Logo BeritaSatu

Spanyol Selamatkan 319 Migran dari Laut

Kamis, 27 Januari 2022 | 22:38 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Madrid, Beritasatu.com- Layanan darurat di Kepulauan Canary, Spanyol menyatakan 319 orang migran, termasuk 59 wanita dan 24 anak-anak. Seperti dilaporkan AP, Rabu (26/1/2022), para migran diselamatkan dari tujuh perahu berbeda yang mencoba mencapai kepulauan di Samudra Atlantik. Sementara para aktivis mengatakan sedikitnya 18 migran telah tewas.

“Kapal penyelamat Spanyol mencapai kapal di lokasi yang berbeda Selasa malam dan Rabu pagi. Penyelamat tidak menemukan mayat di atau di dekat kapal,” kata juru bicara Maritime Rescue Service kepada The Associated Press.

Walking Borders, satu organisasi non-pemerintah yang bekerja dengan para migran di wilayah yang sering dihubungi oleh orang-orang yang kesusahan atau kerabat mereka, mengatakan sedikitnya 18 orang yang bepergian dengan salah satu kapal tewas.

“Alat penyelamatan terlambat diaktifkan, meskipun memiliki lokasi kapal,” tulis Helena Maleno, pendiri LSM itu dalam satu cuitan.

Juru bicara layanan penyelamatan maritim, yang tidak disebutkan namanya dalam laporan media, mengatakan dalam salah satu operasi Selasa malam, penyelamat menemukan sembilan orang berpegangan pada perahu terbalik 45 mil laut dari pulau Lanzarote, tetapi tidak ada mayat atau orang yang terpaut ditemukan. Dia mengatakan kapal penyelamat harus segera melakukan panggilan darurat lainnya.

Layanan darurat kepulauan itu, 112, menyatakan bahwa sembilan orang dewasa dan satu bayi di antara 319 orang yang selamat dipindahkan ke fasilitas kesehatan setempat di Lanzarote dan Gran Canaria, pulau terdekat lainnya.

Sebagian besar migran yang diselamatkan diyakini berasal dari Afrika utara dan tengah, yang pada titik terdekat hanya berjarak 100 kilometer sebelah timur pulau-pulau Spanyol.

Penyelamatan migran, kedatangan kapal dan tragedi yang melibatkan tenggelam atau dehidrasi di laut hampir konstan di rute migrasi berbahaya yang disukai oleh banyak orang Afrika yang melarikan diri dari kekerasan atau kemiskinan.

Angka resmi menunjukkan bahwa lebih dari 22.000 migran tiba di Kepulauan Canary tahun 2021, kira-kira setengah dari total kedatangan melalui laut yang dicatat oleh Spanyol.

Menurut Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM), setidaknya 384 meninggal pada tahun 2021 mencoba di rute Mediterania Barat ke daratan Spanyol atau pulau-pulaunya.

Walking Borders mengatakan karena perahu sering tidak ditemukan dan mayat tidak pernah diambil, perkiraan yang lebih akurat adalah 4.404 kasus kematian pada tahun 2021. Lembaga mengumpulkan kesaksian dari para penyintas dan kerabat korban.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

KPPPA Gandeng UGM Siapkan Aturan Pelaksana UU TPKS

Kementerian PPPA menggandeng UGM untuk menyiapkan aturan pelaksana Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS).  

NEWS | 18 Mei 2022

Penolakan Singapura Terhadap UAS, Begini Respons NU

Keputusan Singapura menolak kedatangan Ustaz Abdul Somad (UAS) atau not to land mendapatkan tanggapan dari NU.

NEWS | 18 Mei 2022

Airlangga Optimistis Koalisi Indonesia Bersatu Menang Pemilu

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto optimistis Koalisi Indonesia Bersatu akan memenangkan Pemilu 2024.

NEWS | 18 Mei 2022

Orang Tua dan Guru Harus Pantau Remaja Agar Tidak Kecanduan Gawai

Orang tua dan guru bimbingan dan konseling (BK) perlu berkolaborasi memantau risiko kecanduan gawai pada remaja termasuk saat pandemi Covid-19.

NEWS | 18 Mei 2022

Kepuasan Publik terhadap Jokowi Meningkat karena Mudik 2022

Kepuasan publik terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengalami peningkatan karena keberhasilan pemerintah dalam penyelenggaraan mudik Lebaran 2022.

NEWS | 18 Mei 2022

Survei SMRC: 76,7% Warga Puas dengan Kinerja Presiden Jokowi

Kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencapai 76,7 persen. Hal tersebut mengacu survei SMRC.

NEWS | 18 Mei 2022

Penghapusan Tes Covid-19 bagi Pelaku Perjalanan Adaptif

Tes Covid-19 bagi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) atau luar negeri (PPLN) bersifat adaptif atau menyesuaikan dengan situasi serta kondisi.

NEWS | 18 Mei 2022

Kerja Sama KSP dengan Pihak Lain Dilakukan Sesuai Ketentuan Hukum

Deputi V Kantor Staf Kepresidenan Jaleswari Pramodawardhani menegaskan, kerja sama KSP dengan pihak lain dilaksanakan sesuai ketentuan hukum.

NEWS | 18 Mei 2022

Pekan Ini, Masyarakat Terkoneksi Sapa Warga Bahas PMK Hewan

Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi kembali menggelar program Masyarakat Terkoneksi Sapa Warga dengan tema kewaspadaan terhadap PMK.

NEWS | 18 Mei 2022

Airlangga Bantah Isu Adanya Kudeta di Partai Golkar

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto membantah kabar adanya kudeta di Partai Golkar. Airlangga memastikan Golkar solid menghadapi Pemilu 2024.

NEWS | 18 Mei 2022


TAG POPULER

# Lin Che Wei


# UAS


# Cabul


# Atribut Keagamaan


# Tes Covid-19


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Metaverse Berkembang, Menkominfo: Indonesia Tak Ketinggalan

Metaverse Berkembang, Menkominfo: Indonesia Tak Ketinggalan

EKONOMI | 19 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings