Logo BeritaSatu

Australia Catat Kasus Kematian Covid-19 dan Tingkat Rawat Inap Tertinggi

Selasa, 18 Januari 2022 | 20:29 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Sydney, Beritasatu.com - Australia mengalami hari pandemi paling mematikan pada Selasa (18/1/2022) ketika infeksi Omicron yang bergerak cepat terus mendorong tingkat rawat inap mencapai rekor, bahkan ketika kasus harian Covid-19 sedikit mereda.

Australia sedang menghadapi wabah Covif-19 terburuknya, yang dipicu oleh varian Omicron yang telah menempatkan lebih banyak orang di rumah sakit dan perawatan intensif daripada kapan pun selama pandemi.

Data resmi menunjukkan, total 77 kematian tercatat, melebihi tertinggi nasional sebelumnya 57 pada Kamis lalu.

"Hari ini, adalah hari yang sangat sulit bagi negara bagian kami," kata Menteri New South Wales (NSW) Dominic Perrottet selama konferensi pers ketika negara bagian itu melaporkan 36 kematian, tingkat tertinggi pandemi baru.

"Perlu ada rasa urgensi dalam menerima dosis booster," kata Kepala Petugas Kesehatan NSW Kerry Chant. "Untuk Omicron, kami tahu bahwa perlindungannya lebih rendah dan kami membutuhkan dorongan (booster) berikutnya untuk mendapatkan tingkat perlindungan yang lebih tinggi."

Lonjakan jumlah kasus menghancurkan kepercayaan konsumen pekan lalu, sebuah survei ANZ pada hari Selasa menunjukkan, banyak yang melakukan penguncian (lockdown) sendiri, dan warga menahan pengeluarannya bahkan ketika negara bagian berusaha menjaga supaya bisnis tetap buka.

Infeksi Omicron juga menurunkan popularitas Perdana Menteri Scott Morrison, menurut jajak pendapat pada Selasa, poling menempatkan oposisi Partai Buruh ke posisi terdepan beberapa bulan setelah pemilihan federal.

Di tengah meningkatnya rawat inap, negara bagian Victoria pada hari Selasa menyatakan "kode coklat" di rumah sakit, yang biasanya dikondisikan untuk keadaan darurat jangka pendek.

Ini akan memberi rumah sakit kekuatan untuk membatalkan layanan kesehatan yang tidak mendesak dan membatalkan cuti staf.

Untuk membantu rumah sakit umum, pemerintah federal telah mengaktifkan rencana bantuan dari rumah sakit swasta untuk menyediakan hingga 57.000 perawat dan lebih dari 100.000 staf ke daerah yang terkena dampak Omicron di seluruh negeri, kata Menteri Kesehatan Greg Hunt.

Sementara pihak berwenang biasanya tidak merinci varian virus corona yang menyebabkan kematian, para pejabat mengatakan sebagian besar pasien dalam perawatan intensif terinfeksi dengan jenis Omicron, dengan orang-orang muda yang tidak divaksinasi membentuk "jumlah yang signifikan".

Queensland mengatakan, tidak satu pun dari rekor 16 kematian di negara bagian itu yang menerima suntikan booster. Dari 45 orang yang meninggal di negara bagian itu karena Covid-19 sejak 13 Desember, hanya satu pasien yang telah menerima dosis ketiga.

"Silakan Anda maju dan dapatkan booster, kami tahu itu membuat perbedaan," kata kepala dinas kesehatan negara bagian itu,Yvette D'Ath.

Sekitar 73.000 infeksi baru dilaporkan pada Selasa, turun dari tertinggi 150.000 Kamis lalu. Sejauh ini, Australia telah melaporkan sekitar 1,6 juta infeksi sejak pandemi dimulai, di mana sekitar 1,3 juta di antaranya terjadi dalam dua minggu terakhir. Total kematian mencapai 2.776.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: CNA/Reuters

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sambut Harkitnas, Dubes Heri Akhmadi Resmikan Midori

Pembentukan Midori Jepang dalam rangka Harkitnas juga memperingati 30 tahun hubungan RI-Jepang di bidang kehutanan.

NEWS | 20 Mei 2022

Viral Perampokan Bersenpi Tewaskan 3 Orang di Kalideres, Polisi: Hoax

Polisi memastikan video viral perampokan bersenpi di Citra 6, Kalideres, Jaksel yang menewaskan tiga orang dan menggasak Rp 150 juta adalah hoax.

NEWS | 20 Mei 2022

Tahun Ini, Ekspor Pertanian Sulut Capai Rp 2,9 Triliun

Sulawesi Utara (Sulut) terus membuktikan kontribusinya terhadap kinerja ekspor pertanian Indonesia, hingga 20 Mei 2022 ekspor pertaniannya capai Rp 2,9 triliun.

NEWS | 20 Mei 2022

Semangat Harkitnas Sejalan dengan Presidensi G-20 Indonesia

Menkominfo Johnny G Plate menilai, semangat dan cita-cita kebangkitan nasional (Harkitnas) sejalan dengan Presidensi G-20 Indonesia

NEWS | 20 Mei 2022

Petani Sawit Apresiasi Presiden Jokowi Cabut Larangan Ekspor CPO

Petani sawit Indonesia mengapresiasi Presiden Jokowi terkait keputusan mencabut larangan ekspor minyak goreng dan CPO.

NEWS | 20 Mei 2022



KPK Ajak ICW Ikut Buru Harun Masiku

KPK mengajak masyarakat, termasuk ICW untuk bersama-sama mengejar Harun Masiku yang telah buron selama lebih dari 2 tahun atas kasus suap PAW DPR.

NEWS | 20 Mei 2022

Majukan Vokasi, 6 Industri Gandeng Kemendikbudristek

Enam industri menandatangani kerja sama dengan Kemendikbudristek guna memajukan pendidikan vokasi.

NEWS | 20 Mei 2022



TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sambut Harkitnas, Dubes Heri Akhmadi Resmikan Midori

Sambut Harkitnas, Dubes Heri Akhmadi Resmikan Midori

NEWS | 11 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings