Logo BeritaSatu

Taliban Gerebek Apartemen di Kabul, Aktivis Perempuan Ditangkap

Jumat, 21 Januari 2022 | 13:05 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Kabul, Beritasatu.com- Taliban menggerebek satu apartemen di Kabul, Afghanistan dan menangkap seorang aktivis hak-hak perempuan dan tiga saudara perempuannya. Seperti dilaporkan AP, Kamis (20/1/2022), Taliban tampaknya menyalahkan insiden itu pada demonstrasi perempuan baru-baru ini yang dianggap menghina nilai-nilai Afghanistan.

Aktivis perempuan bernama Tamana Zaryabi Paryani, termasuk di antara sekitar 25 wanita yang ambil bagian dalam protes anti-Taliban pada Minggu (16/1) terhadap kewajiban jilbab bagi wanita.

Seseorang dari kawasan tersebut yang menyaksikan penangkapan itu mengatakan sekitar 10 pria bersenjata, yang mengaku dari departemen intelijen Taliban, melakukan serangan pada Rabu (19/1) malam.

Sesaat sebelum dia dan saudara perempuannya dibawa pergi, rekaman Paryani diposting di media sosial, menunjukkan dia ketakutan dan terengah-engah dan berteriak minta tolong, mengatakan bahwa Taliban menggedor pintunya.

“Tolong tolong, Taliban telah datang ke rumah kami, hanya saudara perempuan saya yang ada di rumah. Saya tidak bisa membuka pintu. Mohon..Tolong! ”katanya dalam rekaman itu yang menampilkan latar tangisan wanita lain.

Rekaman Associated Press dari tempat kejadian pada hari Kamis menunjukkan pintu depan apartemen, terbuat dari logam dan dicat coklat kemerahan, penyok dan dibiarkan sedikit terbuka. Penghuni apartemen tetangga berlari ke dalam rumah mereka, tidak ingin berbicara dengan wartawan. Pintu keamanan luar dari bilah baja ditutup dan digembok, sehingga mustahil untuk memasuki apartemen Paryani.

Saksi mengatakan, penggerebekan terjadi sekitar pukul 20.00 waktu setempat. Orang-orang bersenjata naik ke lantai tiga kompleks apartemen Kabul di mana Paryani tinggal dan mulai menggedor pintu depan memerintahkan dia untuk membuka pintu.

Ketika Paryani menolak, aparat Taliban menendang pintu berulang kali sampai terbuka, kata saksi. “Mereka membawa pergi empat perempuan, semuanya saudara perempuan,” kata saksi, seraya menambahkan bahwa salah satu dari empat adalah Paryani, aktivis.

Saksi berbicara dengan syarat anonim, takut akan pembalasan Taliban.

Juru bicara polisi yang ditunjuk Taliban di Kabul, Jenderal Mobin Khan, mencuit bahwa unggahan video sosial Paryani adalah drama buatan.

Namun seorang juru bicara intelijen Taliban, Khalid Hamraz, tidak membenarkan atau menyangkal penangkapan itu. Hamraz hanya mengatakan menghina nilai-nilai agama dan nasional rakyat Afghanistan dapat tidak ditoleransi lagi.

Pernyataan Hamraz mengacu pada protes hari Minggu, saat para pengunjuk rasa tampak membakar burkak putih, pakaian tradisional wanita dari ujung kepala sampai ujung kaki yang hanya menyisakan celah jala untuk mata.

Hamraz menuduh aktivis hak perempuan memfitnah penguasa baru Taliban Afghanistan dan pasukan keamanan untuk mendapatkan suaka di Barat.

Sejak berkuasa pada pertengahan Agustus, Taliban telah memberlakukan pembatasan luas, banyak dari mereka ditujukan pada wanita. Perempuan telah dilarang dari banyak pekerjaan, di luar bidang kesehatan dan pendidikan, akses mereka ke pendidikan telah dibatasi di luar kelas enam dan perempuan telah diperintahkan untuk memakai jilbab. Taliban, bagaimanapun, berhenti memaksakan burkak, yang wajib ketika memerintah Afghanistan pada 1990-an.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

KPPPA Gandeng UGM Siapkan Aturan Pelaksana UU TPKS

Kementerian PPPA menggandeng UGM untuk menyiapkan aturan pelaksana Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS).  

NEWS | 18 Mei 2022

Penolakan Singapura Terhadap UAS, Begini Respons NU

Keputusan Singapura menolak kedatangan Ustaz Abdul Somad (UAS) atau not to land mendapatkan tanggapan dari NU.

NEWS | 18 Mei 2022

Airlangga Optimistis Koalisi Indonesia Bersatu Menang Pemilu

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto optimistis Koalisi Indonesia Bersatu akan memenangkan Pemilu 2024.

NEWS | 18 Mei 2022

Orang Tua dan Guru Harus Pantau Remaja Agar Tidak Kecanduan Gawai

Orang tua dan guru bimbingan dan konseling (BK) perlu berkolaborasi memantau risiko kecanduan gawai pada remaja termasuk saat pandemi Covid-19.

NEWS | 18 Mei 2022

Kepuasan Publik terhadap Jokowi Meningkat karena Mudik 2022

Kepuasan publik terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengalami peningkatan karena keberhasilan pemerintah dalam penyelenggaraan mudik Lebaran 2022.

NEWS | 18 Mei 2022

Survei SMRC: 76,7% Warga Puas dengan Kinerja Presiden Jokowi

Kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencapai 76,7 persen. Hal tersebut mengacu survei SMRC.

NEWS | 18 Mei 2022

Penghapusan Tes Covid-19 bagi Pelaku Perjalanan Adaptif

Tes Covid-19 bagi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) atau luar negeri (PPLN) bersifat adaptif atau menyesuaikan dengan situasi serta kondisi.

NEWS | 18 Mei 2022

Kerja Sama KSP dengan Pihak Lain Dilakukan Sesuai Ketentuan Hukum

Deputi V Kantor Staf Kepresidenan Jaleswari Pramodawardhani menegaskan, kerja sama KSP dengan pihak lain dilaksanakan sesuai ketentuan hukum.

NEWS | 18 Mei 2022

Pekan Ini, Masyarakat Terkoneksi Sapa Warga Bahas PMK Hewan

Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi kembali menggelar program Masyarakat Terkoneksi Sapa Warga dengan tema kewaspadaan terhadap PMK.

NEWS | 18 Mei 2022

Airlangga Bantah Isu Adanya Kudeta di Partai Golkar

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto membantah kabar adanya kudeta di Partai Golkar. Airlangga memastikan Golkar solid menghadapi Pemilu 2024.

NEWS | 18 Mei 2022


TAG POPULER

# Lin Che Wei


# UAS


# Cabul


# Atribut Keagamaan


# Tes Covid-19


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Eintracht Frankfurt Sukses Jadi Juara Liga Europa 2021/2022

Eintracht Frankfurt Sukses Jadi Juara Liga Europa 2021/2022

BOLA | 15 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings