Logo BeritaSatu

Tiongkok Akan Bangun Pangkalan AL Pertama di Atlantik

Rabu, 8 Desember 2021 | 07:56 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Beijing, Beritasatu.com- Tiongkok akan membangun pangkalan angkatan laut pertamanya di Samudra Atlantik. Seperti dilaporkan RT, Selasa (7/12/2021), pangkalan itu akan akan memungkinkan Tiongkok untuk menempatkan kapal perangnya di seberang Pantai Timur Amerika Serikat (AS).

“Beijing ingin mendirikan pangkalan militer di Guinea Khatulistiwa, satu negara Afrika barat berukuran 28.000 kilometer persegi (1.0810 mil persegi) dan dengan populasi 1,4 juta,” kata Wall Street Journal (WSJ), mengutip pejabat AS yang tidak disebutkan namanya dan berpengetahuan tentang laporan intelijen rahasia.

Menurut laporan itu, Tiongkok kemungkinan mempertimbangkan untuk membangun pangkalan di Bata, satu kota yang telah memiliki pelabuhan komersial laut dalam yang dibangun Tiongkok.

WSJ menambahkan stasiun angkatan laut di Atlantik dapat digunakan untuk mempersenjatai kembali dan mereparasi kapal perang Tiongkok, tidak diragukan lagi mengguncang Washington.

Surat kabar itu mengutip seorang pejabat senior Gedung Putih yang mengatakan bahwa AS telah memperingatkan Guinea Ekuatorial tahun lalu. AS menilai bahwa langkah-langkah potensial tertentu yang melibatkan aktivitas Tiongkok di sana akan meningkatkan kekhawatiran keamanan nasional.

Tiongkok dan Guinea Ekuatorial belum mengomentari masalah ini, tetapi Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi mengadakan pembicaraan dengan timpalannya dari Guinea Khatulistiwa Simeon Oyono Esono Angue di Dakar, Senegal akhir bulan lalu.

Global Times, satu surat kabar yang dikelola pemerintah Tiongkok, berpendapat pada hari Senin bahwa akan "tidak terbayangkan" bagi Beijing untuk terlibat dalam "permainan kekuatan besar yang strategis" di Atlantik. Namun Global Times menyatakan Tiongkok telah melakukan investasi besar di Afrika dan berencana untuk berperang. pembajakan di wilayah tersebut.

“Jika Tiongkok membangun stasiun pasokan angkatan laut untuk tujuan ini, itu akan berbeda dari yang dibayangkan AS. Ini akan menguntungkan kawasan tanpa membahayakan,” tulis Global Times dalam satu editorial.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Persita Tangerang Pinjam Paulo Sitanggang dari Borneo FC

Persita Tangerang Pinjam Paulo Sitanggang dari Borneo FC

BOLA | 14 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings