Logo BeritaSatu

Dua Kali Seminggu, Magdalena Andersson Jadi PM Swedia

Selasa, 30 November 2021 | 17:10 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Stockholm, Beritasatu.com- Perdana Menteri wanita pertama Swedia Magdalena Andersson telah dua kali diangkat sebagai perdana menteri kurang dari seminggu. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Senin (29/11/2021), Andersson pernah mengundurkan diri dalam beberapa jam setelah mengambil sumpah sebagai kepala pemerintahan Swedia.

Secara tipis, politisi memilih Andersson lagi pada Senin (29/11). Dia akan membentuk satu partai, pemerintah minoritas dan kabinet pemerintahan diperkirakan diumumkan pada Selasa (30/11).

Andersson menjabat sebagai perdana menteri selama tujuh jam sebelum mengundurkan diri pekan lalu setelah Partai Hijau meninggalkan koalisi dua partainya. Langkah Andersson mengikuti penolakan parlemen terhadap proposal anggaran pemerintahnya yang mendukung yang diajukan oleh partai-partai oposisi termasuk Demokrat Swedia yang populis sayap kanan.

“Seperti semua pemerintah minoritas, kami akan mencari kerja sama dengan partai lain di parlemen, dan saya melihat peluang bagus untuk melakukannya,” kata Andersson, yang partainya memegang 100 kursi di parlemen dengan 349 kursi, pada konferensi pers pada Senin.

“Sosial Demokrat memiliki kelompok partai terbesar di parlemen dengan selisih yang lebar. Kami juga memiliki tradisi kerja sama yang panjang dengan pihak lain dan siap melakukan apa yang diperlukan untuk membawa Swedia maju,” tambah Andersson.

Pemimpin Partai Moderat oposisi sayap kanan, Ulf Kristersson, menggambarkan pemerintahan yang akan datang sebagai “pemerintah sementara sembilan bulan” dan mengatakan tidak akan dapat mencapai banyak hal menjelang pemilihan yang dijadwalkan pada September 2022.

Andersson harus memimpin salah satu pemerintahan terlemah Swedia dalam beberapa dekade terakhir. Dia memerintah dengan anggaran yang sebagian dirumuskan oleh tiga partai oposisi, termasuk Demokrat Swedia yang anti-imigrasi, yang keuntungannya selama dekade terakhir terletak pada kepemimpinannya.

Penunjukan Andersson sebagai perdana menteri telah menandai tonggak sejarah bagi Swedia, yang selama beberapa dekade dipandang sebagai salah satu negara paling progresif di Eropa dalam hal hubungan gender. Meskipun demikian, Swedia belum memiliki seorang wanita di posisi politik teratas.

Andersson telah ditunjuk untuk menggantikan Stefan Lofven sebagai pemimpin partai dan perdana menteri, peran yang dia lepaskan awal tahun ini.

Sebelumnya pada hari itu, 117 politisi memilih ya untuk Andersson, 174 menolak pengangkatannya sementara 57 abstain dan satu politisi tidak hadir. Di bawah Konstitusi Swedia, perdana menteri dapat ditunjuk dan memerintah selama mayoritas parlemen yakni minimal 175 anggota parlemen, tidak menentang mereka.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Surya Paloh Jelaskan Alasan Nasdem Usung Anies Baswedan

Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh menjelaskan alasan pihaknya memilih mengusung Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024. 

NEWS | 3 Oktober 2022

Jenderal Andika Diminta Cek Video Tindakan Berlebih TNI di Tragedi Kanjuruhan

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa diminta  melakukan tindakan cepat sesuai aturan terkait tragedi Kanjuruhan

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Mahfud Minta Polri Segera Ungkap Pelaku

Mahfud MD meminta Polri agar segera mengungkap pelaku yang harus bertanggung jawab dalam tragedi Kanjuruhan

NEWS | 3 Oktober 2022

Divisi Propam Akan Dirombak, Polri: Perlu Proses dan Kajian

Perombakan struktural secara terbatas terhadap Divisi Propam Polri membutuhkan proses, analisis, serta pengkajian terlebih dahulu.

NEWS | 3 Oktober 2022

Usut Tragedi Kanjuruhan, Tim Pencari Fakta Targetkan Rampung dalam 3 Pekan

Mahfud MD menyampaikan, tim pencari fakta menargetkan pengusutan tragedi Kanjuruhan rampung dalam tiga pekan ke depan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Terima Amanah Nasdem, Anies Baswedan: Saya Siap Capres

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan, dirinya menerima amanah dari Partai Nasdem untuk dicalonkan sebagai capres di Pilpres 2024.

NEWS | 3 Oktober 2022

Deklarasi Anies Baswedan Capres, Paloh Pimpin Hening Cipta Tragedi Kanjuruhan

Deklarasi Anies Baswedan capres dari Partai Nasdem, diawali dengan hening cipta atas tragedi Kanjuruhan yang dipimpin Ketua Umum Nasdem Surya Paloh.

NEWS | 3 Oktober 2022

Mahfud MD Pimpin Tim Pencari Fakta Usut Tragedi Kanjuruhan

Pemerintah membentuk tim gabungan independen pencari fakta (TGIPF) yang dipimpin Mahfud MD untuk mengusut tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Surya Paloh Umumkan Anies Baswedan sebagai Capres Nasdem

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengumumkan Anies Baswedan sebagai capres yang diusung Partai Nasdem di Pilpres 2024.

NEWS | 3 Oktober 2022

Kakorlantas Singgung Pungli yang Dialami Komika Soleh Solihun

Kakorlantas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Firman Shantyabudi menyinggung mengenai pungutan liar (pungli) yang dialami komika Soleh Solihun.

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Surya Paloh Jelaskan Alasan Nasdem Usung Anies Baswedan

Surya Paloh Jelaskan Alasan Nasdem Usung Anies Baswedan

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings