Logo BeritaSatu

KBRI Tokyo dan Kadin Fasilitasi Kunjungan 13 Delegasi Bisnis Jepang ke Indonesia

Selasa, 29 Maret 2022 | 20:57 WIB
Oleh : Asni Ovier / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo berkolaborasi dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia memfasilitasi kunjungan delegasi bisnis Jepang yang akan memperluas usahanya di Indonesia pada 27 Maret – 1 April 2022.

Sebelumnya, KBRI Tokyo dan Ketua Kadin Indonesia Komite Jepang Emmanuel L Wanandi menandatangani kesepakatan kerja sama untuk fasilitasi kunjungan delegasi bisnis Jepang ke Indonesia. Ada 13 delegasi di antaranya dari perusahaan Shionogi, Intellim, Hiroshima University, J-Home Co Ltd, Kotobuki Tading Co Ltd, Rise Holding, Kyosei, Instinct Brothers Holdings, dan JSMG and Ambicion.

Mereka tertarik bermitra dengan Indonesia dalam pengembangan rumah sakit, pengobatan stemcell, pengobatan kanker, farmasi untuk vaksin dan obat Covid-19, serta bio-agriculture dan renewable energy.

“Misi bisnis ini diinisiasi oleh KBRI Tokyo dengan melakukan pengaturan berbagai pertemuan dengan pejabat pemerintah dan sektor swasta Indonesia untuk dapat mengakselerasi deliverables konkret kerja sama bilateral Indonesia-Jepang pada presidensi G20 Indonesia,” ungkap Dubes RI untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri Akhmadi dalam keterangan yang diterima Beritasatu.com, Selasa (29/3/2022).

“Pada hari pertama kunjungan, delegasi bisnis Jepang juga dipertemukan dengan Tim G-20 Indonesia dari Kementerian Luar Negeri dan Kemenko Perekonomian yang memberikan pemahaman birds-eye view untuk memanfaatkan momentum Presidensi G-20 Indonesia guna mendorong percepatan kerja sama di tiga sektor prioritas, yakni kesehatan, transisi energi, dan transformasi digital,” tambah Dubes Heri.

Ketua Kadin Indonesia Komite Jepang Emmanuel L Wanandi memastikan pihaknya berkomitmen mendukung upaya business matching antara pelaku usaha Jepang dengan mitra lokal di Indonesia.

Khusus untuk sektor kesehatan ia berharap agar pelaku bisnis Jepang dapat memanfaatkan berbagai insentif investasi untuk pengembangan industri farmasi Indonesia dan menanamkan modalnya pada proyek strategis nasional health tourism di Bali.

“Pemerintah Indonesia telah menyiapkan area kawasan ekonomi khusus (KEK) di Sanur Bali yang dipersiapkan sebagai lokasi fasilitas health tourism skala internasional. Kadin siap menjadi jembatan penghubung pelaku bisnis Jepang dalam hal ini,” ujar Emmanuel L Wanandi.

Dalam kunjungan ke Indonesia, delegasi bisnis Jepang berencana akan meninjau langsung lokasi proyek pembangunan rumah sakit di Bogor dan kunjungan lapangan ke KEK di Sanur Bali.

Selama berada di Indonesia, delegasi bisnis Jepang didampingi Diplomat Muda Bidang Ekonomi KBRI Tokyo Pandu Manggala dan Pejabat Promosi Investasi Indonesia di Jepang Moorman Amanda.

KBRI Tokyo mencatat setidaknya terdapat komitmen investasi teknologi bernilai US$ 150 juta dan transfer teknologi dari delegasi bisnis Jepang yang tengah melakukan kunjungan ke Indonesia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hadiah Kursi Roda dari Puan Bahagiakan Ibu dari Anak Penderita Polio

Petani bunga di Badung, Bali, Ni Ketut Ratko sangat gembira menerima bantuan kursi roda untuk anaknya yang menderita polio.

NEWS | 30 September 2022

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

Pemprov DKI Jakarta mengatakan, pembangunan rusun (rumah susun) di Pulau G kemungkinan akan dilakukan oleh pihak swasta.

NEWS | 30 September 2022

Ali Ibrahim Undang Presiden Jokowi Buka Sail Tidore 2022

Ali Ibrahim mengundang dan meminta secara khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk hadir dan membuka acara Puncak Sail Tidore pada November 2022.

NEWS | 29 September 2022

DPR Siap Tunjukkan Komitmen Indonesia Kurangi Emisi

DPR siap menjadi tuan rumah perhelatan The 8th G-20 Parliamentary Speaker Summit (P-20) yang akan diselenggarakan pekan depan.

NEWS | 29 September 2022

UBK Kerja Sama dengan Persatuan Alumni GMNI

UBK melakukan kerja sama dengan Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia

NEWS | 29 September 2022

Moeldoko Dorong Swasta Terlibat Percepatan Vaksinasi Covid-19

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mendorong keterlibatan pihak swasta dalam percepatan vaksinasi Covid-19.

NEWS | 29 September 2022

Komnas HAM Harap Jaksa Maksimal Dakwa Ferdy Sambo Cs

Komnas HAM berharap jaksa bisa menyusun dakwaan terhadap para tersangka secara maksimal.

NEWS | 29 September 2022

Peraturan Menkumham, Masa Berlaku Paspor Menjadi 10 Tahun

Masa berlaku paspor dari semula lima tahun diubah menjadi 10 tahun. Hal ini diatur dalam Peraturan Menkumham Nomor 18 Tahun 2022.

NEWS | 29 September 2022

Polri Kirim Surat Pemecatan Ferdy Sambo ke Sekmil Presiden

Polri telah mengirim berkas putusan pemecatan mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo ke Sekretariat Militer (Sekmil) Presiden.

NEWS | 29 September 2022

Soal Mobil Dinas Listrik, Pemprov DKI Punya 2 Pilihan

Pemprov DKI akan melakukan 2 pilihan terkait mobil dinas listrik. Dua pilihan itu, adalah memodifikasi kendaraan dinas lama dan membeli mobil listrik.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

NEWS | 4 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings