Logo BeritaSatu

Berbincang via Telepon, Jokowi dan PM Kamboja Fokus Selesaikan Masalah Myanmar

Sabtu, 22 Januari 2022 | 18:02 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membicarakan masalah Myanmar saat berbincang via telepon dengan Perdana Menteri (PM) Kamboja, Hun Sen yang juga memegang keketuaan ASEAN 2022.

Dalam perbincangan itu, Presiden Jokowi menegaskan pendekatan ASEAN terhadap Myanmar harus didasarkan pada prinsip-prinsip yang telah disepakati bersama, utamanya lima poin konsensus. Jokowi menegaskan pentingnya implementasi lima butir konsensus ASEAN untuk menyelesaikan masalah Myanmar.

"Pelaksanaan five-point consensus seharusnya tidak digunakan untuk mendukung five-point roadmap-nya Tatmadaw. Jangan sampai dikaitkan karena dapat dinilai sebagai bentuk dukungan ASEAN ke militer Myanmar," kata Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Jumat (21/1/2022).

Presiden juga menyayangkan sikap militer Myanmar yang tidak menunjukkan komitmen untuk melaksanakan lima butir konsensus pada kesempatan kunjungan PM Hun Sen ke Myanmar. Bahkan, dua hari setelah kunjungan PM Hun Sen, Aung San Suu Kyi diberikan tambahan hukuman empat tahun.

"Dan juga kekerasan masih terus berlanjut di Myanmar. Hal tersebut merupakan gestur yang tidak baik dan justru tidak menghormati upaya PM Hun Sen untuk mendorong penyelesaian isu Myanmar," ujar Jokowi.

Selain itu, Presiden Jokowi menegaskan otoritas militer Myanmar harus memberikan akses terhadap Utusan Khusus Ketua ASEAN untuk dapat melakukan komunikasi segera dengan semua pihak di Myanmar. Komunikasi ini sangat penting untuk membuka jalan bagi sebuah dialog nasional yang inklusif.

"Akses kepada semua stakeholders sangat penting artinya. Komitmen mengenai pemberian akses ini juga sangat penting agar ada solusi politik yang disepakati dan diterima semua pihak. Saya khawatir, dengan pemberian label kepada NLD, NUG sebagai kelompok teroris, maka Utusan Khusus tidak akan diberikan akses bertemu mereka," jelas Jokowi.

Lebih jauh, Kepala Negara menegaskan Indonesia juga tetap konsisten bahwa selama tidak ada kemajuan signifikan pelaksanaan lima poin konsensus, maka keputusan Myanmar hanya diwakili oleh non-political level di pertemuan-pertemuan ASEAN penting untuk dipertahankan. Prinsip ini juga berlaku bagi rencana pelaksanaan retreat para menteri luar negeri (menlu) ASEAN dan juga untuk pertemuan-pertemuan lainnya.

Sementara itu, saat menanggapi usul PM Hun Sen tentang pembentukan Troika yang terdiri atas Menlu/Utusan Khusus Kamboja, Menlu Brunei dan Menlu Indonesia dan didukung Sekjen ASEAN untuk memonitor implementasi lima poin konsensus, Jokowi telah mencatatnya dan menyampaikan agar usulan tersebut dibahas lebih lanjut oleh para menteri luar negeri ASEAN.

Terakhir, Presiden Jokowi juga sepakat atas usulan pembentukan consultative meeting yang terdiri atas Utusan Khusus dan Sekjen ASEAN, AHA Center, otoritas Myanmar dan badan-badan PBB untuk mendukung penyaluran bantuan kemanusiaan tanpa diskriminasi.

"Saya sepakat dengan PM Hun Sen bahwa bantuan kemanusiaan harus diberikan tanpa diskriminasi," tegas Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

WN Latvia Lakukan Skimming, Polisi: Bank Rugi Rp 1,2 Miliar

Polisi berhasil meringkus warga negara Latvia, Eropa Utara, dengan inisial RM (46) terkait modus skimming hingga bank merugi Rp 1,2 miliar

NEWS | 20 Mei 2022

Biden Temui Yoon di Tengah Kekhawatiran tentang Korut

Presiden Joe Biden akan mendarat Korsel dan bertemu dengan Preside Yoon Suk-yeol di tengah kekhawatiran tentang respons Korut.

NEWS | 20 Mei 2022

Polda Metro Jaya Ringkus Pelaku Skimming WN Latvia

Ditreskrimum Polda Metro Jaya berhasil meringkus RM (46) seorang warga negara asing (WNA) yang berasal dari Latvia.

NEWS | 20 Mei 2022

Distribusikan Bantuan Bencana, PMI Gandeng Pos Indonesia

PMI menggandeng Pos Indonesia guna mendistribusikan bantuan bencana ke seluruh pelosok Tanah Air.

NEWS | 20 Mei 2022

Jokowi Terima Majelis Rakyat Papua dan Papua Barat di Istana Bogor

Presiden Jokowi menerima Majelis Rakyat Papua (MRP) dan Majelis Rakyat Papua Barat di Istana Bogor untuk membahas DOB Papua.

NEWS | 20 Mei 2022

Demo Buruh Besok, Polisi: Sudah Terima Surat Pemberitahuan

Polisi sudah menerima surat pemberitahuan terkait elemen buruh yang akan menyampaikan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR pada Sabtu (21/5/2022) besok.

NEWS | 20 Mei 2022

Polisi Sudah Terima Surat Pemberitahuan Demo Pendukung UAS

Polisi sudah menerima surat pemberitahuan demo yang akan dilakukan oleh kelompok Pertahanan Ideologi Sarekat Islam (Perisai) yang merupakan massa pendukung UAS

NEWS | 20 Mei 2022

Uni Eropa Dukung Indonesia Terapkan Penerbangan Ramah Lingkungan

Uni Eropa (UE) mendukung Indonesia dalam menerapkan penerbangan yang semakin ramah lingkungan dengan prosedur Navigasi Berbasis Kinerja.

NEWS | 20 Mei 2022

Hari Kebangkitan Nasional Beri Semangat Baru bagi KBPP Polri

Ketua Umum Keluarga Besar Putra-Putri Polri (KBPP) Evita Nursanty menilai Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) memberikan semangat baru untuk organisasinya.

NEWS | 20 Mei 2022

Tebet Eco Park, Tempat Nyaman untuk Berinteraksi dan Bermain

Tebet Eco Park merupakan ruang terbuka hijau yang nyaman dan luas di tengah di Jakarta untuk berinteraksi dan bermain

NEWS | 20 Mei 2022


TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Perkuat Digitalisasi Layanan Keuangan, Reliance Group Investasi di Digi Asia

Perkuat Digitalisasi Layanan Keuangan, Reliance Group Investasi di Digi Asia

EKONOMI | 18 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings