Logo BeritaSatu

Kerusakan Akibat Krisis Iklim Jadi Ancaman Dunia di 2022

Jumat, 14 Januari 2022 | 23:59 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Ancaman kerusakan akibat krisis iklim, meningkatnya perpecahan sosial dan risiko atau kejahatan yang berhubungan dengan internet (siber) menjadi tiga risiko utama yang paling dikhawatirkan oleh masyarakat dunia di 2022. Temuan ini disampaikan dalam laporan Global Risks Report 2022 yang diterbitkan Global Risks Initiative hari di Jenewa, Swiss.

Forum Ekonomi Dunia (WEF) mencatat risiko kerusakan iklim menjadi ancaman utama global di saat dunia memasuki tahun ketiga pandemi Covid-19.

Menurut Laporan Risiko Global 2022 WEF, risiko jangka panjang yang utama saat ini adalah terkait dengan iklim. Sementara itu, kekhawatiran global jangka pendek paling utama mencakup kesenjangan sosial, krisis mata pencaharian, dan penurunan kesehatan mental.

Peter Giger, Group Chief Risk Officer di Zurich Insurance Group mengatakan krisis iklim tetap menjadi ancaman jangka panjang terbesar yang dihadapi umat manusia. Ia juga mengatakan bahwa kegagalan untuk bertindak atas perubahan iklim dapat mengurangi produk domestik bruto (PDB) global sebesar seperenam,

“Dan komitmen yang diambil pada COP-26 masih belum cukup untuk mencapai tujuan 1,5 derajat Celcius. Belum terlambat bagi pemerintah dan bisnis untuk bertindak atas risiko yang mereka hadapi dan untuk mendorong transisi yang inovatif, penuh tekad, dan inklusif yang melindungi ekonomi dan masyarakat,” kata Peter Giger dalam keterangannya yang diterima Beritasatu.com, Jumat (14/1/2022).

Laporan ini juga meyakini pemulihan ekonomi global tidak akan stabil dan timpang dalam tiga tahun ke depan.

“Disrupsi di bidang kesehatan dan ekonomi memperburuk keretakan sosial. Kondisi ini menciptakan ketegangan. Kolaborasi antara masyarakat dan komunitas internasional menjadi fundamental untuk memastikan pemulihan global yang lebih merata dan cepat,” ujar Saadia Zahidi, Managing Director WEF.

Menurutnya, para pemimpin dan pemangku kepentingan dunia harus bersatu dan berkoordinasi untuk mengatasi tantangan global yang terus berlangsung serta membangun ketahanan untuk mengatasi krisis berikutnya.

Sementara, Carolina Klint, Pemimpin Manajemen Risiko di Marsh mengatakan seiring perusahaan pulih dari pandemi, mereka dengan tepat mempertajam fokus mereka pada ketahanan organisasi dan kredensial lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan (ESG).

“Dengan ancaman dunia maya yang sekarang tumbuh lebih cepat daripada kemampuan kita untuk membasminya secara permanen, jelas bahwa ketahanan maupun tata kelola tidak mungkin terjadi tanpa rencana manajemen risiko dunia maya yang kredibel dan canggih,” jelasnya.

“Demikian pula, organisasi perlu mulai memahami risiko ruang angkasa mereka, terutama risiko terhadap satelit di mana kita menjadi semakin bergantung, mengingat meningkatnya ambisi dan ketegangan geopolitik,” tambah Klint.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Soroti Penggunaan Gas Air Mata

Presiden Jokowi memperhatikan penggunaan gas air mata yang dilakukan personel kepolisian saat terjadinya Tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 7 Oktober 2022

Baim Wong Mengeklaim Spontan Buat Konten Prank KDRT

Baim Wong mengeklaim spontan membuat konten prank KDRT bersama istrinya Paula Verhoeven. Konten prank KDRT itu membuat Baim Wong diperiksa polisi.

NEWS | 7 Oktober 2022

2 Jam Diguyur Hujan, Kota Bekasi Dikepung Banjir

Hujan yang mengguyur Kota Bekasi dan sekitarnya selama dua jam tadi menyebabkan sejumlah ruas jalan dan perumahan di Kota Bekasi terendam banjir.

NEWS | 7 Oktober 2022

Diperiksa soal Prank KDRT, Baim Wong Dicecar 25 Pertanyaan

Baim Wong dicecar dengan 25 pertanyaan oleh penyidik Polres Jakarta Selatan saat diperiksa terkait prank KDRT yang dilakukannya bersama Paula Verhoeven.

NEWS | 7 Oktober 2022

Disdik Jabar Bantah Ada Diskriminasi di SMAN 2 Depok

Disdik Jabar membantah adanya diskriminasi terhadap pelajar beragama Kristen di SMAN 2 Depok.

NEWS | 7 Oktober 2022

Musim Hujan, Masyarakat Diminta Waspadai 7 Penyakit Menular

Masyarakat diminta mewaspadai dampak yang timbul dari musim hujan seperti munculnya beberapa penyakit menular.

NEWS | 7 Oktober 2022

Penerbangan Langsung Rute Toraja-Balikpapan Dibuka

Penerbangan langsung atau direct flight Toraja menuju Balikpapan, maupun dari Balikpapan ke Toraja mulai beroperasi, Jumat (7/10/2022).

NEWS | 7 Oktober 2022

Kapolri Dukung Penuh Gerakan Bangga Buatan Indonesia

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendukung sepenuhnya "Gerakan Bangga Buatan Indonesia". 

NEWS | 7 Oktober 2022

Jokowi Kaget Masyarakat Habiskan Rp 100 T Berobat ke Luar Negeri

Presiden Jokowi mengaku kaget masyarakat Indonesia menghabiskan dana US$ 6 miliar atau hampir Rp 100 triliun setiap tahunnya untuk berobat ke luar negeri.

NEWS | 7 Oktober 2022

KPK: Kerugian dari Sektor Kesehatan Capai Rp 821 Miliar

KPK mengungkapkan angka kerugian yang ditimbulkan akibat korupsi di sektor kesehatan menyentuh angka sekitar Rp 821 miliar.

NEWS | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi Tak Salami Kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Soroti Penggunaan Gas Air Mata

Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Soroti Penggunaan Gas Air Mata

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings