Logo BeritaSatu

Diplomasi Indonesia Akan Perjuangkan Pemulihan, Perdamaian, Kemanusiaan di 2022

Kamis, 6 Januari 2022 | 16:35 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Diplomasi Indonesia sepanjang tahun 2022 akan terus dikerahkan untuk memperjuangkan pemulihan dari pandemi, perdamaian, dan kemanusiaan. Hal tersebut mengemuka dalam Pernyataan Pers Tahunan Menlu (PPTM) 2022 yang disampaikan oleh Menlu RI Retno Marsudi, Kamis (6/1/2022).

Terkait pemulihan kesehatan, diplomasi akan berkontribusi membangun ketahanan kesehatan nasional jangka panjang melalui penguatan infrastruktur kesehatan nasional dan industri kesehatan.

“Indonesia harus mampu memproduksi vaksin sendiri dan dapat menjadi hub produksi vaksin di kawasan. Indonesia harus mampu membuat obat sendiri dan memenuhi bahan baku obat,” kata Retno.

Indonesia juga akan mendorong pembentukan mekanisme pendanaan kesehatan bagi negara berkembang dan penyusunan Pandemic Treaty yang baru agar dunia lebih siap menghadapi pandemi.

“Indonesia siap berkontribusi secara konstruktif dalam proses negosiasi Pandemic Treaty tersebut,” kata Retno.

Terkait pemulihan ekonomi, diplomasi ekonomi Indonesia akan terus diperkuat, antara lain melalui perluasan akses produk industri strategis nasional, peningkatan kemitraan SWF Indonesia dengan investor di luar negeri, dan percepatan penyelesaian berbagai perundingan CEPA dengan UAE, Uni Eropa, Turki, dan Chile.

Dalam isu perdamaian dan kemanusiaan, Indonesia akan terus berkontribusi mengatasi situasi di Afghanistan dengan fokus pendidikan/pemberdayaan perempuan Afghanistan, termasuk dengan memberikan beasiswa.

Indonesia juga akan mengirimkan 1.148 personel yang terdiri dari 950 personel satgas militer dan 198 personel satgas polisi, serta menyelenggarakan berbagai pelatihan dan program peningkatan kapasitas bagi personel PKO, termasuk dalam skema UN Triangular Partnership Project (TPP).

Perlindungan WNI juga terus menjadi prioritas diplomasi Indonesia di tahun 2022. Sistem perlindungan WNI akan ditingkatkan melalui penguatan infrastruktur dan SDM, percepatan digitalisasi, dan pengembangan kerangka hukum dan kerja sama internasional.

Guna memperkuat kedaulatan wilayah Indonesia, diplomasi akan terus bekerja untuk mempercepat penyelesaian perundingan perbatasan dengan negara-negara tetangga.

“Di tahun 2022, upaya akselerasi intensitas perundingan perbatasan darat dan maritim akan terus ditingkatkan,” ujar Retno.

Untuk batas darat, perundingan yang dilakukan adalah dengan Malaysia dan Timor Leste. Adapun untuk batas maritim, perundingannya adalah dengan Malaysia, Palau, Filipina, dan Vietnam.

Retno menegaskan bahwa perundingan batas maritim harus didasarkan pada Unclos 1982. Indonesia akan terus menolak klaim yang tidak memiliki dasar hukum yang diakui secara internasional.

“Secara khusus, saya ingin menekankan satu prinsip terkait kedaulatan dan hak berdaulat di perairan Indonesia, bahwa klaim apapun oleh pihak manapun harus dilakukan sesuai dengan hukum internasional termasuk Unclos 1982,” tegasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

1 Terduga Teroris Jaringan MIT Poso Menyerahkan Diri

Satu terduga teroris jaringan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) berinisial MRW (22) menyerahkan diri ke polisi.

NEWS | 19 Mei 2022

Lautan di Dunia Alami Tingkat Paling Asam dalam 26.000 Tahun

Lautan di dunia berada di tingkat terpanas dan paling asam dalam 26.000 tahun. Perang di Ukraina mengancam komitmen iklim global.

NEWS | 19 Mei 2022

Satgas Pamtas Yonif 126/KC Temukan Ladang Tanaman Ganja

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC Kolakopsrem 172/PWY menemukan ladang ganja seluas kurang lebih 400 meter persegi di jalan lintas Jayapura Wamena

NEWS | 19 Mei 2022

Elon Musk Mengaku Tak Lagi Dukung Partai Demokrat AS

Elon Musk mengaku tidak bisa lagi mendukung Partai Demokrat Amerika Serikat (AS), dan akan memilih Partai Republik.

NEWS | 19 Mei 2022

Yusril: Hormati Alasan Pemerintah Singapura Tolak UAS

Terkait penolakan UAS, mantan Menteri Hukum dan HAM Yusril Ihza Mahendra mengatakan apapun alasan pemerintah Singapura tetap harus dihormati

NEWS | 19 Mei 2022

Nilai Modal Sosial Indonesia Teratas di Antara Negara G20

Sangat penting sebuah negara mempunyai modal sosial yang baik untuk menuju kesejahteraan lewat nilai-nilai gotong-royong yang dimiliki.

NEWS | 19 Mei 2022

PT Pegadaian Masih Pelajari Gugatan Hak Cipta Tabungan Emas

PT Pegadaian masih mempelajari mempelajari gugatan hak cipta Tabungan Emas terkait dugaan pelanggaran hak cipta.

NEWS | 19 Mei 2022

Kiai Cholish: UAS Perlu Belajar Dakwah dari Gus Dur

Suriyah PWNU DKI, KH Muzakki Cholish menyatakan Ustaz Abdul Somad (UAS) perlu belajar dari Gus Dur

NEWS | 19 Mei 2022

Era Age of Creation, Menkominfo Ajak Mahasiswa Berkreasi

Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengajak mahasiswa untuk berkreasi dan berinovasi di masa peradaban kreasi atau age of creation.

NEWS | 19 Mei 2022

Bocah Tenggelam di Kali Antilop Bekasi Ditemukan Tewas

Jasad bocah tenggelam berinisial AA (12) ditemukan sekitar 5 kilometer di Taman Piknik Jalan Manunggal II RT 11/RW 06 Kelurahan Cipinang Melayu.

NEWS | 19 Mei 2022


TAG POPULER

# Lin Che Wei


# UAS


# Cabul


# Atribut Keagamaan


# Tes Covid-19


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KPK Tunggu Waskita Karya Cs Kembalikan Uang Negara Terkait Korupsi Proyek IPDN

KPK Tunggu Waskita Karya Cs Kembalikan Uang Negara Terkait Korupsi Proyek IPDN

NEWS | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings