Logo BeritaSatu

Korut Disebut Tembakkan Rudal Balistik dari Bandara Ibu Kota Pyongyang

Senin, 17 Januari 2022 | 15:38 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Seoul, Beritasatu.com - Korea Utara (Korut) dicurigai menembakkan dua rudal balistik jarak pendek pada Senin (17/1/2022) dari bandara di ibu kota Pyongyang. Pihak militer Korea Selatan (Korsel) melaporkan, uji coba keempat bulan ini untuk menunjukkan persenjataan misilnya yang berkembang.

Jepang juga melaporkan peluncuran tersebut, dengan kepala sekretaris kabinet Hirokazu Matsuno mengutuknya sebagai ancaman terhadap perdamaian dan keamanan.

Dalam waktu kurang dari dua minggu, Korea Utara (Korut) yang bersenjata nuklir telah melakukan tiga uji coba rudal lainnya, serangkaian peluncuran yang luar biasa cepat. Dua di antaranya melibatkan rudal hipersonik tunggal yang mampu berkecepatan tinggi dan bermanuver setelah diluncurkan, sementara uji coba pada hari Jumat melibatkan sepasang rudal balistik jarak pendek (SRBM) yang ditembakkan dari gerbong kereta.

Peluncuran Senin tampaknya melibatkan dua SRBM yang ditembakkan ke timur dari Sunan Airfield di Pyongyang, kata Kepala Staf Gabungan (JCS) Korea Selatan dalam sebuah pernyataan.

Korut menggunakan bandara tersebut untuk menguji coba rudal balistik jarak menengah (IRBM) Hwasong-12 pada tahun 2017, dengan kehadiran pemimpin Kim Jong-un.

Rudal yang ditembakkan pada hari Senin menempuh jarak sekitar 380 km ke ketinggian maksimum 42 km, kata JCS dalam sebuah pernyataan.

Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi mengatakan rudal itu tampaknya telah mendarat di laut dekat pantai timur Korea Utara.

“Sudah jelas bahwa tujuan dari peluncuran rudal Korea Utara yang sering adalah untuk meningkatkan teknologi rudal mereka,” katanya kepada wartawan.

"Peluncuran berulang rudal balistik Korea Utara merupakan masalah besar bagi masyarakat internasional, termasuk Jepang," tambah Kishi, seraya mencatat bahwa peluncuran tersebut merupakan pelanggaran terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB yang melarang Korea Utara dari semua pengembangan rudal balistik.

Komando Indo-Pasifik militer AS mengatakan pihaknya menilai bahwa peluncuran itu tidak menimbulkan ancaman langsung bagi Amerika Serikat atau sekutunya, tetapi "peluncuran rudal ini menyoroti dampak destabilisasi dari program senjata terlarang (Korea Utara)".

Korut belum menguji rudal balistik antarbenua (ICBM) jarak jauh atau senjata nuklirnya sejak 2017, tetapi setelah pembicaraan denuklirisasi terhenti pada 2019, Korut mulai meluncurkan dan menguji berbagai desain SRBM baru.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: CNA/Reuters

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

KPPPA Gandeng UGM Siapkan Aturan Pelaksana UU TPKS

Kementerian PPPA menggandeng UGM untuk menyiapkan aturan pelaksana Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS).  

NEWS | 18 Mei 2022

Penolakan Singapura Terhadap UAS, Begini Respons NU

Keputusan Singapura menolak kedatangan Ustaz Abdul Somad (UAS) atau not to land mendapatkan tanggapan dari NU.

NEWS | 18 Mei 2022

Airlangga Optimistis Koalisi Indonesia Bersatu Menang Pemilu

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto optimistis Koalisi Indonesia Bersatu akan memenangkan Pemilu 2024.

NEWS | 18 Mei 2022

Orang Tua dan Guru Harus Pantau Remaja Agar Tidak Kecanduan Gawai

Orang tua dan guru bimbingan dan konseling (BK) perlu berkolaborasi memantau risiko kecanduan gawai pada remaja termasuk saat pandemi Covid-19.

NEWS | 18 Mei 2022

Kepuasan Publik terhadap Jokowi Meningkat karena Mudik 2022

Kepuasan publik terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengalami peningkatan karena keberhasilan pemerintah dalam penyelenggaraan mudik Lebaran 2022.

NEWS | 18 Mei 2022

Survei SMRC: 76,7% Warga Puas dengan Kinerja Presiden Jokowi

Kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencapai 76,7 persen. Hal tersebut mengacu survei SMRC.

NEWS | 18 Mei 2022

Penghapusan Tes Covid-19 bagi Pelaku Perjalanan Adaptif

Tes Covid-19 bagi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) atau luar negeri (PPLN) bersifat adaptif atau menyesuaikan dengan situasi serta kondisi.

NEWS | 18 Mei 2022

Kerja Sama KSP dengan Pihak Lain Dilakukan Sesuai Ketentuan Hukum

Deputi V Kantor Staf Kepresidenan Jaleswari Pramodawardhani menegaskan, kerja sama KSP dengan pihak lain dilaksanakan sesuai ketentuan hukum.

NEWS | 18 Mei 2022

Pekan Ini, Masyarakat Terkoneksi Sapa Warga Bahas PMK Hewan

Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi kembali menggelar program Masyarakat Terkoneksi Sapa Warga dengan tema kewaspadaan terhadap PMK.

NEWS | 18 Mei 2022

Airlangga Bantah Isu Adanya Kudeta di Partai Golkar

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto membantah kabar adanya kudeta di Partai Golkar. Airlangga memastikan Golkar solid menghadapi Pemilu 2024.

NEWS | 18 Mei 2022


TAG POPULER

# Lin Che Wei


# UAS


# Cabul


# Atribut Keagamaan


# Tes Covid-19


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kemenkominfo Percepat Pembangunan Infrastruktur Digital

Kemenkominfo Percepat Pembangunan Infrastruktur Digital

EKONOMI | 6 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings