Logo BeritaSatu

CDC: Vaksin Penguat Pfizer dan Moderna Efektif 90 Persen Lawan Omicron

Sabtu, 22 Januari 2022 | 22:35 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) menyatakan vaksin Covid-19 Pfizer dan Moderna mencapai efektif 90% melawan Omicron. Seperti Al Jazeera, Sabtu (22/1/2022), pernyataan itu diumumkan CDC setelah tiga studi baru.

Dosis vaksin penguat 90 persen efektif untuk mencegah orang keluar dari rumah sakit setelah mereka terinfeksi varian Omicron. Dosis tersebut juga 82% efektif untuk mencegah kunjungan gawat darurat dan perawatan darurat, menurut data.

“Ini benar-benar menunjukkan pentingnya mendapatkan dosis vaksin penguat. Orang Amerika harus mendapatkan booster jika setidaknya lima bulan telah berlalu sejak mereka menyelesaikan seri Pfizer atau Moderna mereka, tetapi jutaan orang yang memenuhi syarat belum mendapatkannya,” kata Emma Accorsi dari CDC, salah satu penulis studi tersebut, Jumat.

Pejabat kesehatan mengatakn penelitian tersebut merupakan studi besar pertama di AS yang melihat perlindungan vaksin terhadap Omicron.

Makalah-makalah tersebut menggemakan penelitian sebelumnya – termasuk penelitian di Jerman, Afrika Selatan, dan Inggris – yang menunjukkan bahwa vaksin yang tersedia kurang efektif melawan Omicron daripada versi virus corona sebelumnya, tetapi juga bahwa dosis vaksin penguat meningkatkan antibodi penangkal virus untuk meningkatkan kemungkinan menghindari infeksi simtomatik.

Studi pertama mengamati rawat inap dan ruang gawat darurat dan kunjungan pusat perawatan darurat di 10 negara bagian, dari Agustus hingga bulan ini.

Ditemukan efektivitas vaksin yang terbaik setelah tiga dosis vaksin Pfizer atau Moderna dalam mencegah departemen darurat terkait Covid-19 dan kunjungan perawatan darurat.

Perlindungan turun dari 94 persen selama gelombang Delta menjadi 82 persen selama gelombang Omicron. Perlindungan dari hanya dua dosis lebih rendah, terutama jika enam bulan telah berlalu sejak dosis kedua.

Para pejabat telah menekankan tujuan mencegah tidak hanya infeksi tetapi penyakit parah. Studi kedua berfokus pada kasus Covid-19 dan tingkat kematian di 25 negara bagian dari awal April hingga akhir Desember.

Orang yang dikuatkan memiliki perlindungan tertinggi terhadap infeksi virus corona, baik pada saat Delta dominan dan juga saat Omicron mengambil alih.

Kedua artikel tersebut diterbitkan daring oleh Centers for Disease Control and Prevention.

Journal of American Medical Association menerbitkan studi ketiga, yang juga dipimpin oleh para peneliti CDC. Studi menemukan orang-orang yang dites positif Covid-19 dari 10 Desember hingga 1 Januari di lebih dari 4.600 situs pengujian di seluruh AS.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

WN Latvia Lakukan Skimming, Polisi: Bank Rugi Rp 1,2 Miliar

Polisi berhasil meringkus warga negara Latvia, Eropa Utara, dengan inisial RM (46) terkait modus skimming hingga bank merugi Rp 1,2 miliar

NEWS | 20 Mei 2022

Biden Temui Yoon di Tengah Kekhawatiran tentang Korut

Presiden Joe Biden akan mendarat Korsel dan bertemu dengan Preside Yoon Suk-yeol di tengah kekhawatiran tentang respons Korut.

NEWS | 20 Mei 2022

Polda Metro Jaya Ringkus Pelaku Skimming WN Latvia

Ditreskrimum Polda Metro Jaya berhasil meringkus RM (46) seorang warga negara asing (WNA) yang berasal dari Latvia.

NEWS | 20 Mei 2022

Distribusikan Bantuan Bencana, PMI Gandeng Pos Indonesia

PMI menggandeng Pos Indonesia guna mendistribusikan bantuan bencana ke seluruh pelosok Tanah Air.

NEWS | 20 Mei 2022

Jokowi Terima Majelis Rakyat Papua dan Papua Barat di Istana Bogor

Presiden Jokowi menerima Majelis Rakyat Papua (MRP) dan Majelis Rakyat Papua Barat di Istana Bogor untuk membahas DOB Papua.

NEWS | 20 Mei 2022

Demo Buruh Besok, Polisi: Sudah Terima Surat Pemberitahuan

Polisi sudah menerima surat pemberitahuan terkait elemen buruh yang akan menyampaikan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR pada Sabtu (21/5/2022) besok.

NEWS | 20 Mei 2022

Polisi Sudah Terima Surat Pemberitahuan Demo Pendukung UAS

Polisi sudah menerima surat pemberitahuan demo yang akan dilakukan oleh kelompok Pertahanan Ideologi Sarekat Islam (Perisai) yang merupakan massa pendukung UAS

NEWS | 20 Mei 2022

Uni Eropa Dukung Indonesia Terapkan Penerbangan Ramah Lingkungan

Uni Eropa (UE) mendukung Indonesia dalam menerapkan penerbangan yang semakin ramah lingkungan dengan prosedur Navigasi Berbasis Kinerja.

NEWS | 20 Mei 2022

Hari Kebangkitan Nasional Beri Semangat Baru bagi KBPP Polri

Ketua Umum Keluarga Besar Putra-Putri Polri (KBPP) Evita Nursanty menilai Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) memberikan semangat baru untuk organisasinya.

NEWS | 20 Mei 2022

Tebet Eco Park, Tempat Nyaman untuk Berinteraksi dan Bermain

Tebet Eco Park merupakan ruang terbuka hijau yang nyaman dan luas di tengah di Jakarta untuk berinteraksi dan bermain

NEWS | 20 Mei 2022


TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Viral Perampokan Bersenpi Tewaskan 3 Orang di Kalideres, Polisi: Hoax

Viral Perampokan Bersenpi Tewaskan 3 Orang di Kalideres, Polisi: Hoax

NEWS | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings