Logo BeritaSatu

Varian Omicron, Ratusan Penumpang Afsel Tertahan di Schiphol

Sabtu, 27 November 2021 | 10:58 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Amsterdam, Beritasatu.com - Ratusan penumpang dari Afrika Selatan (Afsel) ditahan di Bandara Schiphol di Amsterdam pada hari Jumat (26/11/2021) setelah Belanda memberlakukan pembatasan perjalanan baru di tengah kekhawatiran atas mutasi agresif varian baru Covid-19 Omicron.

Uni Eropa dan negara tujuan wisatawan seperti Amerika Serikat dan Kanada, telah memblokir penerbangan dari negara-negara Afrika setelah penemuan varian Omicron. Pemerintah dari negara-negara tersebut mengumumkan, kesiagaan menghadapi varian baru tersebut di perjalanan musim dingin.

Dua penerbangan dari Afrika Selatan, satu dari Cape Town dan satu dari Johannesburg mendarat Jumat pagi waktu setempat di Schiphol, kata seorang juru bicara bandara. Penumpang harus tetap berada di dalam pesawat, sambil menunggu disiapkan lokasi terpisah dan aman di bandara untuk tes Covid-19, katanya.

Juru bicara itu memperkirakan, dua penerbangan itu membawa antara 400 dan 600 penumpang. “Mengingat banyaknya pelancong yang terlibat, akan butuh waktu untuk menguji semua orang," katanya.

Varian baru tersebut, sejauh ini telah terdeteksi di Afrika Selatan, Botswana, dan pada dua pelancong yang dikarantina di Hong Kong. Sebuah kasus juga telah dilaporkan di Belgia.

Negara-negara Uni Eropa telah setuju untuk memberlakukan pembatasan sementara pada semua perjalanan ke UE dari Afrika selatan atas varian Covid-19 baru. Negara-negara yang bersangkutan adalah Botswana, Eswatini, Lesotho, Mozambik, Namibia, Afrika Selatan, Zimbabwe, kata juru bicara Komisi Uni Eropa Eric Mamer.

Sementara itu, Presiden AS Joe Biden akan membatasi perjalanan dari Afrika Selatan, Botswana, Zimbabwe, Namibia, Lesotho, Eswatini, Mozambik, dan Malawi mulai Senin, kata pejabat pemerintah kepada CNN.

Biden mengatakan kepada pers bahwa dia telah "memutuskan bahwa kami akan berhati-hati" tentang varian tersebut. "Kami tidak tahu banyak tentang varian itu kecuali yang menjadi perhatian besar dan tampaknya menyebar dengan cepat," katanya.

Kanada akan "melarang masuknya warga negara asing ... yang telah melakukan perjalanan melalui Afrika selatan dalam 14 hari terakhir," karena varian Omicron, Menteri Kesehatan Jean-Yves Duclos mengatakan pada konferensi pers pada hari Jumat.

Siapa pun yang telah melakukan perjalanan melalui Afrika bagian selatan dalam 14 hari terakhir harus mendapatkan tes Covid-19 dan karantina sampai mendapatkan hasil tes negatif, kata Duclos. Negara-negara itu termasuk Afrika Selatan, Mozambik, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho dan Eswatini, katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: CNN

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Rumor Kudeta Tiongkok, Xi Jinping Disebut Jadi Tahanan Rumah

Rumor kudeta Tiongkok dan Xi Jinping sebagai tahanan rumah menjjadi salah satu topik trending teratas di Twitter

NEWS | 25 September 2022

Rumor Kudeta Presiden Tiongkok Xi Jinping Hebohkan Media Sosial

Media sosial dihebohkan dengan rumor kudeta Presiden Tiongkok, Xi Jinping di Beijing. Xi Jinping telah dimasukkan ke dalam tahanan rumah

NEWS | 25 September 2022

DPR: Shadow Team Nadiem Rendahkan SDM Kemendikbudristek

Shadow team yang diungkapkan Mendikbudristek Nadiem Makarim di forum PBB adalah merendahkan SDM Kemendikbudristek.

NEWS | 24 September 2022

Polisi Amankan Terduga Pelaku Pengeroyokan Siswi SMP di Makassar

Polrestabes Makassar mengamankan empat terduga pelaku pengeroyokan siswi SMP berinisial LA (14). Keempat terduga merupakan rekan kelas korban.

NEWS | 24 September 2022

Masih Banyak Warga di Bantaran yang Buang Sampah ke Sungai

Salah satu penyebab masyarakat di Bekasi membuang sampah ke sungai karena masih rendahnya kesadaran mereka akan kebersihan.

NEWS | 24 September 2022

Puan Maharani Ungkap Tujuannya Bertemu Sejumlah Elite Parpol

Ketua DPR yang juga Ketua DPP PDIP, Puan Maharani mengungkapkan tujuannya melakukan safari politik dan bertemu sejumlah elite parpol. 

NEWS | 24 September 2022

Career Day Mudahkan Masyarakat Cari Kerja di Tengah Pemulihan Ekonomi

Career Day tidak hanya memberikan kemudahan bagi alumni Universitas Bakrie yang hendak mencari kerja, tetapi juga untuk masyarakat umum.

NEWS | 24 September 2022

Kasus dan Kematian Covid-19 Jakarta sampai 24 September 2022

Infografik tentang data kasus dan jumlah kematian Covid-19 Jakarta sampai tanggal 24 September 2022.

NEWS | 24 September 2022

Kenang Prof Samekto Wibowo, Rektor UGM: Beliau Guru Saya

Rektor UGM Yogyakarta Prof dr Ova Emilia mengenang sosok Prof Samekto Wibowo yang meninggal dunia usai terseret ombak di Pantai Pulang Sawal, Gunungkidul.

NEWS | 24 September 2022

Guru Besar UGM yang Terseret Ombak Seorang Dokter Spesialis Neurologi

Guru besar UGM yang meninggal karena terseret ombak, Samekto Wibowo, merupakan dokter spesialis neurologi.

NEWS | 24 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Nations League: Bek MU Cetak 2 Gol, Portugal Gilas Cheska

Nations League: Bek MU Cetak 2 Gol, Portugal Gilas Cheska

BOLA | 21 detik yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings