Logo BeritaSatu

AS Tolak Rencana untuk Perkuat WHO

Sabtu, 22 Januari 2022 | 21:16 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Brussels, Beritasatu.com- Amerika Serikat, donor utama Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), menolak proposal untuk membuat badan itu lebih independen. Seperti dilaporkan Reuters, Sabtu (22/1/2022), penolakan AS menimbulkan keraguan tentang dukungan jangka panjang pemerintahan Biden untuk badan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) itu.

Menurut empat pejabat yang terlibat dalam pembicaraan proposal dibuat oleh kelompok kerja WHO untuk pembiayaan berkelanjutan. Menurut dokumen WHO yang diterbitkan daring dan tertanggal 4 Januari, proposal akan meningkatkan kontribusi tahunan setiap negara anggota.

Rencana tersebut merupakan bagian dari proses reformasi yang lebih luas yang dipicu oleh pandemi Covid-19, yang menyoroti keterbatasan kekuatan WHO untuk campur tangan di awal krisis.

“Tetapi pemerintah AS menentang reformasi tersebut karena khawatir tentang kemampuan WHO untuk menghadapi ancaman di masa depan, termasuk dari Tiongkok,” kata pejabat AS kepada Reuters.

Alih-alih mendorong terciptanya dana terpisah, yang dikendalikan langsung oleh donor, yang akan membiayai pencegahan dan pengendalian keadaan darurat kesehatan.

Empat pejabat Eropa yang terlibat dalam pembicaraan itu, yang menolak disebutkan namanya karena mereka tidak berwenang berbicara kepada media, membenarkan pihak oposisi AS. Pemerintah AS tidak segera berkomentar.

“Proposal yang diterbitkan menyerukan kontribusi wajib negara-negara anggota untuk meningkat secara bertahap mulai tahun 2024 sehingga mereka akan mencapai setengah dari anggaran inti badan tersebut senilai US$ 2 miliar (Rp 28,6 triliun) pada tahun 2028, dibandingkan dengan kurang dari 20 persen sekarang,” bunyi dokumen itu.

Anggaran inti WHO ditujukan untuk memerangi pandemi Covid-19 dan memperkuat sistem perawatan kesehatan di seluruh dunia. WHO juga mengumpulkan tambahan US$ 1 miliar (Rp 14,3 triliun) atau lebih per tahun untuk mengatasi tantangan global tertentu seperti penyakit tropis dan influenza.

Pendukung mengatakan bahwa ketergantungan WHO saat ini pada pendanaan sukarela dari negara-negara anggota dan dari badan amal seperti Yayasan Bill dan Melinda Gates memaksa WHO untuk fokus pada prioritas yang ditetapkan oleh penyandang dana. Kondisi itu membuat WHO kurang dapat mengkritik anggota ketika ada yang salah.

Satu panel independen tentang pandemi yang ditunjuk untuk memberi nasihat tentang reformasi WHO telah menyerukan peningkatan yang jauh lebih besar dalam biaya wajib, menjadi 75 persen dari anggaran inti, menganggap sistem saat ini "risiko besar terhadap integritas dan independensi" WHO.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Waspada, Rob Berpotensi Terjadi di 9 Wilayah di Jakut

BPBD DKI meminta 9 wilayah di Jakut mewaspadai Rob setelah melihat kenaikan  tinggi muka air Pintu Air Pasar Ikan menjadi 252 sentimeter.

NEWS | 28 Mei 2022

Formula E Jakarta Gaet 7 Sponsor Dalam Negeri

Panitia penyelenggara Formula E Jakarta menggaet tujuh sponsor dalam negeri untuk mendukung pelaksanaan ajang balap mobil listrik di Ancol.

NEWS | 28 Mei 2022

Tangkal Hoax, Sekolah GPM Gelar Pelatihan Literasi Digital

Puluhan guru Sekolah Global Persada Mandiri (GPM) Kota Bekasi mengikuti pelatihan literasi digital untuk menangkal hoax.

NEWS | 28 Mei 2022

Warga Sambut Gowes Sehat Wali kota se-Indonesia di Bandar Lampung

Ratusan warga Bandar Lampung antuasias menyambut wali kota se-Indonesia yang mengikuti kegiatan gowes sehat dalam rangka HUT ke-22 Apeksi.

NEWS | 28 Mei 2022

Bima Arya Ajak 98 Wali Kota Bangkitkan Ekonomi dengan Produk Lokal

Ketua Apeksi yang juga Wali Kota Bogor Bima Arya mengajak 98 wali kota untuk berkolaborasi membangkitkan ekonomi tanah air dengan menggunakan produk lokal.

NEWS | 28 Mei 2022

Abhinaya Satya Lestari, Tema Hari Jadi Ke-540 Bogor

Pada 3 Juni 2022 nanti, Kota Bogor genap berusia 540 tahun. Peringatan Hari Jadi Kota Hujan tahun ini mengusung tema Abhinaya Satya Lestari.

NEWS | 28 Mei 2022

Khofifah Harap Koleksi Buku Buya Syafii Maarif Dihibahkan ke Ponpes

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap koleksi buku milik almarhum Buya Syafii Maarif dapat dihibahkan ke salah satu pondok pesantren.

NEWS | 28 Mei 2022

Sahabat Ganjar Depok Deklarasi Dukungan untuk Ganjar Pranowo

Relawan Sahabat Ganjar DPC Kota Depok memimpin deklarasi dukungan untuk pemenangan Ganjar Pranowo di Depok.

NEWS | 28 Mei 2022

Pencuri Besi Proyek Kereta Cepat di Bekasi Dibebaskan

Melalui restorative justice, pencuri besi di proyek kereta cepat Jakarta-Bandung di Bekasi dibebaskan pihak kepolisian. 

NEWS | 28 Mei 2022

Ketum IA-ITB: Teknologi Alat Utama Dongkrak Pemulihan Ekonomi

Ketum IA-ITB mengatakan teknologi merupakan salah satu alat utama untuk mendongkrak pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

NEWS | 28 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Real Madrid Juara, Carlo Ancelotti Torehkan Sejarah

Real Madrid Juara, Carlo Ancelotti Torehkan Sejarah

BOLA | 19 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings