Logo BeritaSatu

WHO: Jangan Tergesa Vaksinasi Covid-19 untuk Anak

Kamis, 25 November 2021 | 08:40 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jenewa, Beritasatu.com- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan untuk tidak tergesa menggelar vaksinasi Covid-19 untuk anak. Seperti dilaporkan RT, Rabu (24/11/2021), WHO menilai orang dewasa dan mereka yang memiliki lebih banyak faktor risiko tetap menjadi prioritas nomor satu untuk vaksinasi Covid-19, bukan anak-anak.

WHO juga mengingatkan agar negara-negara kaya harus berbagi pasokan vaksin tambahan dengan negara-negara yang lebih miskin.

Dalam panduan yang dikeluarkan pada Rabu (24/11), WHO mencatat bahwa karena anak-anak berisiko lebih rendah mengalami gejala Covid-19 yang parah daripada orang dewasa. Orang tua dan kelompok berisiko tinggi tetap menjadi beban terbesar Covid-19.

“Karena anak-anak dan remaja cenderung memiliki penyakit yang lebih ringan dibandingkan dengan orang dewasa, kecuali jika mereka berada dalam kelompok yang berisiko lebih tinggi terkena Covid-19 parah, vaksinasi terhadap mereka kurang mendesak dibandingkan orang tua, mereka yang memiliki kondisi kesehatan kronis, dan petugas kesehatan,” bunyi petunjuk WHO.

WHO juga mencatat bahwa banyak bagian dunia menghadapi kekurangan vaksin yang ekstrem dan negara-negara yang telah memvaksinasi warganya yang berisiko tinggi harus "memprioritaskan berbagi secara global" daripada memberikan vaksin Covid-19 kepada anak-anak.

WHO mengakui bahwa meskipun anak-anak dapat mengalami Covid-19 lama yang mencakup gejala jangka panjang, hal ini masih dalam penyelidikan. Faktor risiko yang sama yang berlaku untuk orang dewasa, seperti obesitas, asma, dan penyakit jantung, juga berlaku untuk anak-anak.

Saran tersebut bertentangan dengan perkembangan terakhir di seluruh dunia dan datang karena banyak negara telah mulai mengesahkan vaksin untuk anak-anak dengan harapan dapat menekan infeksi saat kita memasuki musim dingin. Negara-negara yang sudah memvaksinasi anak-anak termasuk AS, Inggris, Uni Eropa, Kanada, Tiongkok, India, dan Israel.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Timnas Basket


# SEA Games


# Ganjar Pranowo


# Kapal Drone


# Jokowi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Data Nasional Penerima Vaksin Covid-19 sampai 23 Mei 2022

Data Nasional Penerima Vaksin Covid-19 sampai 23 Mei 2022

NEWS | 1 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings