Logo BeritaSatu

Australia Usulkan Bank Sentral Mata Uang Digital

Kamis, 9 Desember 2021 | 13:37 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Melbourne, Beritasatu.com- Australia mengusulkan bank sentral mata uang digital, termasuk kripto untuk mengatur pasar. Seperti dilaporkan Arab News, Rabu (8/12/2021), rencana itu diumumkan Menteri Keuangan Josh Frydenberg untuk mereformasi mata uang digital.

Dalam pidato di Melbourne, Frydenberg mengatakan pemerintah sedang mempelajari rencana bank sentral mata uang digital bersama dengan pasar kripto. Bank ini akan berupaya mereformasi cara konsumen dan bisnis di negara itu membayar barang dan jasa.

Pemerintah juga akan berkonsultasi tentang versi digital uang tunai yang akan dapat diakses secara universal dan mempertimbangkan kerangka kerja lisensi yang memungkinkan transaksi kripto dalam lingkungan yang diatur.

Bloomberg melaporkan pemerintah Australia mengharapkan untuk menerima saran tentang keduanya pada akhir tahun 2022.

“Jika kita tidak mereformasi kerangka kerja saat ini, Lembah Silikon yang menentukan masa depan sistem pembayaran kita. Ini adalah perubahan signifikan yang harus kita hadapi,” kata Frydenberg dalam pidatonya.

Menanggapi pidato tersebut, Mikkel Morch, direktur eksekutif di crypto/digital assets hedge fund ARK36 mengatakan pemerintah di seluruh dunia sadar akan kenyataan bahwa mata uang kripto telah menjadi bagian yang mengakar dalam lingkungan pembayaran global - dan salah satu yang lebih disukai.

“Setelah proposal regulasi kripto Uni Eropa (UE) baru-baru ini, Australia sekarang telah mengumumkan sedang mengerjakan dokumen serupa – dan diharapkan yurisdiksi utama lainnya akan mengikuti,” ujarnya.

“Yang penting, ruang lingkup peraturan yang digariskan oleh Kementerian Keuangan Australia tampaknya tidak terlalu membatasi. Jelas, kemudian, regulator mengakui potensi ekonomi dan inovasi yang sangat besar dari kripto dan tidak ingin menahannya,” tambah Morch.

Edan Yago, kontributor utama protokol Bitcoin DeFi Sovryn berkomentar bahwa rencana itu adalah "menghemat waktu” sebelum semua pembayaran dan transaksi keuangan didigitalkan pada buku besar publik.

“Masa depan uang dan keuangan adalah tanpa batas dan digital,” tambahnya.

Bloomberg melaporkan India sedang mempertimbangkan untuk menunjuk regulator pasar modal untuk mengawasi mata uang kripto, karena pihak berwenang ingin mengklasifikasikannya sebagai aset keuangan.

Pemerintah Perdana Menteri Narendra Modi berencana untuk memperkenalkan undang-undang di sesi Parlemen yang sedang berlangsung. Dia akan memberi pemegang mata uang kripto tenggat waktu untuk menyatakan aset mereka dan memenuhi aturan baru.

RUU tersebut kemungkinan akan menggunakan istilah aset kripto, alih-alih mata uang kripto. RUU tidak akan merujuk pada rencana bank sentral untuk membuat mata uang digitalnya sendiri, menurut orang-orang yang mengetahui masalah tersebut.
Dalam proposal, pelanggar dapat didenda hingga 200 juta rupee (US$ 2,7 juta atau Rp 38,8 miliar) atau dipenjara selama satu setengah tahun.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Survei Indikator: Ganjar Pranowo, Prabowo, dan Anies Teratas

"Dari simulasi 10 nama, trennya tidak berubah banyak. Top three masih dipegang Ganjar Pranowo, Prabowo dan Anies Baswedan,” kata Burhanuddin Muhtadi.

NEWS | 2 Oktober 2022

Soroti Tragedi Kanjuruhan, AHY: Tak Ada Sepak Bola Seharga Nyawa Manusia

Ketua Umum Partai Demokrat AHY menyampaikan belasungkawa mendalam atas terjadi tragedi Kanjuruhan Sabtu (1/10/2022) malam.

NEWS | 2 Oktober 2022

Bansos dan Infrastruktur Jadikan Kepuasan Publik terhadap Jokowi Naik

Survei terbaru Indikator Politik menunjukkan kepuasan publik terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengalami kenaikan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Presiden FIFA Bahkan Gagal Paham

Presiden FIFA Gianni Infantino mengaku terkejut sekaligus gagal paham atas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang pendukung sepak bola.

NEWS | 2 Oktober 2022

Menko PMK Sebut Korban Jiwa Tragedi Kanjuruhan 130 Orang

Menko PMK Muhadjir Effendy mengungkapkan jumlah korban meninggal dunia sebanyak 130 orang. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Zulkifli Hasan: Usut Tuntas Tragedi Kemanusiaan di Kanjuruhan

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan atau Zulhas mendesak pengusutan secara tuntas tragedi Kanjuruhan, usai laga Arema FC vs Persebaya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Survei Indikator: Kokoh di Puncak, Elektabilitas Ganjar Pranowo Tidak Terkejar

Survei terbaru Indikator Politik menunjukkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kokoh di puncak elektabilitas calon presiden (capres).

NEWS | 2 Oktober 2022

DPR Sesalkan PT LIB Abaikan Rekomendasi Polisi soal Jadwal Arema vs Persebaya

Habiburokhman menyesalkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang mengabaikan rekomendasi polisi untuk mengubah jadwal pertandingan Arema vs Persebaya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Legawa Laga Persib vs Persija Ditunda

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil legawa pertandingan Persib melawan Persija ditunda imbas dari tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Korban Badai Ian bertambah, Biden Akan Kunjungi Florida

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan mengunjungi Florida saat korban tewas akibat Badai Ian naik menjadi 44 orang.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hasil Lengkap MotoGP Thailand

Hasil Lengkap MotoGP Thailand

SPORT | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings