Logo BeritaSatu

AS Sudah Kirim 400 Juta Dosis Vaksin Covid-19 ke 112 Negara

Kamis, 27 Januari 2022 | 22:07 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Amerika Serikat (AS) telah mengirim 400 juta dosis vaksin Covid-19 sebagai bagian dari janji sebelumnya untuk menyumbangkan sekitar 1,2 miliar dosis ke 112 negara berpenghasilan rendah.

Seperti dilaporkan Reuters, Kamis (27/1/2022), klaim jumlah pengiriman itu disampaikan Gedung Putih. Paket pengiriman terbaru termasuk 3,2 juta dosis vaksin Pfizer Inc dan BioNTech SE ke Bangladesh dan 4,7 juta dosis ke Pakistan.

“Hari ini, kami akan mencapai tonggak penting dalam upaya global kami: 400 juta dosis vaksin dikirim ke 112 negara gratis, tanpa pamrih,” kata Koordinator Covid-19 Gedung Putih Jeff Zients kepada wartawan pada briefing.

Pemerintahan Biden sebelumnya telah berjanji untuk menyumbangkan 500 juta dosis tahap kedua untuk program berbagi vaksin global Covax. Sumbangan itu meningkatkan total janji AS menjadi sekitar 1,2 miliar dosis vaksin Covid-19, dengan paket terbaru diperkirakan akan mulai dikirimkan bulan ini.

Pakar kesehatan global mengatakan setidaknya 5 miliar hingga 6 miliar dosis dibutuhkan oleh negara-negara miskin untuk membantu melindungi rakyatnya dari virus corona di tengah pandemi yang sedang berlangsung.

Secara keseluruhan Covax, yang didukung oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Aliansi Global untuk Vaksin dan Imunisasi, telah mengirimkan lebih dari satu miliar dosis ke 144 negara dan bertujuan untuk mencapai 70 persen cakupan imunisasi Covid-19 pada pertengahan 2022.

Pakar kesehatan telah mengkritik negara-negara kaya karena tidak berbuat cukup untuk membuat vaksin Covid-19 lebih mudah diakses, khususnya Amerika Serikat yang mendorong vaksin penguat untuk orang Amerika yang divaksinasi penuh sementara sebagian besar populasi dunia menunggu dosis pertama.

Para ahli dan pemimpin dari negara berkembang juga telah memperingatkan bahwa penimbunan vaksin oleh negara-negara kaya dapat menyebabkan munculnya varian virus corona baru.

Pada Rabu, Gedung Putih membela upayanya pengiriman vaksin dengan menyatakan telah mengirimkan lebih banyak dosis gratis daripada negara lain mana pun.

"Tempatkan kepemimpinan Amerika dalam perspektif. Kami telah mengirimkan dosis gratis empat kali lebih banyak ke dunia daripada negara lain mana pun," kata Zients kepada wartawan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ova Emilia Terpilih sebagai Rektor UGM Periode 2022-2027

Ova Emilia terpilih Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) periode 2022-2027, setelah menyisihkan Bambang Agus Kironoto, dan Deendarlianto.

NEWS | 20 Mei 2022

Wakapolri Harap KBPP Polri Jaga Nama Baik Organisasi

Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono berharap Keluarga Besar Putra Putri (KBPP) Polri diharapkan untuk selalu menjaga nama baik organisasi.

NEWS | 20 Mei 2022

Terima KIP, Mahasiswa UMNU Kebumen Terima Kasih ke Puan

Ratusan Mahasiswa Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama (UMNU) Kebumen menyampaikan apresiasi dan berterima kasih kepada Ketua DPR Puan Maharani.

NEWS | 20 Mei 2022

Komisi VI DPR Minta Kejagung Tuntaskan Kasus Ekspor CPO

DPR meminta Kejaksaan Agung (Kejagung) dapat menuntaskan kasus ekspor crude palm oil (CPO) atau kasus minyak goreng.

NEWS | 20 Mei 2022

Kasus Cacar Monyet Pertama Terdeteksi di Australia

Australia pada hari Jumat (20/5/2022) melaporkan kasus cacar monyet pertamanya pada seorang pelancong yang baru saja kembali dari Inggris.

NEWS | 20 Mei 2022

Perkara Jiwasraya, Kejagung Sita Aset Tambang Heru Hidayat

Kejagung menyita aset berupa tambang seluas 5.350 hektare milik terpidana perkara korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero), Heru Hidayat

NEWS | 20 Mei 2022

Vaksin Merah Putih Segera Jalani Uji Klinik Fase 3

Vaksin Merah Putih yang dikembangkan Unair segera menjalani uji klinik fase 3 pada bulan Juni 2022 mendatang.

NEWS | 20 Mei 2022





TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pengelolaan Arsip BP Jamsostek Raih Penghargaan ANRI

Pengelolaan Arsip BP Jamsostek Raih Penghargaan ANRI

EKONOMI | 19 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings