Logo BeritaSatu

Bukit Asam Dukung Pembangunan Talud di Muara Enim

Senin, 21 November 2022 | 19:36 WIB
Oleh : JNS

Muara Enim, Beritasatu.com - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) memberikan dukungannya untuk pembangunan dinding penahan tanah (Talud) antara Jembatan Enim 1 - Jembatan Enim 2 sepanjang 1,89 kilometer (km). Biaya pembangunan talud sebesar Rp 106 miliar berasal dari bantuan PTBA berupa dana hibah untuk Pemerintah Kabupaten Muara Enim.

Adapun groundbreaking untuk pembangunan talud ini digelar bertepatan dengan HUT ke-76 Kabupaten Muara Enim, Senin (21/11/2022). Peletakan batu pertama proyek ini dihadiri oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dam jajarannya, Pj Bupati Muara Enim Kurniawan, Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PTBA Suherman, Direktur Operasi dan Produksi PTBA Suhedi, Forkopimda Kabupaten Muara Enim, dan tokoh-tokoh masyarakat.

Advertisement

"Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Pemerintah Kabupaten Muara Enim, dan seluruh masyarakat, kami ucapkan terima kasih kepada PTBA yang telah memberikan perhatiannya. Langkah yang ditempuh PTBA tentu merupakan berkah tersendiri bagi Sumatera Selatan. Mudah-mudahan pembangunan talud bermanfaat untuk menyelamatkan aliran sungai, juga menyelamatkan masyarakat di tepi sungai," kata Gubernur Sumsel Herman Deru.

PJ Bupati Muara Enim Kurniawan menjelaskan bahwa pembangunan talud bertujuan untuk melindungi masyarakat di bantaran Sungai Enim dari bahaya longsor dan penggerusan. Selain itu juga untuk penataan Ibu Kota Muara Enim agar lebih indah, bersih, dan rapi.

"Alhamdulillah pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Muara Enim ke-76 tahun ini, kita laksanakan pula peresmian dimulainya pembangunan dinding penahan tanah atau talud Sungai Enim oleh Bapak Gubernur Sumatera Selatan sebagai tanda dimulainya pengerjaan pembangunan," ujar Kurniawan.

Sementara itu, Direktur SDM PTBA Suherman menyatakan bahwa pihaknya senantiasa berkomitmen mendukung pembangunan yang memberikan manfaat sosial, ekonomi, dan lingkungan bagi masyarakat.

"PTBA menyadari bahwa keberlangsungan usaha pada jangka panjang tidak semata hanya bergantung pada kemampuan dalam merealisasikan target-target finansial. Tetapi juga bergantung pada dukungan kuat masyarakat sekitar terhadap operasional bisnis sehari-hari. Karena itu, PTBA memiliki tanggung jawab dalam pengembangan sosial kemasyarakatan," ujarnya.

Peran PTBA dalam Pembangunan Kabupaten Muara Enim

Sejalan dengan Noble Purpose (Tujuan Mulia) PTBA sebagai anggota Grup MIND ID, PTBA menjalankan sejumlah program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah kerja perusahaan. Di antaranya yakni pembinaan usaha mikro dan kecil (UMK) di Muara Enim. Total ada 837 UMK di Muara Enim yang mendapat bantuan pendanaan dari PTBA. Hingga Oktober 2022, sebanyak 109 UMK binaan PTBA telah berhasil naik kelas.

Di bidang pendidikan, PTBA menggelontorkan beasiswa untuk keluarga pra sejahtera. Ada beasiswa AYO Sekolah untuk jenjang SD-SMA dan Bidiksiba untuk jenjang perguruan tinggi.

Kemudian di bidang sosial dan kesehatan, ada program pembagian sembako, penyaluran hewan kurban, bantuan penanganan Covid-19, pencegahan stunting, bantuan untuk penyandang disabilitas, pengobatan gratis.

Lalu di bidang ekonomi, PTBA menjalankan program pemberdayaan perempuan melalui Sentra Industri Bukit Asam (SIBA) Rosella. Ada juga SIBA Batik Kujur, SIBA Kopi, SIBA Bokashi, hingga pengembangan pangan organik yang berwawasan lingkungan (Ruang Rural). Adapun di bidang lingkungan, PTBA secara berkelanjutan melakukan pendampingan desa binaan dalam Program Kampung Iklim (Proklim).

Sejak 2016, PTBA dan Pemerintah Kabupaten Muara Enim pun telah mencanangkan Program Tanjung Enim Kota Wisata. Dengan begitu, Tanjung Enim yang merupakan kawasan tambang batu bara nantinya dapat menjadi destinasi wisata dan mandiri.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PP Presisi Rampungkan 540 Struktur Beton Tol Cinere-Jagorawi

 PT PP Presisi Tbk (PPRE) merampungkan pengangkatan 540 struktur beton proyek jalan tol Cinere-Jagorawi.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Belajar dari Nasib Warunk Upnormal, Ini yang Harus Dilakukan Pelaku Usaha F&B

Runtuhnya sejumah bisnis F&B  seperti Warunk Upnormal karena tidak adaptif dan tidak resilience dalam menghadapi perubahan.

EKONOMI | 9 Februari 2023

BPH Migas Tekankan Edukasi Perubahan Harga BBM Nonsubsidi

BPH Migas menyatakan masyarakat perlu diberikan edukasi soal perubahan harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi secara berkala.

EKONOMI | 9 Februari 2023

BUMN dan Industri Minerba Didorong Usung Energi Bersih

Kementerian BUMN terus mendorong perusahaan BUMN atau pelat merah termasuk industri minerba untuk mengusung prinsip ekonomi hijau.

EKONOMI | 9 Februari 2023

2023, Bank Ina Bidik Transaksi Digital Rp 2 Triliun

Bank Ina Perdana mengincar transaksi digital melalui INA Mobile bisa meningkat Rp 2 triliun di tahun 2023.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Layanan Identitas Digital Permudah Tamu Mendaftar di Hotel

Penerapan layanan identitas digital terverifikasi saat mendaftar di hotel disosialisasikan dalam Rakernas PHRI.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Rupiah Hari Ini 9 Februari 2022 Ditutup Melemah ke Rp 15.099

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) hari ini Kamis (9/2/2023) ditutup melemah dibandingkan posisi kemarin.

EKONOMI | 9 Februari 2023

IHSG Hari Ini 9 Februari 2023 Ditutup Ambles ke 6.897

IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada penutupan perdagangan hari ini Kamis (9/2/2023) turun 42,7 poin (0,62%) ke level 6.897.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Induk TikTok dan Douyin Jajaki Layanan Pesan Antar Makanan di Tiongkok

Induk TikTok, ByteDance, tengah menguji layanan pesan-antar makanan di Tiongkok melalui aplikasi video pendeknya Douyin.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Dukung Penerimaan Negara, Industri Kripto Mudahkan Lapor Pajak

Aplikasi penjualan aset kripto, PT Pintu Kemana Saja, turut berkontribusi pada pemasukan negara melalui pajak.

EKONOMI | 9 Februari 2023


TAG POPULER

# Sugeng Guruh Gautama


# Disney PHK Karyawan


# Gempa Turki


# Ferdy Sambo


# Capres PDIP


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KPK Klaim Tahu Banyak soal Aktivitas Tukang Cukur Lukas Enembe

KPK Klaim Tahu Banyak soal Aktivitas Tukang Cukur Lukas Enembe

NASIONAL | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE