Logo BeritaSatu

Indonesia Sumbang 40% Transaksi Ekonomi Digital ASEAN

Rabu, 16 November 2022 | 21:42 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Asisten Deputi Ekonomi Digital Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Rizal Edwin Manansang mengungkapkan, Indonesia merupakan pemain utama dalam ekonomi digital di kawasan ASEAN. Hampir 40% dari nilai total transaksi disumbang oleh Indonesia.

Pandemi covid-19, menurut Edwin, telah mempercepat proses adopsi teknologi digital. Hal ini bisa terlihat dalam studi terbaru Google yang menunjukan pengguna layanan digital di kawasan ASEAN terus tumbuh positif.

Advertisement

Studi tersebut memperkirakan hingga akhir tahun ini jumlah pengguna layanan digital akan mencapai 460 juta orang, atau bertambah 100 juta orang dalam tiga tahun terakhir di ASEAN.

Tren positif tersebut juga berdampak pada peningkatan nilai transaksi ekonomi digital di negara-negara ASEAN. Pada tahun ini, nilai ekonomi digital ASEAN diprediksii mampu mencapai US$ 194 miliar, dan diperkirakan akan meningkat dua kali lipat hingga mencapai US$ 330 miliar di tahun 2025.

“Indonesia merupakan pemain utama di ASEAN. Pada tahun ini hampir 40% dari nilai total transaksi ekonomi digital ASEAN disumbang oleh Indonesia. Secara nominal, nilai kita tahun ini mencapai US$ 77 miliar, atau tumbuh 22% year-on-year,” ungkap Edwin dalam acara peluncuran laporan Open Finance Deep Dive Report: Unlocking the Potential of Open Finance in Indonesia yang disiapkan oleh Katadata Insight Center bekerja sama dengan Finantier, Rabu (16/11/2022).

Edwin menambahkan, nilai transaksi tersebut diprediksi akan terus naik hingga mencapai US$ 360 miliar dolar di tahun 2030 mendatang.

Adapun sub sektor penopang utama nilai ekonomi digital Indonesia adalah e-commerce. Pada tahun ini subsektor e-commerce berkontribusi sebesar US$ 59 miliar, atau sekitar 76%. Nilai tersebut diprediksi mampu mencapai US$ 95 miliar pada tahun 2025 mendatang.

Optimisme capaian tersebut didukung oleh berbagai potensi dan juga peluang pengembangan layanan digital yang masih terbuka lebar. Dari segi demografi, Indonesia memiliki populasi sebanyak 274 juta dengan jumlah penduduk usia produktif mencapai 188 juta orang.

“Dari sisi digital user, pelanggan internet kita juga terus bertumbuh. Hingga tahun 2022 ini, pengguna internet kita telah mencapai 210 juta orang dengan tingkat penetrasi 77% yang mayoritasnya juga berasal dari kelompok usia produktif atau usia muda 13-18 tahun. Di samping itu, perkembangan teknologi baru seperti 5G, blockchain, AI dan cloud computing juga turut menjadi akselerator pengembangan ekonomi digital,” kata Edwin.

Adopsi dari berbagai teknologi digital tersebut diharapkan Edwin dapat meningkatkan produktivitas dan juga nilai tambah ekonomi Indonesia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Wall Street Menguat Menyusul Pernyataan Jerome Powell

Wall Street ditutup menguat setelah komentar Ketua Federal Reserve Jerome Powell yang mengindikasikan inflasi telah mulai mereda.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Bappenas: RI Butuh 22 Tahun untuk Jadi Negara Berpendapatan Tinggi

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa menyatakan, Indonesia membutuhkan waktu 22 tahun untuk menyandang status negara berpendapatan tinggi.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Keren! Qoala Plus Tumbuh Tiga Kali Lipat di Sumatera

Qoala Plus sebagai unit bisnis insurtech Qoala mencatat pertumbuhan tiga kali lipat di wilayah Sumatera.

EKONOMI | 8 Februari 2023

OJK Catat Kredit Macet 21 Fintech Lending di Atas 5 Persen

Sebanyak 21 penyelenggara fintech lending mencatat pembiayaan bermasalah atau tingkat wanprestasi 90 hari (TWP 90) di atas 5%.

EKONOMI | 7 Februari 2023

Marein Cetak Laba Bersih Rp 64,90 Miliar Sepanjang 2022

PT Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk (Marein/MREI) berhasil mencetak laba bersih Rp 64,90 miliar pada tahun 2022

EKONOMI | 7 Februari 2023

Indef Ramal Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I 2023 Bakal Meredup

Indef memperkirakan pertumbuhan ekonomi kuartal I 2023 berada pada kisaran 4,7 persen hingga 4,9 persen.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Gerbong Pecinta SandiUno Bangkitkan Motivasi Berwirausaha Warga Sumedang

Gerbong Pecinta SandiUno terus menggencarkan pelatihan-pelatihan ke daerah untuk membangkitkan motivasi berwirausaha.

EKONOMI | 7 Februari 2023

Dongkrak Penjualan 2023, BELL Andalkan Omnichannel

PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL) melanjutkan strategi omnichannel untuk mendongkrak penjualan di tahun 2023.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Layanan Digital Pos Indonesia Dinilai Miliki Potensi Dahsyat

i PT Pos Indonesia (Persero) telah memulai transformasi digital sehingga kesan konvensional pada BUMN tersebut mulai terkikis seiring laju digitalisasi di dalam perusahaan.

EKONOMI | 8 Februari 2023

YLKI Desak Kemenkeu Segera Terapkan Cukai Minuman Berpemanis

Tulus menegaskan, dampak yang ditimbulkan dari penundaan cukai minuman berpemanis akan lebih besar, baik dari sisi kesehatan maupun keuangan negara.

EKONOMI | 7 Februari 2023


TAG POPULER

# Warunk Upnormal


# Susi Air


# Gempa Turki


# Jokowi


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Wall Street Menguat Menyusul Pernyataan Jerome Powell

Wall Street Menguat Menyusul Pernyataan Jerome Powell

EKONOMI | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE