Logo BeritaSatu

Oposisi Iran Klaim Hampir 500.000 Kasus Kematian Akibat Covid-19

Rabu, 26 Januari 2022 | 22:11 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Teheran, Beritasatu.com- Kelompok oposisi Iran, Organisasi Mujahidin Rakyat Iran mengklaim 499.800 telah meninggal di negara itu akibat Covid-19. Seperti dilaporkan Arab News, Selasa (25/1/2022), angka resmi Iran menunjukkan hanya 132.274 kasus kematian terkait virus corona, dan masih tertinggi di kawasan Timur Tengah.

Di provinsi yang paling parah dilanda, Teheran saja, PMOI menyatakan 116.735 orang telah kehilangan nyawa karena Covid-19.

Bahkan menurut angka resmi, Iran adalah negara yang paling parah dilanda di Timur Tengah, dengan kematian dan rawat inap jauh melebihi tetangganya. Itu juga negara pertama di wilayah di mana virus itu terdeteksi.

Sumber resmi telah melaporkan bahwa Iran saat ini mengalami gelombang kelima Covid-19, dengan meningkatnya jumlah kasus yang dikaitkan dengan varian Omicron yang sangat menular.

Pada Senin, menurut kantor berita semi-resmi ISNA, sekretaris komite epidemiologi Iran mengatakan: “Jika kami menerapkan kembali semua pembatasan hari ini, dan jika orang sepenuhnya mematuhi peraturan ini, jumlah pasien kami masih akan mencapai lima angka. Lebih dari 50 persen kasus virus corona adalah Omicron.”

“Omicron telah menjadi varian utama di provinsi (Isfahan). Selama sepekan terakhir jumlah kasus terkonfirmasi positif virus corona mencapai lebih dari 1.500 kasus,” timpal juru bicara Universitas Ilmu Kedokteran Isfahan.

Pada Senin, ISNA melaporkan bahwa dekan Universitas Ilmu Kedokteran Kerman memperkirakan Omicron melonjak dalam waktu yang tidak terlalu lama.

“Jumlah kasus positif virus corona meningkat dari 30 persen menjadi 50 persen. Oleh karena itu, bel alarm telah berbunyi,” katanya.

Wabah Covid-19 Iran telah disalahkan di beberapa tempat pada ketidakmampuan rezim dan Teheran memprioritaskan ideologi daripada respons yang efektif.

Tahun lalu, Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei melarang impor vaksin Covid-19 buatan Inggris dan Amerika, secara signifikan menghambat upaya vaksinasi negara itu dan, kata para kritikus, menyebabkan lebih banyak kematian.

Pada Agustus, Mohammed-Reza Zafarghandi, ketua Dewan Medis lisensi dan peraturan non-pemerintah Iran, mengkritik larangan vaksin Covid-19.

“Kematian telah turun secara signifikan di negara-negara di mana mereka memvaksinasi populasi tanpa batasan dan pengaturan (politik) perbatasan. Apakah mereka masih mengatakan impor vaksin harus dibatasi hari ini?" tanyanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

KPPPA Gandeng UGM Siapkan Aturan Pelaksana UU TPKS

Kementerian PPPA menggandeng UGM untuk menyiapkan aturan pelaksana Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS).  

NEWS | 18 Mei 2022

Penolakan Singapura Terhadap UAS, Begini Respons NU

Keputusan Singapura menolak kedatangan Ustaz Abdul Somad (UAS) atau not to land mendapatkan tanggapan dari NU.

NEWS | 18 Mei 2022

Airlangga Optimistis Koalisi Indonesia Bersatu Menang Pemilu

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto optimistis Koalisi Indonesia Bersatu akan memenangkan Pemilu 2024.

NEWS | 18 Mei 2022

Orang Tua dan Guru Harus Pantau Remaja Agar Tidak Kecanduan Gawai

Orang tua dan guru bimbingan dan konseling (BK) perlu berkolaborasi memantau risiko kecanduan gawai pada remaja termasuk saat pandemi Covid-19.

NEWS | 18 Mei 2022

Kepuasan Publik terhadap Jokowi Meningkat karena Mudik 2022

Kepuasan publik terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengalami peningkatan karena keberhasilan pemerintah dalam penyelenggaraan mudik Lebaran 2022.

NEWS | 18 Mei 2022

Survei SMRC: 76,7% Warga Puas dengan Kinerja Presiden Jokowi

Kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencapai 76,7 persen. Hal tersebut mengacu survei SMRC.

NEWS | 18 Mei 2022

Penghapusan Tes Covid-19 bagi Pelaku Perjalanan Adaptif

Tes Covid-19 bagi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) atau luar negeri (PPLN) bersifat adaptif atau menyesuaikan dengan situasi serta kondisi.

NEWS | 18 Mei 2022

Kerja Sama KSP dengan Pihak Lain Dilakukan Sesuai Ketentuan Hukum

Deputi V Kantor Staf Kepresidenan Jaleswari Pramodawardhani menegaskan, kerja sama KSP dengan pihak lain dilaksanakan sesuai ketentuan hukum.

NEWS | 18 Mei 2022

Pekan Ini, Masyarakat Terkoneksi Sapa Warga Bahas PMK Hewan

Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi kembali menggelar program Masyarakat Terkoneksi Sapa Warga dengan tema kewaspadaan terhadap PMK.

NEWS | 18 Mei 2022

Airlangga Bantah Isu Adanya Kudeta di Partai Golkar

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto membantah kabar adanya kudeta di Partai Golkar. Airlangga memastikan Golkar solid menghadapi Pemilu 2024.

NEWS | 18 Mei 2022


TAG POPULER

# Lin Che Wei


# UAS


# Cabul


# Atribut Keagamaan


# Tes Covid-19


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kemenkominfo Percepat Pembangunan Infrastruktur Digital

Kemenkominfo Percepat Pembangunan Infrastruktur Digital

EKONOMI | 30 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings