Logo BeritaSatu

Di Tengah Krisis, Presiden Burkina Faso Pecat PM

Kamis, 9 Desember 2021 | 14:09 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Ouagadougou, Beritasatu.com- Presiden Burkina Faso, Roch Marc Christian Kabore memecat perdana menteri Christophe Dabire di tengah krisis keamanan. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Kamis (9/12/2021), negara Afrika Barat ini sedang berjuang untuk menahan serangan oleh kelompok-kelompok yang terkait dengan al-Qaeda dan ISIL (ISIS).

Burkina Faso adalah salah satu yang termiskin di Afrika Barat, telah dilanda serangan yang dilakukan oleh kelompok-kelompok yang terkait dengan al-Qaeda dan kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) sejak 2016. Serangan menewaskan 2.000 orang dan memaksa lebih dari satu juta orang meninggalkan rumah.

Kemarahan telah meluap sejak serangan oleh kelompok yang berafiliasi dengan al-Qaeda bulan lalu. Di sana, 49 perwira polisi militer dan empat warga sipil tewas. Peristiwa itu memberikan tekanan pada Kabore untuk membuat perubahan, dan merombak kepemimpinan tentaranya.

Kantor kepresidenan mengatakan Kabore telah menerima surat pengunduran diri dari Perdana Menteri Christophe Dabire.

Mengingat surat pengunduran diri 8 Desember, presiden memutuskan bahwa “tugas Perdana Menteri Christophe Joseph Marie Dabire dihentikan,” kata sekretaris jenderal pemerintah Stephane Wenceslas Sanou, yang membacakan dekrit di televisi publik.

Penurut hukum Burkina Faso, pengunduran diri seorang perdana menteri mengharuskan pengunduran diri seluruh kabinet pemerintahan.

“Namun pemerintah yang keluar akan diminta untuk tetap dalam kapasitas sementara sampai yang baru terbentuk,” kata Sanou.

Dabire pertama kali menjadi perdana menteri pada awal 2019 dan diangkat kembali pada Januari 2021, setelah presiden terpilih kembali untuk masa jabatan kedua dan terakhirnya.

Burkina Faso berada di jantung pemberontakan bersenjata garis keras yang juga melanda sebagian besar negara tetangga Mali dan Niger.

Terlepas dari upaya mantan penguasa kolonial Prancis dan tentara regional lainnya untuk memerangi serangan, pemberontakan terus berlanjut.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tiga Mahasiswa Tewas Tenggelam di Pantai Klui Lombok Utara

Sebanyak tiga mahasiswa tewas tenggelam di Pantai Klui, Dusun Kelui, Desa Malaka, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Minggu (2/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Musim Dingin di Eropa, Ilmuwan Peringatkan Cuaca Lebih Dingin

Ilmuwan memperingatkan perubahan cuaca yang lebih dingin dari biasanya saat musim dingin mendatang di Eropa

NEWS | 3 Oktober 2022

5 Tahun Dipimpin Anies, Dino Patti Djalal Sebut Jakarta Berkembang Pesat

Pendiri FPCI, Dino Patti Djalal menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah membawa Jakarta berkembang pesat selama lima tahun belakangan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Dukung Kompetisi Sepak Bola Dihentikan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung agar kompetisi sepak bola dihentikan sementara imbas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. 

NEWS | 3 Oktober 2022

Relawan Perkenalkan Ganjar Pranowo Lewat Turnamen PUBG Mobile

Sahabat Ganjar memperkenalkan sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada masyarakat di Kabupaten Belitung, Bangka Belitung melalui turnamen PUBG mobile.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kasus Ferdy Sambo, Mahfud MD Sebut Divisi Propram Polri Akan Dirombak

Mahfud MD mengatakan pemerintah merekomendasikan perombakan secara terbatas Divisi Propam Polri buntut dari kasus Brigadir J yang menjerat Ferdy Sambo. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Waspada, Gas Air Mata Bisa Berdampak Fatal

Dokter spesialis mata Eka Hospital Bekasi, Moh Arief Herdiawan meminta masyarakat agar mewaspadai gas air mata karena bisa berdampak fatal.

NEWS | 3 Oktober 2022

Bima Arya Mengaku Menikmati Kerja Sama dengan Anies Baswedan

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengaku menikmati jalinan kerja sama dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam mengelola daerahnya.

NEWS | 3 Oktober 2022

Survei: Mayoritas Warga Inggris Ingin Liz Truss Mengundurkan Diri

Mayoritas warga Inggris ingin Perdana Menteri Liz Truss mengundurkan diri. Hal itu terungkap dari jajak pendapat baru yang diterbitkan YouGov.

NEWS | 2 Oktober 2022

PDAM Bekasi Tumbangkan Lavani di Final Livoli Divisi Satu

PDAM Bekasi menumbangkan Lavani Bogor di final kompetisi bola voli Livoli Divisi Satu di GOR Debes Kabupaten Bogor, Minggu (2/10/2022).

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mahkota Alam Berdayakan Tenaga Lokal untuk Kurangi Pengangguran

Mahkota Alam Berdayakan Tenaga Lokal untuk Kurangi Pengangguran

EKONOMI | 19 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings