Logo BeritaSatu

Pidato di Forum Dialog IISS, Prabowo Dorong Perdamaian Dunia

Sabtu, 20 November 2021 | 16:31 WIB
Oleh : Willy Masaharu / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mendorong perdamaian dunia dan menyampaikan komitmen Indonesia untuk hubungan yang baik dengan negara sahabat.

Prabowo mengatakan hal itu dalam pidatonya di Forum Dialog The 17th International Institute for Strategic Studies (IISS) Manama Dialogue 2021, Bahrain, Sabtu (20/11/2021)

Menurut dia, saat ini nilai-nilai universal sudah menjadi semakin umum dengan adanya revolusi informasi digital.

Nilai-nilai yang dimaksud tersebut adalah keinginan global untuk perdamaian, kebebasan berekspresi, keadilan sosial, dan kreativitas, katanya.

"Mereka yang memegang kekuasaan dan kekuatan di dunia ini perlu berhenti sejenak. Mereka perlu menekankan pada nilai, aturan, penghormatan hak asasi manusia, perlindungan minoritas, dan perlindungan degradasi lebih lanjut dari lingkungan kita," kata Menhan Prabowo dalam pidatonya.

Pada akhirnya, kata Prabowo, kekuatan yang seimbang dengan kebajikan adalah kunci perdamaian dunia.

"Pemimpin harus mencerminkan kebajikan dan rasa hormat. Kekuatan-kekuatan besar dunia perlu menghayati ini. Hanya dengan begitulah sejarah akan menilai mereka. Tidak hanya menjadi kekuatan besar, tetapi lebih penting dan abadi, yaitu menjadi peradaban besar," kata Prabowo.

Indonesia sendiri, kata dia, menekankan berkomitmen untuk selalu terbuka atas hubungan eksternal dengan senantiasa berusaha mewujudkan atmosfer yang harmonis untuk hidup damai berdampingan bersama semua pihak.

Mengenai sikap dalam hubungan multilateral dengan berbagai negara, Menhan Prabowo menegaskan, Indonesia berkomitmen untuk terus menjaga hubungan baik dengan semua negara dan menjaga netralitas.

"Melalui ASEAN, bersama negara-negara di Kawasan Asia Tenggara, Indonesia akan selalu berusaha membantu menyelesaikan permasalahan antarnegara yang muncul dengan prinsip saling menghormati kedaulatan masing-masing negara," jelasnya.

Adapun terkait bagaimana Indonesia mengartikulasi pertahanan dan keamanan terkait hubungannya dengan Timur Tengah dan negara-negara di Semenanjung Arab, Menhan Prabowo menegaskan, sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki hubungan yang sangat erat dengan Timur Tengah.

Oleh karena itu, Indonesia terus mengamati setiap komplikasi yang terjadi pada keamanan regional di Kawasan Timur Tengah yang dapat memengaruhi masyarakat akar rumput di Indonesia.

International Institute for Strategic Studies (IISS) Manama Dialogue adalah elemen penting bagi arsitektur keamanan Timur Tengah.

IISS adalah forum bagi para menteri, pakar, tokoh pembentuk opini, dan komunitas bisnis sebagai wadah mendiskusikan tantangan keamanan paling mendesak yang terjadi di Timur Tengah dan telah dilaksanakan sejak tahun 2004.

Forum Dialog Internasional yang mengambil tema "Multilateralisme dan Timur Tengah" tersebut menjadi satu momen penting bagi para pembuat kebijakan maupun pemimpin dari seluruh Timur Tengah, Amerika Utara, Eropa, Afrika, dan Asia untuk berdialog dalam upaya menemukan jawaban atas masalah kebijakan paling mendesak di kawasan ini.

Selain itu, dialog ini juga memberikan kesempatan untuk melaksanakan diskusi bilateral, multilateral, dan menjadi awal terbentuknya kebijakan diplomasi pertahanan dan keamanan regional.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tragedi Kanjuruhan, Komnas HAM Bakal Terjunkan Tim ke Malang

Komnas HAM bakal menurunkan tim ke Malang merespons tragedi Kanjuruhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang.

NEWS | 2 Oktober 2022

Jokowi Perintahkan Kapolri Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan

Presiden Jokowi memerintahkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk mengusut tuntas tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Polisi Dinilai Langgar Aturan FIFA dan PSSI Lalai

Dalam tragedi Kanjuruhan, polisi telah menggunakan gas air mata untuk meredam aksi anarkistis suporter di Stadion Kanjuruhan dalam laga Arema FC dan Persebaya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Ratusan Tewas di Tragedi Kanjuruhan, Mahfud MD Sampaikan Belasungkawa

Mahfud MD atas nama pemerintah menyampaikan belasungkawa atas Tragedi Kanjuruhan yang dilaporkan telah menewaskan ratusan orang.

NEWS | 2 Oktober 2022

Puan Minta Investigasi Menyeluruh Tragedi Kanjuruhan

Ketua DPR Puan Maharani mengatakan apa yang terjadi di Stadion Kanjuruhan tadi malam adalah peristiwa yang memilukan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Komnas HAM Pertimbangkan Kirimkan Tim Investigasi Usut Tragedi Kanjuruhan

Menurut Beka, Tragedi Kanjuruhan ini perlu diusut tuntas dari semua aspek, mulai dari pelaksanaan hingga aspek teknis lainnya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, IPW Desak Kapolri Copot Kapolres Malang

IPW mendesak Kapolri mencopot Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat yang bertanggung jawab mengendalikan pengamanan dalam tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Usut Tragedi Kanjuruhan, Polri Fokus Identifikasi Korban

Pihak Polri saat ini fokus untuk mengusut dan melakukan identifikasi korban terkait tragedi Kanjuruhan, Malang.

NEWS | 2 Oktober 2022

153 Korban Tewas dalam Tragedi Kanjuruhan, Cak Imin: Hentikan Kebodohan Kita

Cak Imin meminta hentikan semuanya kebodohan kita, terkait tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang yang menewaskan 153 orang.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragis! Semangat Panitia Berujung pada Tragedi Kanjuruhan

Mahfud menuturkan pihak panitia sangat bersemangat, sehingga mengabaikan usulan pihak aparat, akibatnya terjadi tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tragedi Kanjuruhan, GMPI Jawa Timur:

Tragedi Kanjuruhan, GMPI Jawa Timur: "Aremania vs Gas Air Mata"

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings