Logo BeritaSatu

WHO: Darurat Kesehatan Covid-19 Bisa Berakhir 2022

Rabu, 19 Januari 2022 | 09:03 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jenewa, Beritasatu.com- Pandemi virus corona terburuk yakni kematian, rawat inap, dan karantina wilayah, bisa berakhir tahun 2022 jika ketidakadilan besar dalam vaksinasi Covid-19 dan obat-obatan ditangani dengan cepat. Seperti dilaporkan AP, Rabu (19/1/2022), pernyataan itu disampaikan Kepala Darurat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Michael Ryan.

Ryan berbicara saat diskusi panel tentang ketidakadilan vaksin Covid-19 yang diselenggarakan oleh Forum Ekonomi Dunia.

“Kita mungkin tidak akan pernah mengakhiri virus karena virus pandemi seperti itu akhirnya menjadi bagian dari ekosistem. Tetapi kita memiliki kesempatan untuk mengakhiri darurat kesehatan masyarakat tahun ini jika kita melakukan hal-hal yang telah kita bicarakan,” katanya.

WHO telah mengecam ketidakseimbangan dalam vaksinasi Covid-19 antara negara-negara kaya dan miskin sebagai bencana kegagalan moral. Kurang dari 10% orang di negara berpenghasilan rendah telah menerima bahkan satu dosis vaksin Covid-19.

Ryan mengatakan kepada pertemuan virtual para pemimpin dunia dan bisnis bahwa jika vaksin dan alat lain tidak dibagikan secara adil, tragedi virus, yang sejauh ini telah menewaskan lebih dari 5,5 juta orang di seluruh dunia, akan terus berlanjut.

“Yang perlu kita lakukan adalah menurunkan tingkat kejadian penyakit dengan vaksinasi maksimum pada populasi kita, jadi tidak ada yang harus mati. Masalahnya adalah: Ini adalah kematian. Ini rawat inap. Gangguan sistem sosial, ekonomi, politik kitalah yang menyebabkan tragedi itu, bukan virusnya,” kata Ryan.

Ryan juga masuk ke dalam perdebatan yang berkembang tentang apakah Covis-19 harus dianggap endemik, sebuah label yang beberapa negara seperti Spanyol minta untuk lebih membantu hidup dengan virus, atau masih pandemi - yang melibatkan langkah-langkah intensif yang telah diambil banyak negara untuk memerangi virus. menyebar.

“Malaria endemik membunuh ratusan ribu orang; HIV endemik; kekerasan endemik di kota-kota terdalam kita. Endemik itu sendiri tidak berarti baik. Endemik berarti ada di sini selamanya, ”katanya.

Pejabat kesehatan masyarakat telah memperingatkan sangat tidak mungkin Covid-19 akan dihilangkan. Virus akan terus membunuh orang, meskipun pada tingkat yang jauh lebih rendah, bahkan setelah menjadi endemik.

Rekan panelis Gabriela Bucher, direktur eksekutif organisasi anti-kemiskinan Oxfam International, mengutip “urgensi besar” dari distribusi vaksin yang lebih adil dan kebutuhan untuk produksi skala besar. Dia mengatakan sumber daya untuk memerangi pandemi sedang ditimbun oleh beberapa perusahaan dan beberapa pemegang saham.

John Nkengasong, direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Afrika, mengecam "kehancuran total kerja sama dan solidaritas global" selama dua tahun terakhir. Dia mengatakan "sama sekali tidak dapat diterima" betapa sedikit orang di Afrika yang mendapatkan suntikan vaksin. CDC Afrika menyatakan hanya 10% dari 1,2 miliar orang Afrika yang divaksinasi lengkap.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Harga Minyak Goreng di Bogor Mulai Turun

Harga minyak goreng (migor) di sejumlah pasar di Kota Bogor mulai mengalami penurunan

NEWS | 27 Mei 2022

Rugikan Korban Rp 551 M, Dirut DNA Pro Daniel Abe Minta Maaf

Dirut PT DNA Pro Akademi, Daniel Abe meminta maaf atas kasus dugaan penipuan investasi aplikasi robot trading DNA Pro yang merugikan korban Rp 551 miliar.

NEWS | 27 Mei 2022

Presiden Zelensky Sebut Rusia Menikmati Perang di Ukraina

Presiden Zelensky menyebut Rusia sangat menikmati perang di Ukraina. Presiden Ukraina itu masih tidak mengerti bagaimana Rusia menolak bernegosiasi damai

NEWS | 27 Mei 2022

Buya Syafii Maarif Meninggal Dunia, Jokowi: Selamat Jalan Guru Bangsa

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan duka cita mendalam atas wafatnya mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii Maarif.

NEWS | 27 Mei 2022

Kasus Heli AW-101, KPK Blokir Rekening PT Diratama Jaya Senilai Rp 139,4 M

Tim penyidik KPK memblokir rekening bank milik PT Diratama Jaya Mandiri senilai Rp 139,4 miliar terkait kasus dugaan korupsi proyek heli AW-101 di TNI AU. 

NEWS | 27 Mei 2022

Dukung Ganjil Genap, Nasdem: Transportasi Umum Dimaksimalkan

Nasdem DKI  mendukung kebijakan ganjil genap yang akan diperluas dan meminta agar transportasi umum lebih dimaksimalkan agar masyarakat tidak kesulitan.

NEWS | 27 Mei 2022

Megawati Menangis Dengar Kabar Buya Syafii Maarif Meninggal Dunia

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Keluarga Besar PDIP mengucapkan duka cita yang mendalam atas wafatnya Buya Syafii Maarif.

NEWS | 27 Mei 2022

Ini Kronologi Pencurian Besi Proyek Kereta Cepat di Bekasi

Kronologi pencurian batangan besi pada proyek kereta cepat Jakarta-Bandung terjadi pada Kamis (26/5/2022) pagi hari.

NEWS | 27 Mei 2022

Kasus DNA Pro, Kerugian Korban Mencapai Rp 551 Miliar

Polisi terus mengusut kasus dugaan penipuan investasi DNA Pro milik PT DNA Pro Akademia dengan kerugian total korban mencapai Rp 551 Miliar

NEWS | 27 Mei 2022

Istri Benny K Harman Polisikan Karyawan Restoran di Labuan Bajo

Istri anggota Komisi III DPR dari Demokrat, Benny K Harman, Maria Goreti Ernawati melaporkan balik karyawan Restaurant Mai Ceng'go

NEWS | 27 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rugikan Korban Rp 551 M, Dirut DNA Pro Daniel Abe Minta Maaf

Rugikan Korban Rp 551 M, Dirut DNA Pro Daniel Abe Minta Maaf

NEWS | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings