Logo BeritaSatu

Tiongkok Larang Atlet Olimpiade Beijing Bicara Soal HAM

Kamis, 20 Januari 2022 | 10:44 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Beijing, Beritasatu.com- Otoritas Tiongkok memperingatkan para atlet untuk tidak membicarakan soal hak asasi manusia selama Olimpiade Beijing 2022. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Rabu (19/1/2022), para atlet yang melanggar “semangat Olimpiade” atau peraturan Tiongkok dapat dikenakan hukuman.

Seorang pejabat Olimpiade Beijing 2022 menyampaikan peringatan itu, setelah kelompok hak asasi menyuarakan keprihatinan tentang keselamatan para pesaing jika mereka protes di Olimpiade Musim Dingin pada bulan depan.

Aturan 50 Piagam Olimpiade menyatakan bahwa "tidak ada demonstrasi atau propaganda politik, agama atau rasial yang diizinkan di situs Olimpiade mana pun", meskipun tahun lalu dilonggarkan untuk memungkinkan gerakan di lapangan jika dilakukan tanpa gangguan dan dengan hormat untuk pesaing.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) telah menjelaskan bahwa para atlet bebas mengekspresikan pendapat mereka tentang masalah apa pun dalam konferensi pers dan wawancara di dalam gelembung Olimpiade, selama tidak selama kompetisi atau upacara medali.

Yang Shu, wakil direktur jenderal Departemen Hubungan Internasional Beijing 2022, ditanyai selama pengarahan virtual pada Rabu (19/1) tentang kekhawatiran para atlet jika mereka berbicara tentang masalah HAM selama Olimpiade Musim Dingin, yang dimulai pada 4 Februari.

“Setiap ekspresi yang sejalan dengan semangat Olimpiade saya yakin akan dilindungi dan segala perilaku atau ucapan yang bertentangan dengan semangat Olimpiade, terutama yang bertentangan dengan hukum dan peraturan Tiongkok, juga akan dikenakan hukuman tertentu,” kata Yang.

Komentar Yang muncul setelah para atlet yang bepergian ke Olimpiade Beijing diperingatkan pada hari Selasa oleh pembicara di satu seminar yang diselenggarakan oleh Human Rights Watch tentang berbicara tentang masalah hak asasi manusia saat berada di Tiongkok, demi keselamatan mereka sendiri.

“Benar-benar tidak banyak perlindungan yang kami yakini akan diberikan kepada para atlet. Diam adalah keterlibatan dan itulah mengapa kami memiliki kekhawatiran,” kata Rob Koehler, direktur jenderal kelompok Atlet Global, mengatakan dalam seminar tersebut.

“Jadi kami menyarankan atlet untuk tidak berbicara. Kami ingin mereka bersaing dan menggunakan suara mereka ketika mereka pulang,” tambahnya.

Kelompok-kelompok hak asasi telah lama mengkritik IOC karena menganugerahkan Olimpiade kepada Tiongkok, dengan alasan perlakuannya terhadap warga Uighur dan kelompok minoritas Muslim lainnya. Tiongkok membantah tuduhan pelanggaran hak asasi manusia.

Pada Selasa, IOC menyatakan dalam tanggapan email atas permintaan komentar dari kantor berita Reuters. IOC mengakui dan menjunjung tinggi hak asasi manusia sebagaimana diabadikan dalam Prinsip-Prinsip Dasar Piagam Olimpiade dan dalam Kode Etiknya setiap saat.

Sementara itu, pada Rabu, kelompok hak asasi manusia Amnesty International memperingatkan bahwa komunitas internasional tidak boleh membiarkan Tiongkok menggunakan Olimpiade Musim Dingin di Beijing sebagai "kesempatan cuci olahraga" dan harus menghindari "terlibat dalam latihan propaganda".

Organisasi tersebut khawatir Tiongkok akan menggunakan Olimpiade untuk mengalihkan perhatian dari dugaan pelanggaran hak asasi manusia terhadap Muslim Uighur dan di Hong Kong. Amnesty beralasan bahwa situasi di negara itu sekarang lebih buruk daripada ketika menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2008.

“Dunia harus memperhatikan pelajaran dari Olimpiade Beijing 2008, ketika janji pemerintah Tiongkok untuk perbaikan hak asasi manusia tidak pernah terwujud. Olimpiade Musim Dingin Beijing tidak boleh dibiarkan berlalu sebagai kesempatan cuci olahraga belaka bagi otoritas Tiongkok dan komunitas internasional tidak boleh terlibat dalam latihan propaganda.” kata Alkan Akad, peneliti Amnesty Tiongkok.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sopir Pajero Jadi Tersangka Kecelakaan Maut di Depan Menara Saidah

Sopir Pajero berinisial JRS (23) ditetapkan sebagai tersangka kasus kecelakaan maut di Jalan MT Haryono, tepatnya di depan Menara Saidah, Jakarta Selatan.

NEWS | 27 Mei 2022

Petani Berharap Distribusi Pupuk Bersubsidi Dipercepat

Kalangan petani di Provinsi Lampung berharap distribusi pupuk bersubsidi dipercepat dan tersedia sebelum masa tanam dimulai.

NEWS | 27 Mei 2022

Properti di Jaksel Ini Tawarkan Rumah Bernuansa Apartemen

Apartemen di Jakarta Selatan menawarkan solusi keinginan pencari properti mendapatkan tempat tinggal nyaman dengan lokasi strategis.

NEWS | 27 Mei 2022

Dinas Peternakan: 113 Ekor Sapi di Lampung Terpapar PMK

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lampung menyatakan, sebanyak 113 ekor sapi terindikasi terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK).

NEWS | 27 Mei 2022

Saleh Husin Kenang Buya Syafii Maarif Sosok yang Mengayomi

Saleh Husin mengenang sosok Syafii Maarif sebagai ulama besar yang sangat teduh dan mengayomi semua kalangan.

NEWS | 27 Mei 2022

Bulog Subang Jamin Stok Bahan Pangan Aman Jelang Iduladha

Bulog Cabang Subang dan Purwakarta memastikan bahan pangan kebutuhan masyarakat aman dan mencukupi menjelang momen Iduladha 2022.

NEWS | 27 Mei 2022

Sejumlah Tokoh Nasional Menghadiri Halalbihalal PIM

Perempuan Indonesia Maju (PIM) menggelar acara halalbihalal, di Grand Sahid Jaya, Rabu, (25/5/2022) dan dihadiri beberapa toloh nasional.

NEWS | 27 Mei 2022

Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster Tembus 45,034 Juta

Update vaksinasi Covid-19 dosis booster di Indonesia telah menyentuh angka 45,034 juta suntikan atau tepatnya 45.034.435.

NEWS | 27 Mei 2022

Syafii Maarif Wafat, Nadiem Sampaikan Belasungkawa

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim menyampaikan belasungkawa atas wafatnya anggota Dewan Pengarah BPIP Syafii Maarif.

NEWS | 27 Mei 2022

CIMB Niaga Finance Luncurkan CNAF Virtual Autoshow 2022

PT CIMB Niaga Auto Finance (CIMB Niaga Finance/CNAF) meluncurkan 3D Virtual Exhibition, CNAF Virtual Autoshow 2022, Jumat (27/5/2022).

NEWS | 27 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menlu: Putra Gubernur Ridwan Kamil Belum Ditemukan

Menlu: Putra Gubernur Ridwan Kamil Belum Ditemukan

NEWS | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings