,” papar Amir Abdollahian sebagai yang pertama poin dari proposal Iran.

Dikatakan, negara-negara tetangga harus menggunakan semua pengaruh mereka terhadap para pemimpin Taliban dan pihak Afghanistan lainnya untuk mendorong dan memfasilitasi pembentukan pemerintahan.

Kedua, menteri luar negeri menunjuk "tugas tak terbantahkan" dari Taliban sebagai "pemegang kekuasaan yang berkuasa" di Afghanistan dengan tanggung jawab seperti memastikan keamanan, memerangi terorisme, menghormati hak-hak "kelompok yang berbeda termasuk perempuan," dan menyediakan kebutuhan dasar untuk populasi.

“Taliban juga mengadopsi "pendekatan ramah" terhadap negara tetangga mereka dan memberikan jaminan bahwa tidak ada ancaman yang akan diajukan kepada tetangganya dari tanah Afghanistan,” papar Amir Abdollahian dalam poin ketiga.

Rakyat Afghanistan, diplomat senior Iran mengatakan dalam poin keempatnya, memiliki kebutuhan mendesak akan bantuan kemanusiaan yang didistribusikan secara adil.

Menurut Abdollahian, Afghanistan membutuhkan mekanisme yang solid, dan Iran menyarankan agar bantuan didistribusikan melalui program Organisasi Kerja sama Ekonomi untuk Afghanistan.

Poin kelima yang diusulkan adalah pembentukan mekanisme kerja sama intelijen-keamanan untuk memerangi kemungkinan kejahatan terorganisasi dan terorisme di Afghanistan.

Amir Abdollahian juga menyuarakan usulan Iran untuk meminta mediasi Sekjen PBB antara kelompok-kelompok Afghanistan mengenai struktur politik Afghanistan di masa depan, jika diperlukan.

Pertemuan di Teheran itu menyusul pertemuan virtual para menteri luar negeri tetangga Afghanistan yang diadakan pada 8 September, di bawah kepemimpinan Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi.

Amir Abdollahian menyatakan harapan bahwa sesi pertemuan Rabu akan bertindak sebagai platform untuk membahas cara-cara praktis bagi tetangga Afghanistan untuk bekerja sama untuk mengatasi keprihatinan bersama atas krisis tersebut.

Afghanistan telah memasuki fase baru dari krisis selama beberapa dekade sejak pasukan AS dengan tergesa-gesa meninggalkan negara itu, mengakhiri hampir 20 tahun pendudukan militer ketika milisi Taliban mengambil alih kekuasaan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Peran Raffi Ahmad dalam Akuisisi Klub Italia Lecce

Ini Peran Raffi Ahmad dalam Akuisisi Klub Italia Lecce

BOLA | 13 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings