Logo BeritaSatu

Pemerintah Siapkan UMKM Tembus Rantai Pasok Global

Selasa, 22 November 2022 | 12:57 WIB
Oleh : Arnoldus Kristianus / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menjalin kemitraan dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan usaha besar dalam upaya mendorong kemajuan UMKM sehingga ke depan diharapkan UMKM dapat menembus rantai pasok global.

Deputi Bidang UKM Kemenkop UKM Hanung Harimba Rachman mengatakan, pemerintah terus berupaya menciptakan ekosistem kondusif bagi UMKM guna meningkatkan partisipasi UKM dalam rantai produksi BUMN dan usaha besar. Hal ini sebagaimana yang diatur melalui Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja beserta turunannya PP 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan UMKM, yang memberikan kesempatan untuk memperluas pasar melalui keterlibatan dalam sistem rantai pasok dengan perusahaan BUMN dan Usaha Besar.

Advertisement

“Melalui jaringan kemitraan antara BUMN dan usaha besar dengan UKM ini yang akan diselenggarakan di Exhibition Hall SMESCO pada 24 November 2022 diharapkan mampu mempercepat transformasi UKM masuk dalam rantai pasok global, meningkatkan produktivitas dan efisiensi, jaminan kuantitas dan kontinuitas, memberikan manfaat sosial yang cukup tinggi serta meningkatkan ketahanan perekonomian nasional,” ucap Hanung Selasa (22/11/2022).

Di sisi lain, UMKM juga mendapatkan beberapa manfaat mulai pendampingan dalam peningkatan keterampilan dan kapasitas, dukungan akses promosi dan perluasan pasar, penumbuhan jejaring kemitraan UKM, hingga jaminan standar dan kualitas. Kementerian Koperasi dan UKM menjalankan beberapa program kemitraan dalam membangun ekosistem rantai pasok. Pertama, Kemenkop UKM melakukan pengembangan rantai pasok perikanan tangkap Indonesia, bekerja sama dengan SPDN Pertamina, Perindo, Himbara, dan usaha besar lainnya sebagai offtaker.

Kedua, pengembangan kemitraan pemasaran produk UMKM dengan Kimia Farma, saat ini 40 UKM terfasilitasi bermitra dengan Kimia Farma dengan produk di bidang kesehatan khususnya herbal dan spa. Ketiga, pengembangan rumah produksi bersama untuk memperkuat hilirisasi dalam ekosistem rantai pasok UMKM yang direncanakan pada akhir tahun 2024 dapat terbangun di 18 lokasi.

Selain itu sejak 2021 kata Hanung, Kemenkop UKM bersama Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Kementerian BUMN berkomitmen menjalin kerja sama yang dituangkan melalui Nota Kesepahaman yang bertujuan untuk menghubungkan pelaku Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Industri Kecil, Menengah (IKM) untuk terhubung ke dalam rantai pasok global (global value chain) sehingga mendorong peningkatan ekspor dan penguatan substitusi impor.

Sebagai tahap awal implementasi kerja sama ini, telah terjamin kemitraan antara koperasi, UMKM dan IKM dengan enam BUMN yakni PT Pertamina, PT PLN, PT Kimia Farma, PT Krakatau Steel, Perum Perhutani, dan RNI (Persero). “Hasil sinergi ini sebanyak 216.590 UKM telah bermitra dengan 6 BUMN dengan nilai transaksi lebih dari Rp2,5 triliun dan nilai transaksi KUMKM/IKM yang telah masuk dalam Pasar Digital (PaDi) sebesar Rp 22,6 triliun,” kata Hanung.

Saat ini program diperluas menjadi 17 BUMN dan banyak usaha besar yaitu PT Inka, Perum Bulog, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia, PT Berdikari, PT Garam, PT Perikanan Indonesia, PT Bio Farma, PT Perkebunan Nusantara III, PT Pindad, PT Pupuk Indonesia, dan PT Sang Hyang Seri.

Hingga saat ini tercatat, jumlah UMKM yang mencapai 64,2 juta unit dan mampu berkontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 61%, kontribusi ekspor UMKM sebesar 15,65%, menyerap 97% dari total tenaga kerja, serta dapat menghimpun 60,4% dari total investasi. “Dari sinilah terlihat bahwa keberadaan UMKM yang bersifat padat karya mampu menjadi sebuah wadah bagi masyarakat untuk bekerja,” ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sri Mulyani Sebut Rasio Utang Indonesia 39,57% Sehat

Menkeu Sri Mulyani menyatakan, rasio utang ke produk domestik bruto (PDB) sebesar 39,57 persen sebenarnya masih sehat.

EKONOMI | 3 Februari 2023

LNSW Terbitkan 425 Persetujuan Ekspor Per 1 Februari 2023

Berdasarkan data sistem neraca komoditas, Lembaga National Single Window (LNSW) telah menerbitkan 425 persetujuan ekspor hingga 1 Februari 2023.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Raih SOC QSCS, BKI Buktikan Mampu Bersaing di Kancah Global

Pencapaian ini penting bagi BKI sebagai langkah awal terhadap pemenuhan kriteria untuk dapat diterima sebagai anggota IACS.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Sri Mulyani Anggarkan Rp 25,01 Triliun untuk Pemilu 2024

Menurut Sri Mulyani, pagu anggaran pemilu senilai Rp 25,01 triliun pada 2022 dan 2023 masih bersifat sementara karena untuk tahun 2024 masih dalam perhitungan.

EKONOMI | 3 Februari 2023

2023 Penuh Tantangan, Airin Bidik Ekosistem Logistik Laut

Dimas menegaskan, jalur laut Indonesia memegang peran penting dalam ekosistem logistik dan perdagangan dunia.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Klaim Asuransi Nasional Sinarmas MSIG Life Tembus Rp 541,6 M

Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk mengucurkan klaim asuransi sepanjang 2022 mencapai Rp 541,6 miliar.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Genjot Kinerja, Asuransi Simas Digitalisasi Kanal Pemasaran

PT Asuransi Simas Jiwa (ASJ) atau Asuransi Simas memperkuat digitalisasi kanal pemasaran untuk mendukung kinerja perusahaan.

EKONOMI | 3 Februari 2023

PMI Manufaktur Konsisten Ekspansif di Tengah Gejolak Global

Menurut Febrio, sektor manufaktur yang tetap berada di zona ekspansi menunjukkan daya tahan perekonomian Indonesia di tengah gejolak global.

EKONOMI | 3 Februari 2023

SRC Gandeng Tirta Investama Kembangkan 6.000 Toko Kelontong

PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) menjalin kolaborasi dengan PT Tirta Investama (Aqua) dalam menjangkau 6.000 toko kelontong di berbagai wilayah Indoensia.

EKONOMI | 3 Februari 2023

IHSG Siang Hari Ini 3 Februari 2023 Menguat ke 6.938

IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada sesi I siang hari ini Jumat 3 Februari 2023 naik 48,3 poin (0,7%) ke level 6.938.

EKONOMI | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menkes Sebut 13% Masyarakat Indonesia Terkena Diabetes

Menkes Sebut 13% Masyarakat Indonesia Terkena Diabetes

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE