Logo BeritaSatu

Ketegangan Meningkat, AS Tarik Pulang Semua Diplomat di Ukraina

Senin, 24 Januari 2022 | 11:58 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) pada Minggu (23/1/2022) memanggil pulang semua personel Amerika di Kedutaan Besar Ukraina. Seperti dilaporkan AP, ketegangan semakin meningkat di tengah kekhawatiran rencana invasi Rusia.

Deplu AS memberi tahu tanggungan staf di Kedutaan Besar AS di Kiev bahwa mereka harus meninggalkan negara itu. Dikatakan juga, staf kedutaan yang tidak penting dapat meninggalkan Ukraina dengan biaya pemerintah.

Langkah itu dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan tentang penumpukan militer Rusia di perbatasan Ukraina yang tidak mereda selama pembicaraan Jumat antara Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov di Jenewa.

Pejabat Departemen Luar Negeri menekankan kedutaan Kiev akan tetap buka dan pengumuman itu bukan merupakan evakuasi. Langkah tersebut telah dipertimbangkan untuk beberapa waktu dan tidak mencerminkan berkurangnya dukungan AS untuk Ukraina.

Deplu AS mencatat laporan baru-baru ini bahwa Rusia sedang merencanakan aksi militer yang signifikan terhadap Ukraina. Namun, Kementerian Luar Negeri Rusia balik menuduh negara-negara NATO meningkatkan ketegangan di sekitar Ukraina dengan disinformasi.

“Kondisi keamanan, khususnya di sepanjang perbatasan Ukraina, di Krimea yang diduduki Rusia, dan di Ukraina timur yang dikuasai Rusia, tidak dapat diprediksi dan dapat memburuk dengan sedikit pemberitahuan. Demonstrasi, yang terkadang berubah menjadi kekerasan, secara teratur terjadi di seluruh Ukraina, termasuk di Kyiv,” tambah Deplu AS.

Penasihat perjalanan departemen, yang telah memperingatkan agar tidak bepergian ke Ukraina karena Covid-19 serta ketegangan di Rusia, diubah pada hari Minggu untuk membawa peringatan yang lebih kuat.

“Jangan bepergian ke Ukraina karena meningkatnya ancaman aksi militer Rusia dan Covid-19. Latihan meningkatkan kehati-hatian di Ukraina karena kejahatan dan kerusuhan sipil. Beberapa area memiliki peningkatan risiko,”saran departemen itu.

Deplu AS tidak akan menyatakan berapa banyak orang Amerika yang diyakini saat ini berada di Ukraina. Warga negara AS tidak diharuskan mendaftar ke kedutaan ketika mereka tiba atau berencana untuk tinggal di luar negeri untuk waktu yang lama.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Survei SMRC: 76,7% Warga Puas dengan Kinerja Presiden Jokowi

Kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencapai 76,7 persen. Hal tersebut mengacu survei SMRC.

NEWS | 18 Mei 2022

Penghapusan Tes Covid-19 bagi Pelaku Perjalanan Adaptif

Tes Covid-19 bagi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) atau luar negeri (PPLN) bersifat adaptif atau menyesuaikan dengan situasi serta kondisi.

NEWS | 18 Mei 2022

Kerja Sama KSP dengan Pihak Lain Dilakukan Sesuai Ketentuan Hukum

Deputi V Kantor Staf Kepresidenan Jaleswari Pramodawardhani menegaskan, kerja sama KSP dengan pihak lain dilaksanakan sesuai ketentuan hukum.

NEWS | 18 Mei 2022

Pekan Ini, Masyarakat Terkoneksi Sapa Warga Bahas PMK Hewan

Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi kembali menggelar program Masyarakat Terkoneksi Sapa Warga dengan tema kewaspadaan terhadap PMK.

NEWS | 18 Mei 2022

Airlangga Bantah Isu Adanya Kudeta di Partai Golkar

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto membantah kabar adanya kudeta di Partai Golkar. Airlangga memastikan Golkar solid menghadapi Pemilu 2024.

NEWS | 18 Mei 2022

Devanda Minta Dukungan 5 Program Strategis Nasional KNPI

Ketua Harian DPP KNPI Devanda Aditya menyatakan dukungannya bagi seluruh jajaran untuk melaksanakan lima program strategis nasional yang digaungkan MPI KNPI.

NEWS | 18 Mei 2022

Wali Kota Malang Ajak Guru Sukseskan Program Merdeka Belajar

Wali Kota Malang Sutiaji mengajak seluruh guru di Kota Malang turut menyukseskan dan menjalankan program Merdeka Belajar di sekolahnya masing-masing.

NEWS | 18 Mei 2022

Satgas Covid-19: Kebijakan PPKM Akan Terus Diberlakukan

Kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) akan tetap diberlakukan hingga pandemi Covid-19 dapat dikendalikan.

NEWS | 18 Mei 2022

Airlangga: Koalisi Indonesia Bersatu Sesuai Harapan Presiden Jokowi

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dibentuk Golkar, PAN, dan PPP sesuai dengan harapan Presiden Jokowi.

NEWS | 18 Mei 2022

2 Mobil Tertimpa Pohon Akibat Hujan Disertai Angin Kencang

Dua unit mobil tertimpa pohon tumbang akibat hujan disertai angin kencang di wilayah Larangan Kota Tangerang, Rabu sore.

NEWS | 18 Mei 2022


TAG POPULER

# Lin Che Wei


# UAS


# Cabul


# Atribut Keagamaan


# Tes Covid-19


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Survei SMRC: 76,7% Warga Puas dengan Kinerja Presiden Jokowi

Survei SMRC: 76,7% Warga Puas dengan Kinerja Presiden Jokowi

NEWS | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings