Logo BeritaSatu

Penjabat PM Afghanistan Minta Pengakuan Diplomatik terhadap Taliban

Kamis, 20 Januari 2022 | 14:33 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Kabul, Beritasatu.com- Penjabat Perdana Menteri Afghanistan Mullah Hasan Akhund menyerukan kepada semua pemerintah, terutama negara-negara Muslim, untuk mulai mengakui pemerintahan Taliban.

“Saya meminta semua pemerintah, terutama negara-negara Islam, bahwa mereka harus memulai pengakuan,” kata Akhund seperti dikutip Reuters, pada Rabu (19/1/2022), dalam penampilan siaran publik besar pertamanya sejak ia mengambil peran pada bulan September.

Hingga kini, kekuatan asing enggan mengakui pemerintahan Taliban – yang mengambil alih Afghanistan pada Agustus. Sementara negara-negara Barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat telah membekukan aset perbankan Afghanistan senilai miliaran dolar dan memutus dana pembangunan yang pernah menjadi tulang punggung ekonomi Afghanistan.

Akhund dan pejabat pemerintahan Taliban lainnya mengajukan banding pada konferensi pers, yang juga dihadiri oleh pejabat PBB, untuk melonggarkan pembatasan uang ke negara Afghanistan, menyalahkan krisis ekonomi yang berkembang pada pembekuan dana.

“Bantuan jangka pendek bukanlah solusi; kita harus berusaha mencari cara untuk menyelesaikan masalah secara mendasar,” katanya.

Komunitas internasional telah meningkatkan bantuan kemanusiaan, yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan mendesak dan sebagian besar melewati jalur resmi.

Tetapi ketika Afghanistan menghadapi krisis uang tunai dan ekonomi yang memburuk selama musim dingin yang keras, jutaan orang jatuh ke dalam kemiskinan. Menurut badan kemanusiaan PBB, sekitar 22 juta orang yang berarti lebih dari setengah populasi negara itu, menghadapi kelaparan akut.

Perwakilan Khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk Afghanistan Deborah Lyons juga berbicara di acara tersebut, mengatakan krisis ekonomi Afghanistan adalah masalah serius yang perlu ditangani oleh semua negara.

“PBB sedang bekerja untuk merevitalisasi ekonomi Afghanistan dan secara mendasar mengatasi masalah ekonomi Afghanistan,” katanya.

Penjabat menteri luar negeri Afghanistan, Amir Khan Muttaqi, mengatakan pemerintah Taliban sedang mencari hubungan ekonomi dengan masyarakat internasional.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Heli AW-101, KPK Blokir Rekening PT Diratama Jaya Senilai Rp 139,4 M

Tim penyidik KPK memblokir rekening bank milik PT Diratama Jaya Mandiri senilai Rp 139,4 miliar terkait kasus dugaan korupsi proyek heli AW-101 di TNI AU. 

NEWS | 27 Mei 2022

Dukung Ganjil Genap, Nasdem: Transportasi Umum Dimaksimalkan

Nasdem DKI  mendukung kebijakan ganjil genap yang akan diperluas dan meminta agar transportasi umum lebih dimaksimalkan agar masyarakat tidak kesulitan.

NEWS | 27 Mei 2022

Megawati Menangis Dengar Kabar Buya Syafii Maarif Meninggal Dunia

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Keluarga Besar PDIP mengucapkan duka cita yang mendalam atas wafatnya Buya Syafii Maarif.

NEWS | 27 Mei 2022

Ini Kronologi Pencurian Besi Proyek Kereta Cepat di Bekasi

Kronologi pencurian batangan besi pada proyek kereta cepat Jakarta-Bandung terjadi pada Kamis (26/5/2022) pagi hari.

NEWS | 27 Mei 2022

Kasus DNA Pro, Kerugian Korban Mencapai Rp 551 Miliar

Polisi terus mengusut kasus dugaan penipuan investasi DNA Pro milik PT DNA Pro Akademia dengan kerugian total korban mencapai Rp 551 Miliar

NEWS | 27 Mei 2022

Istri Benny K Harman Polisikan Karyawan Restoran di Labuan Bajo

Istri anggota Komisi III DPR dari Demokrat, Benny K Harman, Maria Goreti Ernawati melaporkan balik karyawan Restaurant Mai Ceng'go

NEWS | 27 Mei 2022

Kasus DNA Pro, Bareskrim Tangkap 11 Tersangka dan 3 Orang Masih DPO

Bareskrim Polri menangkap 11 tersangka terkait kasus dugaan penipuan investasi melalui aplikasi robot trading DNA Pro milik PT DNA Pro Akademia.

NEWS | 27 Mei 2022

Buya Syafii Maarif Meninggal Dunia, Gus Yahya: NU Berduka

Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya mengungkapkan NU berduka atas meninggalnya mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Ahmad Syafii Maarif.

NEWS | 27 Mei 2022

Buya Syafii Maarif Meninggal, Kapolri: Kita Kehilangan Tokoh dan Bapak Bangsa

Kapolri Jenderal Listyo Sigit mengatakan, Buya Syafii maarif adalah sosok tokoh dan bapak bangsa yang selalu memberikan pesan-pesan positif kebangsaan.

NEWS | 27 Mei 2022

Satgas: Kasus Covid-19 Terkendali Usai Libur Lebaran

Kasus Covid-19 di Tanah Air hingga saat ini tetap terkendali usai libur panjang lebaran pada tahun 2022 ini.

NEWS | 27 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Besok, KBRI Swiss Sampaikan Update Pencarian Anak Ridwan Kamil

Besok, KBRI Swiss Sampaikan Update Pencarian Anak Ridwan Kamil

NEWS | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings