Pramono Anung Jadi Ketua Parlemen Asean Lawan Korupsi

Pramono Anung Jadi Ketua Parlemen Asean Lawan Korupsi
Pramono Anung ( Foto: Antara )
/ WEB Sabtu, 2 Februari 2013 | 12:25 WIB
Dengan posisi baru ini, bukan saja Indonesia harus menyiapkan plan of action GOPAC nasional, tetapi juga program-program untuk SEAPAC.

Jakarta -
Wakil Ketua DPR dari PDI Perjuangan Pramono Anung diangkat menjadi Ketua Parlemen Asia Tenggara Melawan Korupsi (Southeast Asian Parliamentarians Against Corruption/SEAPAC) dalam sidang regional lembaga yang dilaksanakan di Manila, Jumat (1/2).

Menurut juru bicara delegasi parlemen Indonesia yang ikut ke acara itu, Eva Kusuma Sundari, dalam sidang tersebut disepakati, Indonesia akan menggantikan Filipina untuk menjadi Ketua SEAPAC.

Sementara Ketua SEAPAC sebelumnya Senator Edgardo J Angara terpilih menjadi Ketua Global Organization of Parliamentarians Against Corruption (GOPAC) menggantikan Naser Al Sane dari Kuwait.

"Delegasi Indonesia mengajukan Doktor Pramono Anung Wibowo yang saat ini menjabat Ketua GOPAC Indonesia sebagai Ketua SEAPAC dan disetujui," ujar Eva dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu (2/2).

Wakil Ketua Parlemen Thailand, Surachai Liengboonlertchan, terpilih sebagai wakil Ketua SEAPAC.

Dalam sidang SEAPAC itu, hadir delegasi dari 7 negara Asean yaitu Malaysia, Filipina, Myanmar, Thailand, Vietnam, Timor Leste, dan Indonesia.

Terkait tantangan SEAPAC 2013-2015, Eva menjelaskan disepakati adalah memperluas keanggotaan di Asean melalui pembentukan GOPAC National Chapter di 4 negara Asean lain yakni Laos, Kamboja, Singapura, dan Brunei.

Dengan posisi baru ini, bukan saja Indonesia harus menyiapkan plan of action GOPAC nasional, tetapi juga program-program untuk SEAPAC.

"Untuk menyusun program-program di tingkat SEAPAC, Indonesia akan menjadi tuan rumah pertemuan SEAPAC yang harus diselenggarakan tahun 2013 ini," kata Eva.