Logo BeritaSatu

Kemenkominfo Luncurkan E-Book G20pedia

Rabu, 19 Januari 2022 | 17:21 WIB
Oleh : FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Ditjen IKP), Rabu (19/1/2022), meluncurkan G20pedia. Peluncurkan buku elektronik berisi informasi dan tanya-jawab seputar G-20 ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Group of Twenty atau G-20, khususnya Presidensi G-20 Indonesia Tahun 2022.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong mengemukakan, kehadiran G20pedia diperlukan untuk memberikan informasi yang lebih luas kepada masyarakat tentang sejarah terbentuknya G-20, termasuk mengapa forum tersebut dinamakan G-20, serta kontribusi dan peran aktif Indonesia di dalamnya.

“Ini penting, karena Indonesia satu-satunya negara berkembang di Asia Tenggara yang masuk ke G-20. Dengan demikian, negara kita memiliki kesempatan strategis untuk ikut menentukan arah desain kebijakan pemulihan ekonomi global, terutama pasca pandemi COVID-19,” jelas Usman.

Informasi lain dalam G20pedia yang sangat penting untuk diketahui, menurut Dirjen IKP, adalah manfaat Presidensi G-20 Indonesia Tahun 2022 bagi masyarakat. “Sebagaimana telah disampaikan Presiden Jokowi, G-20 diharapkan bukan sekadar event, namun harus berdampak positif terhadap pemulihan sosial-ekonomi nasional dan bahkan global,” tegasnya.

Lebih lanjut, Dirjen IKP menyampaikan, penjelasan dalam G-20pedia juga dapat lebih membumikan istilah-istilah teknis dan teknokratis yang banyak dipergunakan dalam G-20 agar lebih dipahami masyarakat. Melalui G-20pedia, masyarakat dapat mencari tahu apa yang dimaksud dengan financial track, sherpa track, working groups, dan istilah-istilah lainnya.

Informasi yang disajikan dalam G-20pedia terbagi dalam dua tema besar, yakni Sekilas G-20 dan Presidensi G-20 Indonesia. Tema Sekilas G-20 membahas informasi seputar anggota, peran, agenda, hingga pentingnya keberadaan G-20. Sementara pada tema Presidensi G-20 Indonesia menekankan pada informasi seputar kiprah Indonesia di G-20, isu prioritas yang diusung, hingga manfaat yang didapatkan Indonesia selama menjabat sebagai Presidensi G-20.

Usman Kansong berharap, buku elektronik G-20pedia yang juga tersedia dalam edisi bahasa Inggris ini dapat menjadi salah satu rujukan bagi media massa dan masyarakat dalam mencari informasi tentang seluruh rangkaian kegiatan G-20 di bawah Presidensi Indonesia. Sifatnya yang merupakan living document atau dokumen hidup, memungkinan perubahan isi buku secara terus-menerus sesuai dinamika pelaksanaan agenda Presidensi G-20.

“Informasi di dalam G20pedia ini akan terus di-update sesuai kebutuhan dan perkembangan informasi terkini terkait G-20,” ungkap Usman.

Media massa dan masyarakat dapat mengakses G20pedia setiap saat melalui tautan https://linktr.ee/G20pedia. Selain G20pedia, pada tautan tersebut juga dapat diakses laman resmi G-20 (www.G20.org).



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Semua Peserta BPJS Kesehatan Diusulkan Berstatus Aktif

Ali Ghufron mengusulkan seluruh peserta BPJS Kesehatan, termasuk peserta yang kini berstatus nonaktif mulai dinyatakan sebagai peserta aktif.

NEWS | 18 Mei 2022

Bus Rombongan Pelayat Terguling di Sleman, 1 Tewas dan 26 Terluka

Sebuah bus rombongan pelayat asal Kabupaten Magelang, Jawa Tengah terguling di Gamping, Sleman, Rabu (18/5/22). Satu penumpang tewas dan 26 lainnya terluka.

NEWS | 18 Mei 2022

Ade Yasin Perintahkan Anak Buah Kumpulkan Uang untuk Suap Pegawai BPK

KPK menduga Bupati nonaktif Bogor, Ade Yasin memerintah anak buahnya mengumpulkan uang untuk menyuap pegawai BPK. 

NEWS | 18 Mei 2022

Soal Foto Erick Thohir di ATM, Deddy Sitorus: Masih Batas Kewajaran

Anggota Komisi VI Deddy Yevri Sitorus menilai foto Menteri BUMN Erick Thohir di sejumlah mesin ATM masih dalam batas kewajaran.

NEWS | 18 Mei 2022

Ketua KPU: Temuan Pelanggaran oleh KPK-Bawaslu Bukan Prestasi

Ketua KPU Hasyim Asy'ari menyatakan pelanggaran yang kerap diungkapkan oleh KPK maupun Bawaslu bukanlah prestasi. 

NEWS | 18 Mei 2022

Biden Sebut Ideologi Supremasi Kulit Putih Adalah Racun

Presiden Joe Biden menyebutkan, ideologi supremasi kulit putih di balik penembakan massal di Buffalo, New York, adalah "racun".

NEWS | 18 Mei 2022

Berkas Kasus Dea Onlyfans Segera Diserahkan ke Kejaksaan

Penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya segera menyerahkan berkas perkara pornografi yang menjerat Gusti Ayu Dewanti alias Dea OnlyFans ke kejaksaan.

NEWS | 18 Mei 2022

Bertolak ke Saudi, Menag Pastikan Layanan Jemaah Haji Siap

Menag Yaqut Cholil Qoumas bertolak ke Arab Saudi, Rabu (18/5/2022) dini hari untuk memastikan layanan kepada jemaah haji sudah siap.

NEWS | 18 Mei 2022

PKS Sambut Positif Program Politik Cerdas Berintegritas KPK

Sekjen PKS Aboe Bakar Al-Habsyi menyambut positif program Politik Cerdas Berintegritas yang digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini.

NEWS | 18 Mei 2022

Polemik UAS, Setara Institute: Singapura Negara yang Ketat Jaga Kerukunan

Setara Institute memahami sikap Singapura menolak kedatangan Ustaz Abdul Somad (UAS) ke negara tersebut karena Singapura negaa yang ketat menjaga kerukunan.

NEWS | 18 Mei 2022


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pemprov Banten Dorong 8 Kabupaten/Kota Pindahkan RKUD ke Bank Banten

Pemprov Banten Dorong 8 Kabupaten/Kota Pindahkan RKUD ke Bank Banten

EKONOMI | 6 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings