Logo BeritaSatu

Dokter Penemu Omicron: Gejalanya Ringan Saja

Senin, 29 November 2021 | 18:53 WIB
Oleh : Heru Andriyanto / HA

Beritasatu.com – Dokter asal Afrika Selatan yang pertama kali menemukan dan memperingatkan dunia soal varian baru Covid-19, Omicron, mengatakan bahwa gejala yang ditimbulkan relatif lebih ringan dibandingkan dampak dari varian Delta.

Infeksi Omicron terdeteksi di sejumlah pasien pada 18 November lalu saat mereka mengeluhkan gejala yang tidak wajar, berbeda dengan gejala akibat varian-varian lain.

“Awalnya seorang pasien pria usia sekitar 33 tahun … dia mengatakan ke saya kalau merasa sangat lelah dalam beberapa hari terakhir, nyeri dan linu serta agak pusing,” kata dr Angelique Coetzee, ketua Asosiasi Dokter Afrika Selatan, dalam wawancara dengan BBC.

Pasien tidak mengalami radang tenggorokan, meskipun sedikit gatal, dan tidak kehilangan indera pencecap dan penciuman yang merupakan gejala umum varian-varian virus corona lainnya.

Coetzee melanjutkan bahwa pasien pria itu lalu dites dan positif Covid-19, demikian juga anggota keluarganya.

Pada hari yang sama, sejumlah pasien Covid lainnya terdeteksi merasakan gejala yang sama yang berbeda dengan dampak varian Delta, sehingga dokter tersebut menyebarkan peringatan melalui Komite Penasihat Vaksinasi Afrika Selatan, di mana dia juga menjadi anggota.

Para pasien lain yang terdeteksi mengidap varian Omicron juga mengalami hal yang sama -- gejala yang sangat ringan. Para koleganya pun mendapati pasien lain yang mengidap Omicron.

“Yang kami lihat secara klinis di Afrika Selatan -- ingat bahwa saya ada di episentrum di tempat saya berpraktik -- adalah sangat ringan, bagi kami kasus-kasus yang ada ringan saja. Tidak ada yang kami suruh opname, saya sudah bicara ke para kolega dan mereka juga memberi gambaran yang sama,” imbuhnya.

Delta Tetap Dominan
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO ) mengatakan untuk memahami sifat varian ini mungkin butuh waktu beberapa pekan. Karena itu belum diketahui apakah Omicron tahan terhadap vaksin dan obat Covid-19 yang ada sekarang.

Observasi awal oleh Coetzee hanya didasarkan pada jumlah kasus yang kecil sementara para pakar mengkhawatirkan kemampuannya untuk bermutasi dalam skala besar.

Bukti-bukti awal menunjukkan varian ini bisa kembali menyerang orang yang sudah pernah mengidapnya.

Di Afrika Selatan, varian ini menyebar lebih cepat dibandingkan varian-varian lainnya.

Gejala-gejala Covid sudah banyak berubah sejak penyakit ini pertama kali terdeteksi di Tiongkok pada akhir 2019. Varian Alpha dan Delta yang pertama kali ditemukan di Inggris dan India menyebabkan sakit kepala dan radang tenggorokan yang lebih parah, juga pilek dan demam.

Daftar gejala Covid antara lain demam, batuk, lelah, napas pendek, susah bernapas, nyeri sendi, pusing, kehilangan indera perasa dan penciuman, radang tenggorokan, pilek, mual, dan diare.

Juru bicara WHO Margaret Harris mengatakan pihaknya berterima kasih kepada Afrika Selatan karena memberi peringatan dini soal Omicron, yang sekarang terdeteksi di Inggris, Prancis, Israel, Belgia, Belanda, Jerman, Italia, Australia, Kanada, dan Hong Kong.

Harris menambahkan WHO tidak ingin ada pembatasan perjalanan karena varian ini, tetapi dapat memahami jika ada banyak negara yang mengambil sikap waspada.

Menurut WHO, varian yang paling dominan di dunia sekarang masih Delta.

“Lebih dari 99% kasus di seluruh dunia diakibatkan oleh varian Delta, dan kebanyakan korban jiwa terjadi di kalangan orang yang belum divaksin,” kata Soumya Swaminathan, kepala ilmuwan WHO.

“Jadi menurut saya [Delta] masih menjadi prioritas kami sembari menunggu informasi lebih lanjut soal varian baru ini,” imbuhnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BBC, CNBC

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Organisasi Profesi Kesehatan Sebut Belum Dilibatkan di RUU Kesehatan

Lima organisasi profesi kesehatan mengaku belum dilibatkan dalam penyusunan RUU Kesehatan yang telah masuk Prolegnas.

NEWS | 26 September 2022

Lokasi Prostitusi di Cilincing Bakal Ditutup, 30 PSK Dipulangkan

Lokasi Prostitusi di Rawa Malang, Cilincing, Jakarta Utara akan ditutup malam ini. Sebanyak 30 PSK di lokalisasi di Cilincing dipulangkan ke kampung halaman.

NEWS | 26 September 2022

8 Aki Kendaraan Dinas di Kantor Wali Kota Jakpus Dicuri

Delapan aki kendaraan dinas di Kantor Wali Kota Jakpus (Jakarta Pusat) digondol maling. Kendaraan itu terparkir di halaman parkir.

NEWS | 26 September 2022

Sandiaga Optimistis Situs Gunung Padang Cianjur Capai Kunjungan 1,9 Juta Wisman

Menparekraf Sandiaga Uno optimistis destinasi situs Gunung Padang Cianjur, Jawa Barat mampu mencapai kunjungan 1,9 juta wisman.

NEWS | 26 September 2022

Gara-gara Somasi Pelanggan, Es Teh Indonesia Viral

Es Teh Indonesia menjadi viral karena Es Teh Indonesia melayangkan somasi kepada pelanggannya yang mengkritik soal kadar gula dalam kandungan Es Teh Indonesia.

NEWS | 26 September 2022

Revitalisasi TIM Rampung, Anies Harap Perubahan Besar Ekosistem Kesenian

Anies berharap selesainya revitalisasi TIM mampu membawa perubahan besar ekosistem kesenian yang menghasilkan karya-karya seni yang membanggakan.

NEWS | 26 September 2022

Wagub Jateng Hadiri Jaring Aspirasi UU Cipta Kerja

Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen mengapresiasi pemerintah pusat yang berupaya menjaring aspirasi buruh terkait UU Cipta Kerja.

NEWS | 26 September 2022

Alasan Effendi Simbolon Tak Hadiri Raker dengan Panglima TNI dan Kasad

Anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon tidak menghadiri rapat kerja dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kasad Jenderal Dudung Abdurachman.

NEWS | 26 September 2022

Sapa Masyarakat Baubau, Presiden Jokowi Pilih Berjalan Kaki

Presiden Jokowi memilih untuk berjalan kaki usai tiba di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara setelah melihat banyak masyarakat yang menyambutnya.

NEWS | 26 September 2022

KPK Tak Segan Pakai Pasal Obstruction of Justice di Kasus Lukas Enembe

KPK menegaskan tidak segan untuk menerapkan pasal obstruction of justice atau perintangan penyidikan di kasus Gubernur Papua Lukas Enembe

NEWS | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lokasi Prostitusi di Cilincing Bakal Ditutup, 30 PSK Dipulangkan

Lokasi Prostitusi di Cilincing Bakal Ditutup, 30 PSK Dipulangkan

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings