Logo BeritaSatu

G-7 Bersumpah Tidak Akan Biarkan Rusia Menang

Selasa, 10 Mei 2022 | 09:55 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Kelompok Tujuh Negara atau G-7 telah bersumpah untuk tidak membiarkan Presiden Rusia Vladimir Putin "memenangkan perangnya" melawan Ukraina. Seperti dilaporkan RT, Senin (9/5/2022), sumpah itu dilontarkan saat mereka mengumumkan tindakan pembatasan baru.

Kelompok Tujuh (G7), yang terdiri dari Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat (AS), mengeluarkan pernyataan bersama yang mengecam aksi militer Rusia yang sedang berlangsung di Ukraina pada Minggu (8/5). Rusia telah diusir dari kelompok kolektif ini, yang pernah dikenal sebagai G-8, pada tahun 2014.

Advertisement

Tujuh negara bersumpah untuk tidak pernah membiarkan Moskwa memenangkan "perang melawan Ukraina" dan menjanjikan dukungan militer dan ekonomi lebih lanjut untuk Kyiv.

"Kami tetap bersatu dalam tekad kami bahwa Presiden Putin tidak boleh memenangkan perangnya melawan Ukraina," bunyi pernyataan bersama itu.

Dokumen tersebut, yang dikeluarkan pada 8 Mei – hari saat sebagian besar negara Barat merayakan berakhirnya Perang Dunia II di Eropa dan kemenangan atas Nazisme. Dokumen itu menyebut negara-negara G-7 berutang dukungan untuk Ukraina dalam “mengingat semua orang yang berjuang untuk kebebasan dalam Perang Dunia Kedua.

G7 menuduh Presiden Vladimir Putin membawa “rasa malu pada Rusia dan pengorbanan bersejarah rakyatnya,” serta melanggar “tatanan berbasis aturan internasional.”

Tujuh pemimpin dunia yang ambil bagian dalam KTT hari Minggu, bersama dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, berjanji untuk memberikan bantuan keuangan lebih lanjut ke Ukraina untuk mendukung kebutuhan mendesak dan “pemulihan dan rekonstruksi jangka panjang.”

Pernyataan itu mengatakan bahwa US$24 miliar (Rp 348 triliun) telah diberikan dan dijanjikan ke Ukraina oleh komunitas internasional, sambil memuji program bantuan yang diluncurkan oleh Bank Dunia dan IMF.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau telah menjanjikan tambahan US$50 juta (Rp 725 miliar) dalam bantuan militer untuk Ukraina dalam menghadapi invasi Rusia. Dia mengatakan Ottawa untuk sementara akan mencabut semua tarif perdagangan atas impor Ukraina. Bantuan militer lebih lanjut juga telah dijanjikan.

“Kami akan melanjutkan bantuan militer dan pertahanan kami yang berkelanjutan kepada Angkatan Bersenjata Ukraina, terus mendukung Ukraina dalam mempertahankan jaringannya dari insiden dunia maya, dan memperluas kerja sama kami, termasuk dalam keamanan informasi,” bunyi pernyataan itu, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kemendagri: Percepat Realisasi APBD Tahun Anggaran 2022

Kemendagri mengingatkan para kepala daerah, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk mempercepat realisasi APBD tahun anggaran (TA) 2022.

NEWS | 19 Agustus 2022

Curi 141 Motor, Begal Asal Kabupaten Bogor Ditangkap

Berdasar pengakuan komplotan begal asal Kabupaten Bogor itu, mereka berhasil mencuri 141 motor sejak 2011.

NEWS | 19 Agustus 2022

PPDI Gandeng IFES dan UMJ Selenggarakan Engage Training

PPDI berkolaborasi dengan IFES dan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menyelenggarakan Program Engage Training.

NEWS | 19 Agustus 2022

Pemkot Bogor Membekukan Izin Operasional 1.010 Angkot

Pemkot Bogor membekukan izin trayek 1.010 angkot di wilayahnya. Sanksi pembekuan izin lantaran pemilik kendaraan tidak memenuhi kewajibannya.

NEWS | 19 Agustus 2022

Srikandi KIB Gelar Pelatihan Pembuatan Roti dan Pastri

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memanfaatkan momen HUT ke-77 RI untuk mengonsolidasikan kekuatan.

NEWS | 19 Agustus 2022

Putri Candrawathi Tersangka, DPR: Gugur Motif Cemburu

Trimedya Panjaitan angkat bicara soal penetapan tersangka Putri Candrawathi dalam kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat.

NEWS | 19 Agustus 2022

Burhanuddin Minta Seluruh Jaksa Jadi Teladan di Masyarakat

Jaksa Agung ST Burhanuddin mengingatkan jaksa sebagai abdi negara harus selalu mengingat peran, tugas dan tanggung jawab yang diberikan.

NEWS | 19 Agustus 2022

Parpol Catut NIK Staf Bawaslu, Ketua KPU: Sipol Berjalan

Ketua KPU  Hasyim Asy'ari mengatakan kasus pencatutan NIK dua staf Bawaslu di Yogyakarta menjadi bukti sipol berjalan efektif.

NEWS | 19 Agustus 2022

Rayakan HUT Ke-77 RI, BP2MI Meriahkan dengan Beragam Lomba

BP2MI merayakan momentum Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77 Tahun, 17 Agustus 2022 dengan beraneka ragam kegiatan.

NEWS | 19 Agustus 2022

Kekompakan Kasad, Kasal, dan Kasau Dinilai Layak Diapresiasi

Kekompakan Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dinilai layak diapresiasi.

NEWS | 19 Agustus 2022


TAG POPULER

# Rupiah


# Putri Candrawathi Tersangka


# Pembunuhan Brigadir J


# Jaringan Judi


# Polisi Tembak Polisi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kemendagri: Percepat Realisasi APBD Tahun Anggaran 2022

Kemendagri: Percepat Realisasi APBD Tahun Anggaran 2022

NEWS | 6 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings