Logo BeritaSatu

Di Bawah Taliban, Angkatan Udara Afghanistan Runtuh

Rabu, 19 Januari 2022 | 13:04 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Kabul, Beritasatu.com- Angkatan udara Afghanistan akan runtuh tanpa bantuan, pelatihan, dan pemeliharaan penting dari militer Amerika Serikat (AS). Seperti dilaporkan AP, Selasa (18/1/2022), hal itu terungkap dalam laporan Inspektur Jenderal Khusus untuk Rekonstruksi Afghanistan John Sopko, yang diserahkan ke Departemen Pertahanan AS pada Januari 2021.

Laporan menyebut angkatan udara Afghanistan tidak memiliki kemampuan untuk bertahan hidup setelah penarikan AS. Secara khusus, laporan tersebut menunjukkan kegagalan AS untuk melatih staf pendukung Afghanistan, membuat angkatan udara tidak dapat mempertahankan pesawatnya tanpa kontraktor Amerika.

Dukungan udara AS kepada pasukan pemerintah adalah kunci dalam perang 20 tahun melawan gerilyawan Taliban. Penarikan mundur pasukan AS bersama dengan ketidakmampuan angkatan udara Afghanistan untuk mengisi kekosongan menjadi salah satu faktor yang berkontribusi pada kemenangan besar Taliban saat Amerika mundur.

Kepada The Associated Press pada Senin, Kantor inspektur jenderal mengatakan bahwa laporan SIGAR jarang diklasifikasikan tetapi ketika itu, versi yang tidak diklasifikasikan dikeluarkan oleh Pentagon dalam waktu kurang dari dua bulan.

Kantor tersebut mengatakan tidak tahu mengapa Departemen Pertahanan membutuhkan waktu lebih dari setahun sebelum mendeklasifikasi laporan khusus ini, atau mengapa baru melakukannya sekarang, lima bulan setelah Taliban mengambil alih kekuasaan.

SIGAR telah melacak dan mendokumentasikan pengeluaran dan kemajuan Washington di Afghanistan sejak kantor tersebut didirikan pada tahun 2008. SIGAR telah merilis laporan berturut-turut yang mendokumentasikan korupsi, kegagalan dan kelemahan kepemimpinan Afghanistan dan AS dalam tentara Afghanistan, menawarkan rekomendasi letak untuk meningkatkan.

Sejak invasi pimpinan AS tahun 2001 yang menggulingkan Taliban dan selama perang panjang yang terjadi kemudian, Washington menghabiskan lebih dari US$ 145 miliar (Rp 2.088 triliun) untuk rekonstruksi di Afghanistan dan hampir $1 triliun untuk keterlibatan militernya. Miliaran dana dikucurkan untuk membangun kekuatan militer Afghanistan.

Biden mengumumkan pada bulan April bahwa 2.500-3.500 tentara AS terakhir akan pergi bersama dengan 7.500 tentara NATO, menyusul kesepakatan yang dicapai dengan Taliban oleh pemerintahan Trump. Pengumuman itu memulai keruntuhan cepat pasukan pertahanan Afghanistan.

Taliban memasuki Kabul pada 15 Agustus setelah Presiden Ashraf Ghani yang didukung AS melarikan diri dari ibu kota. Pada akhir Agustus, AS menyelesaikan keberangkatannya yang kacau dan evakuasi puluhan ribu warga Afghanistan.

Kepergian AS ditandai dengan gambar para pemuda yang berpegangan pada pesawat AS yang akan berangkat untuk mencari peluang untuk tinggal di AS dan melarikan diri dari pemerintahan Taliban yang keras dan membatasi.

Selama bulan-bulan sebelumnya, para pejabat Afghanistan telah memperingatkan bahwa angkatan udara tidak dapat berdiri sendiri. Ata Mohammed Noor, seorang panglima perang yang kuat di Afghanistan utara yang merupakan sekutu penting AS dalam kekalahan Taliban tahun 2001, mengatakan armada itu digunakan secara berlebihan dan kurang terawat.

“Sebagian besar pesawat sudah kembali ke darat. Banyak pesawat tidak bisa terbang dan kebanyakan dari mereka kehabisan amunisi,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Produksi Ikan Bandeng Kabupaten Bekasi Terus Digenjot

Produksi ikan bandeng Kabupaten Bekasi terus digenjot. Selain bandeng, ada ikan lain yang akan ditingkatkan, seperti nila, patin, dan gurame,

NEWS | 21 Mei 2022

Polandia Siap Bangun Pangkalan Militer NATO Permanen

Polandia siap membangun pangkalan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) permanen. Polandia juga akan menampung unit infanteri ringan dari blok tersebut.

NEWS | 21 Mei 2022

Demo 21 Mei, La Nyalla Minta Masyarakat Waspadai Provokator

Ketua DPD, La Nyalla Mattalitti mengatakan demo 21 Mei yang digelar sejumlah elemen masyarakat merupakan hak warga yang dijamin konstitusi.

NEWS | 21 Mei 2022

Otto Hasibuan Sebut Pernyataan Hotman Paris Picu Keonaran

Ketua Umum Persatuan Advokat Indonesia (Peradi) Otto Hasibuan menyatakan pernyataan pengacara Hotman Paris terkait organisasi advokat memicu keonaran. 

NEWS | 20 Mei 2022

Cegah Penularan Virus Hendra, Ini Saran dari Pakar

Guna mencegah penularan virus Hendra terdapat beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan.

NEWS | 20 Mei 2022

LGP Optimistis PDIP Usung Kader Sendiri di Pilpres 2024

LGP atau Laskar Ganjar-Puan optimistis PDIP bakal mengusung kaderya sendiri di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024

NEWS | 20 Mei 2022

Otto Ungkap Anak Hotman Paris Minta Rekomendasinya untuk Bekerja

Ketua Umum Peradi, Otto Hasibuan menyebut anak Hotman Paris, Felicia Putri Parisienne Hutapea pernah meminta rekomendasinya untuk bekerja sebagai advokat.

NEWS | 20 Mei 2022

Epidemiolog Ingatkan Bahaya dari Virus Hendra dan Nipah

Ancaman pandemi Covid-19 yang belum berakhir kini, bahaya dari virus Hendra serta Nipah harus diwaspadai.

NEWS | 20 Mei 2022

Ibas Jajal Sepeda Downhill di Benteng Bukit Lodenok

Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas menjajal sepeda downhill di Bukti Lodenok saat pulang ke kampung halamannya di Pacitan.

NEWS | 20 Mei 2022

Kemendagri Tingkatkan Mutu Pelayanan Pengelolaan Sampah

Kemendagri melakukan upaya guna meningkatkan pelayanan pengelolaan sampah di Provinsi, Kabupaten/Kota.

NEWS | 20 Mei 2022


TAG POPULER

# DNA Pro


# CPO


# PDSI


# SEA Games


# Hari Kebangkitan Nasional


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Harga Emas Catat Kenaikan Mingguan karena Pelemahan Dolar

Harga Emas Catat Kenaikan Mingguan karena Pelemahan Dolar

EKONOMI | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings