Logo BeritaSatu

NATO Perkirakan 40.000 Tentara Rusia Tewas, Terluka, Ditangkap, atau Hilang

Kamis, 24 Maret 2022 | 08:36 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Brussels, Beritasatu.com- NATO memperkirakan bahwa hingga 40.000 tentara Rusia telah terbunuh, terluka, ditangkap atau hilang selama bulan pertama perang Kremlin. Seperti dilaporkan NBC News, Rabu (23/3/2022), data itu disampaikan seorang pejabat aliansi kepada NBC News yang berbicara dengan syarat anonim saat berbagi penilaian intelijen terbaru NATO tentang perang di Ukraina.

Dari jumlah 40.000 personel, antara 7.000 dan 15.000 tentara Rusia tewas, menurut pejabat itu, yang berbicara dengan syarat anonim. Pentagon sebelumnya telah membantah mengonfirmasi perkiraan yang dilaporkan tentang jumlah pasukan Rusia yang telah dipindahkan dari pertempuran.

Pejabat Rusia sebelumnya menolak untuk mengungkapkan secara terbuka berapa banyak tentara mereka yang tewas saat berperang di Ukraina. Pada Selasa (22/3), juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan pengungkapan angka-angka tersebut adalah "hak prerogatif eksklusif" Kementerian Pertahanan Rusia.

“Mengenai jumlah, kami sepakat dari awal bahwa kami tidak memiliki wewenang untuk menyuarakan data saat operasi militer khusus,” kata Peskov yang menolak untuk menjelaskan lebih lanjut.

Pentagon sebelumnya telah membantah mengonfirmasi perkiraan yang dilaporkan tentang jumlah pasukan Rusia yang telah terbunuh atau dipindahkan dari medan perang.

Seorang pejabat senior Pertahanan Amerika Serikat (AS) mengatakan kepada wartawan pada panggilan konferensi pada Rabu (23/3) bahwa masih sulit bagi Pentagon untuk memberikan perkiraan korban karena Amerika Serikat tidak memiliki pasukan di lapangan di Ukraina.

“Saya tidak akan mengkarakterisasi kisaran apa yang kami lihat karena mereka sangat luas dan kami terus memiliki kepercayaan yang rendah pada perkiraan tersebut karena kami tidak berada di lapangan dan tidak dapat melihat Anda tahu. apa yang sebenarnya terjadi dari hari ke hari,” kata pejabat itu, yang menolak disebutkan namanya untuk berbagi rincian dari laporan intelijen AS.

Pejabat itu mengatakan pasukan Rusia semakin dilanda masalah logistik dan komando dan kontrol serta masalah moral.

"Kami menemukan indikasi bahwa beberapa tentara benar-benar menderita dan dikeluarkan dari pertempuran karena radang dingin," kata pejabat itu.

Dalam contoh lain, pejabat itu mengatakan moral dalam beberapa kasus sangat rendah di antara pasukan Rusia sehingga tentara meninggalkan kendaraan lapis baja mereka dan berjalan ke hutan.

Awal bulan ini, komunitas intelijen AS menilai bahwa hingga 4.000 tentara Rusia telah tewas dalam perang dua minggu Kremlin di Ukraina.

Data itu, yang dibagikan saat dengar pendapat 8 Maret yang tidak dirahasiakan dengan anggota parlemen, dipresentasikan oleh Letnan Jenderal Scott Berrier, direktur Badan Intelijen Pertahanan.

“Dengan kepercayaan diri yang rendah, antara 2.000 dan 4.000 personel. Jumlah itu berasal dari beberapa sumber intelijen tetapi juga sumber terbuka," kata Berrier selama kesaksian di depan sidang Komite Intelijen DPR tentang "Ancaman Seluruh Dunia."

Sebelumnya Rabu, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan aliansi itu akan menyetujui "peningkatan besar" pasukannya.

Stoltenberg mengatakan NATO kemungkinan akan meningkatkan pasukan di sepanjang sisi timurnya. NATO mengerahkan empat kelompok pertempuran baru di Bulgaria, Hongaria, Rumania, dan Slovakia.

“Saya berharap para pemimpin akan setuju untuk memperkuat postur NATO di semua domain, dengan peningkatan besar di bagian timur aliansi di darat, di udara dan di laut,” kata Stoltenberg dalam konferensi pers menjelang KTT para pemimpin NATO di Brussels.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hari Ini, Gubernur Wajib Umumkan Kenaikan UMP

Pemerintah daerah wajib mengumumkan kenaikan upah minimum provinsi (UMP) hari ini, Senin (28/11/2022)

NEWS | 28 November 2022

Tak Mau Pemborosan, Anwar Ibrahim Tolak Mercedes S600 untuk Mobil Dinas

PM Baru Malaysia Anwar Ibrahim menolak penggunaan Mercedes-Benz S600 untuk mobil dinasnya, karena tak mau ada pemborosan dana publik.

NEWS | 28 November 2022

Tolak RUU Kesehatan, Organisasi Profesi Kesehatan Gelar Aksi Bersama

Lima organisasi profesi terdiri dari IDI, PDGI, PPNI), IAI beserta organisasi kesehatan lainnya menggelar aksi damai bersama untuk menolak RUU Kesehatan

NEWS | 28 November 2022

Tolak RUU Kesehatan, PPNI Ingatkan DPR Tak Khianati Perjuangan Nakes

Ketua Umum Persatuan Persatuan Perawat Indonesia (PPNI) Harif Fadhilla menyampaikan orasi menolak RUU Kesehatan.

NEWS | 28 November 2022

Tiba di Ruang Sidang, Bharada E Disambut Para Pendukung

Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E disambut para pendukungnya saat tiba di ruang persidangan.

NEWS | 28 November 2022

Helikopter Polri Hilang Kontak, Nelayan Temukan Sandaran Kursi Penumpang

Terkait helikopter Polri jatuh, seorang nelayan bernama Sobri Wassholat menemukan sandaran kursi penumpang helikopter di Perairan Manggar Belitung Timur, Bangka Belitung.

NEWS | 28 November 2022

Jenazah Bripda Khoirul Anam Ditemukan di Pantai Burung Mandi

Jenazah yang ditemukan di Pantai Burung Mandi itu bernama Bripda Khoirul Anam. Ia merupakan kru helikopter Polri yang hilang kontak.

NEWS | 28 November 2022

Akses bagi Anak-Anak Buruh Tani Sawit Dapatkan Pendidikan Berkualitas

Untuk menguatkan pemulihan pembelajaran, Kepala SDN 005 Tanjung Palas Timur Ludiah Liling merancang empat strategi implementasi Kurikulum Merdeka.

NEWS | 28 November 2022

Helikopter Polri yang Hilang Kontak Diduga Jatuh karena Cuaca

Helikopter Polri yang jatuh hilang kontak di dekat perairan Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung, pada Minggu (27/11/2022), diduga jatuh karena cuaca.

NEWS | 28 November 2022

Bertemu Tokoh Supremasi Kulit Putih, Donald Trump Dikritik Republikan

Mantan Presiden AS Donald Trump mendapat kritikan tajam dari sejumlah Republikan atau anggota Partai Republik.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Upaya Menjaga Inflasi Nasional Dimulai dari Beras

Upaya Menjaga Inflasi Nasional Dimulai dari Beras

EKONOMI | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE