Elite Politik Harus Dorong Proses Pemilu Damai

Elite Politik Harus Dorong Proses Pemilu Damai

Senin, 11 Februari 2019 | 09:21 WIB
Oleh : Siprianus Edi Hardum / EHD

Jakarta, Beritasatu.com – Untuk mencegah terus bermunculannya berita-berita hoax dan hal-hal lain yang merugikan dalam proses pemilihan umum (pemilu) tidak hanya menjadi tugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan institusi negara lainnya.

Para elite politik juga harus bisa ikut andil dalam permasalahan ini. “Pendidikan politik yang baik dan positif kepada masyarakat seharusnya dilakukan oleh para elit yang akhirnya akan berdampak positif bagi mereka (para caleg), parpol dan pemilu itu sendiri,” kata Tokoh Pemuda Tanah Abang yang juga politisi Partai Amanat Nasional (PAN), Guruh Tirta Lunggana, saat mengunjungi warga Kotabambu Selatan, Kecamatan Palmerah Jakarta Barat, Minggu (10/2) sebagaimana dalam siaran persnya, Senin (11/2).

Di sela-sela kegiatan sosialisasi Pemilu kepada warga ini Guruh Tirta Lunggana mengingatkan masyarakat agar tidak golput (red-golongan putih atau tidak memilih) pada hari pencoblosan, tanggal 17 April 2019.

Setiap kepala keluarga atau para orang tua harus mengingatkan dan mengajak anak-anaknya yang sudah memiliki hak suara dalam Pemilu.

Langkah ini sekaligus untuk mengurangi angka golput yang jumlahnya justru lebih besar dari perolehan suara partai. "Golput adalah kekalahan kita, jadi sempatkan diri untuk mengingatkan anggota keluarga masing-masing agar menggunakan hak pilihnya pada tanggal 17 April 2019,” kata Guruh Tirta Lunggana.

Terkait dengan hoax, Tirta mengingatkan, masyarakat agar berhati-hati dalam menyikapi segala pemberitaan maupun informasi. Sebagai solusi, masing-masing pihak harus saling memahami dalam menyikapi sebuah informasi/berita fakta dan hoax.

Guruh Tirta Lunggana mengatakan, jangan sampai mengabaikan aspek keadilan bagi masyarakat. Dan yang paling penting adalah kesadaran untuk tidak sembunyi-sembunyi mencantumkan/meletakkan nama pada karyanya. "Masyarakat sekarang cerdas, tetapi orang yang pelaku hoax itulah yang seharusnya diperingati," tambah Guruh Tirta Lunggana.

Dukungan positif anti hoax ini dilakukan oleh Guruh Tirta Lunggana Caleg PAN untuk DPRD Dapil 10 DKI Jakarta ini. Dia mengingatkan agar masyarakat waspada dan bijaksana dalam mengkritisi berita-berita yang tidak benar. Masyarakat harus mampu menahan diri dengan tidak langsung menyebarkan berita hoax.

Jangan sampai berita hoax justru menjadi konsumsi publik. "Kita harus waspada dan bijaksana dalam mengkritisi berita-berita yang tidak benar. Kita harus bisa menahan diri dengan tidak ikut menyebarkan berita hoax," Guruh Tirta Lunggana.

Guruh Tirta Lungga menghimbau agar masyarakat turut andil menciptakan pemilu yang aman dan damai, baik pilpres maupun pileg. Situasi pemilu yang damai adalah yang diinginkan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Apalagi seluruh partai sudah meneken kontrak di atas kertas yaitu politik damai dan pemilu damai.

“Jangan sampai karena dukung mendukung paslon nantinya akan ada gesekan, yang awalnya berteman nantinya menjadi tidak lagi berteman,” kata Guruh Tirta Lunggana.



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Puncak Merapi Alami Gempa Lokal

BPPTKG melarang aktivitas termasuk masyarakat yang masih mengandalkan wilayah Kawasan Rawan Bencana (KRB) III sebagai lokasi mata pencarian.

NASIONAL | 11 Februari 2019

Sempat Putus Akibat Longsor, Jalur Bengkulu-Muara Aman Kembali Lancar

Timbunan tanah yang menutupi badan jalan tersebut, sebagian besar sudah berhasil disingkirkan, sehingga jalan tersebut, bisa dilalui kendaraan.

NASIONAL | 11 Februari 2019

Kemtan Pantau Alsintan, Korupsi Tahun 2015 Capai Rp 56 Miliar

Optimalisasi alsintan untuk pengembangan lahan rawa lebak dan pasang surut.

NASIONAL | 11 Februari 2019

Indonesia dan Sejarah Berdirinya Universitas Persahabatan Bangsa-bangsa Rusia

Ketua Dewan Menteri Uni Soviet, Nikita S Khruschev mengumumkan berdirinya RUDN University saat berunjung ke Indonesia pada 1960.

NASIONAL | 11 Februari 2019

Kapal Motor Tenggelam di Maluku Tengah Menewaskan Dua Orang

Dua orang meninggal akibat peristiwa ini, yakni Josua Seipara, berusia 8 tahun dan Aldino Patiasina (10).

NASIONAL | 11 Februari 2019

Caleg Rocker Jokowikan Penjaringan Lewat Harmoni Rock dan Wayangan

Calon anggota legislatif (caleg) DPR di daerah pemilihan DKI Jakarta III Pulung Agustanto terus menggalang dukungan warga.

NASIONAL | 10 Februari 2019

BPN: Prabowo-Sandi Memenangi Pilpres dengan Selisih 7 Persen

Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno optimistis Prabowo-Sandi akan memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 17 April mendatang

NASIONAL | 10 Februari 2019

Soal OSO, Jokowi Diminta Perintahkan KPU Segera Jalankan Putusan PTUN

Petrus Selestinus meminta Presiden Joko Widodo segera turun tangan untuk memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjalankan putusan PTUN terkait gugatan OSO

NASIONAL | 10 Februari 2019

Gempa 4,7 SR Guncang Kota Bengkulu

Gempa bumi berkekuatan 4,7 Skala Richter (SR) mengguncang Kota Bengkulu pada Minggu (10/2) malam.

NASIONAL | 10 Februari 2019

Galang Dukungan dari Alumni Harus Diikuti Program Konkret

Beberapa waktu terakhir pasangan nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin banyak berusaha untuk menggalang dukungan dari kalangan alumni sekolah atau kampus tertentu.

NASIONAL | 10 Februari 2019


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS