Logo BeritaSatu

Hadapi Omicron, Filipina Luncurkan Program Vaksinasi Massal

Selasa, 30 November 2021 | 22:12 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Manila, Beritasatu.com- Filipina meluncurkan upaya ambisius untuk memvaksinasi sembilan juta orang terhadap Covid-19 dalam tiga hari, pada Senin (29/11/2021). Seperti dilaporkan Reuters, Filipina mengerahkan pasukan keamanan dan ribuan sukarelawan dalam satu program yang dibuat mendesak oleh ancaman varian Omicron.

Meskipun target sebelumnya 15 juta vaksin Covid-19 dikurangi, sembilan juta masih akan menjadi jumlah yang signifikan di negara kepulauan tempat logistik dan keraguan vaksin menjadi kendala.

“Ini adalah satu-satunya dorongan terbesar kami untuk mempercepat vaksinasi,” kata Presiden Filipina Rodrigo Duterte di pusat vaksinasi di timur ibu kota Manila.

Di beberapa dari 8.000 lokasi vaksin, tempat 160.000 sukarelawan bekerja, polisi membantu ratusan orang dalam antrean. Sementara orang tua membawa anak-anak untuk divaksin.

"Ini penting untuk menghindari Covid-19 dan bagi kami ketika kami melakukan kelas tatap muka di masa depan," kata Sean Gerald Valdez, 12, setelah divaksin.

Tiga juta vaksinasi harian akan hampir empat kali lipat rata-rata nasional 829.000 selama November.

Carlito Galvez, kepala vaksinasi negara itu, mengatakan bahwa varian baru Omicron telah membuat kampanye ini menjadi lebih penting.

“Lebih baik bersiap untuk efek Omicron,” katanya kepada CNN Filipina.

Omicron, yang oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) digambarkan sebagai "variant of concern", belum terdeteksi di Filipina. Penyebaran Omicron telah memicu pembatasan perjalanan global dan mengguncang pasar keuangan.

Filipina telah menghadapi salah satu wabah Covid-19 terburuk di Asia dan peluncuran vaksinnya lebih lambat daripada banyak negara tetangga, dengan lebih dari sepertiga dari 110 juta penduduknya diinokulasi.

Rata-rata infeksi harian baru telah turun tajam menjadi 1.644 pada November dari 18.579 pada September, membuka jalan bagi pembukaan kembali ekonomi yang lebih luas.

Namun, tingkat vaksinasi Covid-19 tidak merata, dengan 93% penduduk yang memenuhi syarat di wilayah ibu kota divaksini dibandingkan dengan 11% di bagian termiskin di selatan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Rabu, Polri Limpahkan Tahap II Ferdy Sambo Dkk

Pelimpahan tahap II Ferdy Sambo dan kawan-kawan (dkk), tersangka tindak pidana pembunuhan Brigadir J dilaksanakan pada Rabu (5/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tiga Mahasiswa Tewas Tenggelam di Pantai Klui Lombok Utara

Sebanyak tiga mahasiswa tewas tenggelam di Pantai Klui, Dusun Kelui, Desa Malaka, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Minggu (2/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Musim Dingin di Eropa, Ilmuwan Peringatkan Cuaca Lebih Dingin

Ilmuwan memperingatkan perubahan cuaca yang lebih dingin dari biasanya saat musim dingin mendatang di Eropa

NEWS | 3 Oktober 2022

5 Tahun Dipimpin Anies, Dino Patti Djalal Sebut Jakarta Berkembang Pesat

Pendiri FPCI, Dino Patti Djalal menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah membawa Jakarta berkembang pesat selama lima tahun belakangan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Dukung Kompetisi Sepak Bola Dihentikan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung agar kompetisi sepak bola dihentikan sementara imbas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. 

NEWS | 3 Oktober 2022

Relawan Perkenalkan Ganjar Pranowo Lewat Turnamen PUBG Mobile

Sahabat Ganjar memperkenalkan sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada masyarakat di Kabupaten Belitung, Bangka Belitung melalui turnamen PUBG mobile.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kasus Ferdy Sambo, Mahfud MD Sebut Divisi Propram Polri Akan Dirombak

Mahfud MD mengatakan pemerintah merekomendasikan perombakan secara terbatas Divisi Propam Polri buntut dari kasus Brigadir J yang menjerat Ferdy Sambo. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Waspada, Gas Air Mata Bisa Berdampak Fatal

Dokter spesialis mata Eka Hospital Bekasi, Moh Arief Herdiawan meminta masyarakat agar mewaspadai gas air mata karena bisa berdampak fatal.

NEWS | 3 Oktober 2022

Bima Arya Mengaku Menikmati Kerja Sama dengan Anies Baswedan

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengaku menikmati jalinan kerja sama dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam mengelola daerahnya.

NEWS | 3 Oktober 2022

Survei: Mayoritas Warga Inggris Ingin Liz Truss Mengundurkan Diri

Mayoritas warga Inggris ingin Perdana Menteri Liz Truss mengundurkan diri. Hal itu terungkap dari jajak pendapat baru yang diterbitkan YouGov.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rabu, Polri Limpahkan Tahap II Ferdy Sambo Dkk

Rabu, Polri Limpahkan Tahap II Ferdy Sambo Dkk

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings