Logo BeritaSatu

Hindari Ancaman Tsunami, Raja Tonga Dievakuasi

Minggu, 16 Januari 2022 | 10:32 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Toga, Beritasatu.com- Konvoi polisi dan pasukan militer Tonga mengevakuasi Raja Tupou VI dari istananya di dekat pantai menyusul gelombang tsunami. Seperti dilaporkan AP, Sabtu (15/1/2022), sang raja termasuk di antara banyak penduduk yang menuju ke tempat yang lebih tinggi.

Tidak ada laporan langsung tentang cedera atau tingkat kerusakan karena semua konektivitas internet dengan Tonga terputus sekitar pukul 18.40 waktu setempat.

Di Tonga, rumah bagi sekitar 105.000 orang, video yang diposting ke media sosial menunjukkan gelombang besar menyapu pantai di daerah pesisir, berputar-putar di sekitar rumah, gereja, dan bangunan lainnya. Gambar satelit menunjukkan letusan besar, dengan gumpalan abu, uap, dan gas naik seperti jamur di atas perairan Pasifik yang biru.

Peramal swasta Selandia Baru, Weather Watch, mencuit bahwa orang-orang sejauh Southland, wilayah paling selatan negara itu, melaporkan mendengar ledakan sonik dari letusan. Pemantau lain melaporkan bahwa banyak kapal rusak akibat tsunami yang melanda marina di Whangarei, di wilayah Northland.

Sebelumnya, situs berita Matangi Tonga melaporkan para ilmuwan mengamati ledakan besar, guntur dan kilat di dekat gunung berapi setelah mulai meletus pada Jumat (14/1) pagi. Gambar satelit menunjukkan gumpalan selebar 5 km naik ke udara hingga sekitar 20 km.

Gunung berapi Hunga Tonga Hunga Ha'apai berjarak sekitar 64 km di utara ibu kota, Nuku'alofa. Pada akhir 2014 dan awal 2015, serangkaian letusan di daerah tersebut menciptakan pulau kecil baru dan mengganggu perjalanan udara internasional ke kepulauan Pasifik selama beberapa hari.

Badan Meteorologi Tonga menyatakan peringatan tsunami diumumkan untuk seluruh kepulauan. Data dari pusat tsunami Pasifik menyatakan gelombang 80 cm terdeteksi.

Pihak berwenang di negara pulau terdekat Fiji dan Samoa juga mengeluarkan peringatan, memberitahu orang-orang untuk menghindari garis pantai karena arus kuat dan gelombang berbahaya. Di Selandia Baru, para pejabat memperingatkan kemungkinan gelombang badai dari letusan gunung.

Seorang pengguna Twitter yang diidentifikasi sebagai Dr Faka'iloatonga Taumoefolau memposting video yang menunjukkan ombak menerjang pantai.

"Benar-benar dapat mendengar letusan gunung berapi, terdengar sangat keras," tulisnya, menambahkan di posting selanjutnya: "Hujan abu dan kerikil kecil, kegelapan menyelimuti langit."

Ledakan gunung berapi Hunga Tonga Hunga Ha'apai adalah yang terbaru dari serangkaian letusan dramatis.

Perusahaan pencitraan bumi Planet Labs PBC telah mengamati pulau itu dalam beberapa hari terakhir setelah lubang vulkanik baru di sana mulai meletus pada akhir Desember.

Gambar satelit yang diambil oleh perusahaan menunjukkan betapa drastisnya gunung berapi telah membentuk daerah tersebut, menciptakan pulau yang berkembang di lepas pantai Tonga.

“Luas permukaan pulau tampaknya telah meluas hampir 45% karena hujan abu,” kata Planet Labs beberapa hari sebelum aktivitas terbaru.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Perkara Helikopter AW-101, KPK Koordinasi dengan TNI

Dalam perkara dugaan korupsi helikopter AW-101 tersebut KPK telah menahan bos PT Diratama Jaya Mandiri Irfan Kurnia Saleh.

NEWS | 25 Mei 2022

Pendaftaran Kampus Mengajar Angkatan 4 Telah Dibuka

Kemendikbudristek resmi membuka pendaftaran program Kampus Mengajar angkatan 4 pada hari ini, Rabu (25/5/2022).

NEWS | 25 Mei 2022

Sehari, Penemuan Dua Mayat Gegerkan Warga di Kota Bogor

Salah satu mayat yang ditemukan di Kota Bogor adalah bayi yang baru dilahirkan dan diduga sengaja dibuang.

NEWS | 25 Mei 2022

Generasi Milenial Didorong Jadi Agen Perubahan di Papua

Generasi milenial didorong untuk menjadi agen perubahan di tanah Papua guna mewujudkan Papua yang Mandiri, Adil, dan Sejahtera.

NEWS | 25 Mei 2022

AS Berencana Kembangkan Pangkalan Militer di Antartika

Amerika Serikat (AS) berencana untuk menginvestasikan miliaran dolar pada pangkalan militer di Antartika.

NEWS | 25 Mei 2022

Mesut Ozil Datang ke Jakarta, Ini Agendanya

Mesut Ozil yang kini membela klub Turki, Fenerbahce akan berada di Indonesia selama 4 hari dan akan menggelar sejumlah kegiatan.

NEWS | 25 Mei 2022

Penembakan di Sekolah Dasar Texas, 21 Orang Tewas

Penembakan di sekolah dasar Texas, Amerika Serikat (AS) mengakibatkan 21 orang tewas. Pelaku seorang pemuda bersenjata berusia 18 tahun.

NEWS | 25 Mei 2022

Ke Bali, Presiden Jokowi Resmikan Pembukaan GPDRR 2022

Presiden Jokowi akan menghadiri upacara pembukaan The 7th Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Bali.

NEWS | 25 Mei 2022

200 Mayat Ditemukan di Reruntuhan Bangunan Mariupol

Sejumlah 200 mayat ditemukan di ruang bawah tanah satu gedung apartemen yang hancur di Mariupol, Ukraina.

NEWS | 25 Mei 2022

580 Ekor Bulus Karapas Lunak Dilepasliarkan di Sungai Mekong

Sekitar 580 tukik bulus karapas lunak raksasa Cantor yang terancam punah dibebaskan ke alam liar di sepanjang Sungai Mekong di provinsi Kratie, Kamboja

NEWS | 25 Mei 2022


TAG POPULER

# BRI Majalengka


# Perumahan Pantai Mutiara


# UU PPP


# UAS


# Harga CPO


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jurgen Klopp Pelatih Liga Inggris Terbaik Tahun Ini

Jurgen Klopp Pelatih Liga Inggris Terbaik Tahun Ini

BOLA | 11 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings