Logo BeritaSatu

Prancis Akan Longgarkan Pembatasan Covid Mulai 2 Februari

Jumat, 21 Januari 2022 | 12:31 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Paris, Beritasatu.com- Prancis akan memulai pencabutan pembatasan Covid-19 secara bertahap mulai 2 Februari di tengah tanda-tanda yang menggembirakan. Seperti dilaporkan Arab News, Kamis (20/1/2022), Perdana Menteri Jean Castex mengatakan varian Omicron sedang surut.

Meskipun pihak berwenang mencatat rekor 464.769 kasus harian baru pada Selasa (18/1), Castex mengatakan penerapan "izin vaksin" mulai Senin untuk memasuki restoran, bioskop dan tempat umum lainnya akan memungkinkan pelonggaran aturan ketat yang diberlakukan sejak Desember.

Pada langkah pertama, batas kapasitas penonton untuk ruang konser, pertandingan olahraga, dan acara lainnya yakni 2.000 orang di dalam ruangan, dan 5.000 di luar ruangan, akan berakhir mulai 2 Februari 2022.

Bekerja dari rumah juga tidak lagi wajib bagi karyawan yang memenuhi syarat, dan masker wajah tidak akan diperlukan di luar, Castex mengatakan pada konferensi pers bersama Menteri Kesehatan Olivier Veran.

“Kami sedikit lebih percaya diri untuk mengatakan bahwa kami dapat mengendurkan beberapa kendala ini dan membiarkan orang kembali hidup senormal mungkin,” kata Veran.

Sebelumnya, izin kesehatan juga dapat diperoleh dengan tes Covid negatif baru-baru ini. Kemungkinan pemerintah mengakhiri upayanya untuk meyakinkan lebih banyak orang untuk mendapatkan vaksin Covid. Castex mengatakan 93 persen orang dewasa Prancis sekarang memiliki setidaknya satu dosis.

“Sejak pengumuman kelulusan vaksin, satu juta orang Prancis telah divaksinasi. Itu bagus, tapi itu tidak cukup,” katanya, seraya menambahkan bahwa suntikan vaksin penguat akan diberikan kepada anak-anak berusia 12 hingga 17 tahun mulai Senin.

Pada tahap kedua, klub malam yang telah ditutup sejak Desember akan diizinkan untuk dibuka kembali pada 16 Februari, dan area berdiri akan kembali diizinkan untuk konser dan acara olahraga serta bar.

Makan dan minum akan kembali diizinkan di stadion, bioskop, dan transportasi umum pada tanggal tersebut.

Castex juga berharap dapat melonggarkan aturan masker wajah untuk anak-anak di sekolah setelah liburan musim dingin pada akhir Februari.

Sekitar 17.000 kelas saat ini ditutup di seluruh Prancis setelah siswa atau staf tertular virus, dan orang tua harus mendapatkan serangkaian tes untuk anak-anak yang terpapar sebelum mereka diizinkan kembali.

Varian Omicron yang sangat menular telah memicu lonjakan infeksi, tetapi jumlah pasien Covid dalam perawatan intensif telah turun sejak awal Januari, menjadi sekitar 3.850 orang saat ini.

“Kami telah melihat bahwa tingkat kejadian masih meningkat, tetapi kami juga tahu bahwa varian Omicron menghasilkan lebih sedikit kasus serius daripada varian Delta. Ada harapan gelombang Omicron bisa segera mencapai puncaknya,” kata juru bicara pemerintah Gabriel Attal pada Kamis pagi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Polisi Tak Percaya Pembunuhan Pria Bertato Ikan Mas Terkait Ilmu Kanuragan

Polda Metro Jaya masih mendalami motif-motif lainnya kasus pembunuhan pria bertato ikan mas di Bekasi yang disebut pelaku terkait ilmu kanuragan.

NEWS | 20 Mei 2022

Ova Emilia Terpilih sebagai Rektor UGM Periode 2022-2027

Ova Emilia terpilih Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) periode 2022-2027, setelah menyisihkan Bambang Agus Kironoto, dan Deendarlianto.

NEWS | 20 Mei 2022

Wakapolri Harap KBPP Polri Jaga Nama Baik Organisasi

Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono berharap Keluarga Besar Putra Putri (KBPP) Polri diharapkan untuk selalu menjaga nama baik organisasi.

NEWS | 20 Mei 2022

Terima KIP, Mahasiswa UMNU Kebumen Terima Kasih ke Puan

Ratusan Mahasiswa Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama (UMNU) Kebumen menyampaikan apresiasi dan berterima kasih kepada Ketua DPR Puan Maharani.

NEWS | 20 Mei 2022

Komisi VI DPR Minta Kejagung Tuntaskan Kasus Ekspor CPO

DPR meminta Kejaksaan Agung (Kejagung) dapat menuntaskan kasus ekspor crude palm oil (CPO) atau kasus minyak goreng.

NEWS | 20 Mei 2022

Kasus Cacar Monyet Pertama Terdeteksi di Australia

Australia pada hari Jumat (20/5/2022) melaporkan kasus cacar monyet pertamanya pada seorang pelancong yang baru saja kembali dari Inggris.

NEWS | 20 Mei 2022

Perkara Jiwasraya, Kejagung Sita Aset Tambang Heru Hidayat

Kejagung menyita aset berupa tambang seluas 5.350 hektare milik terpidana perkara korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero), Heru Hidayat

NEWS | 20 Mei 2022

Vaksin Merah Putih Segera Jalani Uji Klinik Fase 3

Vaksin Merah Putih yang dikembangkan Unair segera menjalani uji klinik fase 3 pada bulan Juni 2022 mendatang.

NEWS | 20 Mei 2022




TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Catat Ya! Ini 3 Proyek TOD Paling Populer di Jabodetabek

Catat Ya! Ini 3 Proyek TOD Paling Populer di Jabodetabek

EKONOMI | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings