Logo BeritaSatu

Di Bawah Taliban, Angkatan Udara Afghanistan Runtuh

Rabu, 19 Januari 2022 | 13:04 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Kabul, Beritasatu.com- Angkatan udara Afghanistan akan runtuh tanpa bantuan, pelatihan, dan pemeliharaan penting dari militer Amerika Serikat (AS). Seperti dilaporkan AP, Selasa (18/1/2022), hal itu terungkap dalam laporan Inspektur Jenderal Khusus untuk Rekonstruksi Afghanistan John Sopko, yang diserahkan ke Departemen Pertahanan AS pada Januari 2021.

Laporan menyebut angkatan udara Afghanistan tidak memiliki kemampuan untuk bertahan hidup setelah penarikan AS. Secara khusus, laporan tersebut menunjukkan kegagalan AS untuk melatih staf pendukung Afghanistan, membuat angkatan udara tidak dapat mempertahankan pesawatnya tanpa kontraktor Amerika.

Dukungan udara AS kepada pasukan pemerintah adalah kunci dalam perang 20 tahun melawan gerilyawan Taliban. Penarikan mundur pasukan AS bersama dengan ketidakmampuan angkatan udara Afghanistan untuk mengisi kekosongan menjadi salah satu faktor yang berkontribusi pada kemenangan besar Taliban saat Amerika mundur.

Kepada The Associated Press pada Senin, Kantor inspektur jenderal mengatakan bahwa laporan SIGAR jarang diklasifikasikan tetapi ketika itu, versi yang tidak diklasifikasikan dikeluarkan oleh Pentagon dalam waktu kurang dari dua bulan.

Kantor tersebut mengatakan tidak tahu mengapa Departemen Pertahanan membutuhkan waktu lebih dari setahun sebelum mendeklasifikasi laporan khusus ini, atau mengapa baru melakukannya sekarang, lima bulan setelah Taliban mengambil alih kekuasaan.

SIGAR telah melacak dan mendokumentasikan pengeluaran dan kemajuan Washington di Afghanistan sejak kantor tersebut didirikan pada tahun 2008. SIGAR telah merilis laporan berturut-turut yang mendokumentasikan korupsi, kegagalan dan kelemahan kepemimpinan Afghanistan dan AS dalam tentara Afghanistan, menawarkan rekomendasi letak untuk meningkatkan.

Sejak invasi pimpinan AS tahun 2001 yang menggulingkan Taliban dan selama perang panjang yang terjadi kemudian, Washington menghabiskan lebih dari US$ 145 miliar (Rp 2.088 triliun) untuk rekonstruksi di Afghanistan dan hampir $1 triliun untuk keterlibatan militernya. Miliaran dana dikucurkan untuk membangun kekuatan militer Afghanistan.

Biden mengumumkan pada bulan April bahwa 2.500-3.500 tentara AS terakhir akan pergi bersama dengan 7.500 tentara NATO, menyusul kesepakatan yang dicapai dengan Taliban oleh pemerintahan Trump. Pengumuman itu memulai keruntuhan cepat pasukan pertahanan Afghanistan.

Taliban memasuki Kabul pada 15 Agustus setelah Presiden Ashraf Ghani yang didukung AS melarikan diri dari ibu kota. Pada akhir Agustus, AS menyelesaikan keberangkatannya yang kacau dan evakuasi puluhan ribu warga Afghanistan.

Kepergian AS ditandai dengan gambar para pemuda yang berpegangan pada pesawat AS yang akan berangkat untuk mencari peluang untuk tinggal di AS dan melarikan diri dari pemerintahan Taliban yang keras dan membatasi.

Selama bulan-bulan sebelumnya, para pejabat Afghanistan telah memperingatkan bahwa angkatan udara tidak dapat berdiri sendiri. Ata Mohammed Noor, seorang panglima perang yang kuat di Afghanistan utara yang merupakan sekutu penting AS dalam kekalahan Taliban tahun 2001, mengatakan armada itu digunakan secara berlebihan dan kurang terawat.

“Sebagian besar pesawat sudah kembali ke darat. Banyak pesawat tidak bisa terbang dan kebanyakan dari mereka kehabisan amunisi,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

200 Mayat Ditemukan di Reruntuhan Bangunan Mariupol

Sejumlah 200 mayat ditemukan di ruang bawah tanah satu gedung apartemen yang hancur di Mariupol, Ukraina.

NEWS | 25 Mei 2022

580 Ekor Bulus Karapas Lunak Dilepasliarkan di Sungai Mekong

Sekitar 580 tukik bulus karapas lunak raksasa Cantor yang terancam punah dibebaskan ke alam liar di sepanjang Sungai Mekong di provinsi Kratie, Kamboja

NEWS | 25 Mei 2022

Waspada, Cacar Monyet Bisa Menular Lewat Cairan Tubuh

Masa inkubasi cacar monyet biasanya 6 sampai 16 hari tetapi dapat mencapai 5 sampai 21 hari. 

NEWS | 25 Mei 2022

Penanganan PMK di Lombok Timur Berbasis Kearifan Lokal

Strategi komunikasi penanganan PMK di Lombok Timur melibatkan pemuka agama dan menggunakan pengeras suara masjid yang ada di desa-desa.

NEWS | 25 Mei 2022

Jerman Desak Hungaria Sepakati Embargo Minyak Rusia

Jerman mendesak Hungaria menyepakati embargo minyak Rusia. keputusasaan Jerman atas penolakan beberapa negara Eropa terhadap embargo minyak Rusia terungkap

NEWS | 25 Mei 2022

Tak Perlu Panik, Pakar IPB Tegaskan PMK Bisa Dikendalikan

Pakar IPB Denny W Lukman mengatakan bahwa penyakit mulut dan kuku (PMK) bisa dikendalikan secara terukur.

NEWS | 25 Mei 2022

Epidemiolog: Kebijakan Pemerintah Tangani PMK Sudah Tepat

Upaya pencegahan PMK oleh pemerintah dinilai tepat mengingat penularan PMK bisa melalui kontak langsung bahkan melalui udara.

NEWS | 25 Mei 2022

Mendagri: Pembangunan Perbatasan Perkuat Pertahanan Indonesia

Mendagri Tito Karnavian menegaskan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan merupakan langkah Pemerintah dalam percepatan pembangunan kawasan perbatasan.

NEWS | 25 Mei 2022

Gerebek Kampung Ambon, Polisi Tangkap 2 Pengedar Narkoba

Polisi menangkap dua pengedar narkoba jenis sabu saat menggerebek Kampung Ambon, Cengkareng, Jakarta Barat. 

NEWS | 25 Mei 2022

Polda Metro Buru Pencuri dengan Modus Pecah Kaca Mobil

Polda Metro Jaya memburu P, pencuri dengan modus pecah kaca mobil. Polda meringkus DS (35) sebagai tersangka dalam kasus itu.

NEWS | 24 Mei 2022


TAG POPULER

# Aturan Baru KTP


# Cekcok di Tol


# SEA Games


# HUT Jakarta


# Polisi Selingkuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
200 Mayat Ditemukan di Reruntuhan Bangunan Mariupol

200 Mayat Ditemukan di Reruntuhan Bangunan Mariupol

NEWS | 12 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings