Logo BeritaSatu

Masyarakat Harus Paham High Risk High Return dalam Investasi

Kamis, 17 November 2022 | 21:19 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Center of Digital Economy and SMEs Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eisha M Rachbini mengingatkan masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam memilih instrumen investasi.

Menurut Eisha, jangan langsung tergiur dengan penawaran investasi yang menjanjikan keuntungan tinggi dalam waktu singkat. Harus diingat prinsip bahwa semakin tinggi tingkat pengembaliannya, maka risiko dari investasi tersebut juga akan semakin besar.

Advertisement

“Dalam berinvestasi, kita harus memahami teori high risk high return. Artinya semakin tinggi tingkat pengembaliannya, resikonya juga akan semakin tinggi. Ini yang terkadang tidak dipahami masyarakat. Langsung tergiur dengan janji untung yang tinggi, tetapi tidak melihat ada risiko yang bisa saja ditanggungnya,” kata Eisha kepada Beritasatu.com, di Jakarta, Kamis (17/11/2022).

Eisha mengatakan, penting sekali masyarakat memahami produk-produk keuangan dan investasi, sehingga tidak mudah tergiur penawaran investasi yang menjanjikan keuntungan tinggi dalam waktu singkat.

“Terkait literasi keuangan masyarakat, sebenarnya ada beberapa poin. Mulai dari harus tahu tentang produk keuangannya, jenis-jenisnya, manfaatnya, dan tentu saja resikonya. Jadi pemahamannya harus luas, tidak sekedar melihat untungnya saja,” kata Eisha.

Hal yang sama juga berlaku ketika ingin meminjam uang di platform pinjaman online (pinjol). Harus dipahami bagaimana aturan bunganya dan juga jangka waktunya. Yang juga sangat penting, harus dipastikan pinjol tersebut legal atau terdaftar dan memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sementara, ekonom Indef Nailul Huda juga menyampaikan, agar masyarakat tidak terjerat penawaran investasi bodong, hal utama yang harus diperhatikan yakni investasi tersebut harus legal dan logis.

“Penting sekali untuk melihat legalitas dari sebuah investasi. Jangan sampai tergiur dengan keuntungan yang tidak logis. Maka legal dan logis menjadi kunci untuk berinvestasi,” kata Nailul Huda.

Huda juga mengingatkan, jangan menggunakan dana hutang apabila ingin berinvestasi, terlebih investasi yang resikonya tinggi. Apalagi meminjam di pinjaman online (pinjol) bunganya cukup tinggi, walaupun proses administrasinya lebih mudah.

"Jadi harus diperhatikan kebutuhan dan kemampuan pembayaran dalam meminjam uang di pinjol,” pesan Huda.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BRI Targetkan Kredit Mikro dan Ultra Mikro Tumbuh 8 Persen

BRI mencatat, masih ada 20,7% dari total kecamatan atau sebanyak 1.502 kecamatan memerlukan intervensi program literasi keuangan yang kuat.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Debut Perdana di BEI, Saham LAJU Langsung Mentok ARA

saham PT Jasa Berdikari Logistics Tbk (LAJU) langsung meroket hingga sebesar 35% ke level 135 atau mentok batas auto-rejection atas (ARA).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Sesi I, IHSG Hari Ini Kokoh di 6.929

Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 64,3 (0,94%) ke level 6.929,1 pada penutupan sesi pertama perdagangan hari ini, Jumat (27/1/2023).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Kurs Rupiah Hari Ini Melemah 30 Poin ke Rp 14.975

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terpantau melemah ke kisaran Rp 14.975 pada perdagangan hari ini, Jumat (26/1/2023).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Lagi, Saratoga Siapkan US$ 150 Juta untuk Investasi

PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) kembali menganggarkan dana US$ 150 juta untuk kegiatan investasinya tahun ini.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Boy Thohir: Saatnya GoTo Gojek Tokopedia Back to Basic

Komisaris Utama PT GoTo GOjek Tokopedia Tbk (GOTO) Garibaldi "Boy" Thohir mengatakan bahwa hal terpenting bagi sebuah bisnis adalah profit.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Tukang Becak Bobol Rekening BCA, OJK Ingatkan Jaga Data Pribadi

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau masyarakat lebih berhati-hati dalam menjaga kerahasiaan data pribadi, apalagi yang menyangkut data keuangan.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Penerima Bansos Bisa Ikut Program Kartu Prakerja Skema Normal

Menurut Denni, program Kartu Prakerja skema normal artinya program ini tak lagi bersifat semi-bansos seperti yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Tiket Haji Mahal, Garuda Indonesia Siap Nego

Direktur Utama maskapai Garuda Indonesia Irfan Setiaputra bersedia melakukan negosiasi dengan DPR untuk menurunkan tiket haji.

EKONOMI | 27 Januari 2023

BI: KIS Jadi Kunci Hadapi Tantangan Ekonomi Global, Apa Itu?

Perry menegaskan pentingnya strategi KIS, yaitu konsistensi, inovasi, dan sinergi, dalam menyusun berbagai kebijakan.

EKONOMI | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mahasiswi Cianjur Tewas Ditabrak, BEM FH Unsur Tuntut Polisi Tangkap Pelaku

Mahasiswi Cianjur Tewas Ditabrak, BEM FH Unsur Tuntut Polisi Tangkap Pelaku

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE