Logo BeritaSatu

Mantan Presiden Afsel Jacob Zuma Masuk Penjara Lagi

Kamis, 16 Desember 2021 | 20:28 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Johannesburg, Beritasatu.com- Pengadilan Tinggi Afrika Selatan telah memutuskan mantan presiden Jacob Zuma harus kembali ke penjara. Seperti dilaporkan RT, Rabu (15/12/2021), pengadilan menyatakan pemberian pembebasan bersyarat medis kepada pria berusia 79 tahun itu adalah melanggar hukum.

Pada Rabu, satu putusan pengadilan memutuskan bahwa mantan presiden Jacob Zuma harus kembali ke penjara, menolak putusan September yang memberinya pembebasan bersyarat medis. Pria berusia 79 tahun itu menjalani hukuman 15 bulan karena penghinaan terhadap pengadilan.

“Dengan ini memerintahkan agar tergugat ketiga dikembalikan ke tahanan departemen layanan pemasyarakatan untuk menjalani sisa hukuman penjaranya,” bunyi putusan, menurut media setempat.

Zuma menyerahkan diri pada 7 Juli untuk memulai hukuman penjaranya. Dia dinyatakan bersalah melakukan penghinaan terhadap pengadilan, setelah gagal menghadiri sidang tentang dugaan korupsi selama sembilan tahun masa jabatannya sebagai presiden.

Penahanan mantan presiden memicu beberapa kekerasan terburuk yang terlihat di Afrika Selatan selama beberapa dekade. Lebih dari 300 tewas dan lebih dari 3.000 ditangkap dalam kerusuhan dan penjarahan yang meluas, yang juga berasal dari kondisi ekonomi yang mengerikan dan pengangguran yang meluas.

Zuma dibawa ke rumah sakit pada Agustus lalu untuk observasi medis sebelum diberikan pembebasan bersyarat medis pada bulan September. Pengadilan tinggi Afrika Selatan menolak tawarannya untuk membatalkan hukumannya pada bulan yang sama.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ekonomi Mulai Pulih, Industri BPR-BPRS Punya Prospek Baik

Ekonomi Mulai Pulih, Industri BPR-BPRS Punya Prospek Baik

EKONOMI | 15 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings