Logo BeritaSatu

Teten Minta Santripreneur Kembangkan Keunggulan Domestik

Selasa, 22 November 2022 | 19:45 WIB
Oleh : Arnoldus Kristianus / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) akan menyiapkan dan mengarahkan bisnis santripreneur dan para calon saudagar di sektor-sektor usaha yang menjadi keunggulan domestik Indonesia.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan hampir semua negara di dunia kini tengah mencari keunggulan domestiknya masing-masing. Tak terkecuali, Indonesia.

Advertisement

"Kita punya laut yang begitu besar yang di dalamnya terkandung ikan tuna, lobster, dan sebagainya. Tapi, investasi di sektor kelautan ini baru 2% yang besar," ucap Teten, di Jakarta, Selasa (22/11/2022).

Contoh lain, kata Teten, Indonesia merupakan produsen CPO terbesar di dunia. Tapi, yang bisa diekspor baru sebatas minyak goreng. Teten mencontohkan perusahaan PT Unilever Indonesia telah membeli CPO lokal dan mampu memproduksi banyak sekali jenis produk, dari mulai makanan, kosmetik, hingga farmasi.

Menurut Teten, pemerintah ingin mengubah hal itu dengan memulai industrialisasi dan sekarang dengan hilirisasi yang tidak lagi menjual bahan baku.

"Industrialisasi sedang kita koreksi dengan melakukan industrialisasi berbasis keunggulan domestik dengan bahan baku lokal. Bukan lagi manufaktur berbahan baku impor," kata Teten.

Selain memiliki banyak potensi sumber daya alam, Indonesia juga memiliki banyak kekayaan produk-produk berbasis kreatif. Teten mengatakan untuk menciptakan pengusaha tangguh, pendekatannya harus melalui inkubasi.

"Ibarat telur, dierami, ditetaskan, kemudian dibesarkan. Jadi, kita perlu menyiapkan inkubator-inkubator," tutur Teten.



Teten menambahkan, Indonesia membutuhkan banyak industrialis dan entrepreneur yang memiliki model bisnis yang inovatif. "Salah satu caranya, pemerintah terus mengembangkan ekosistem kewirausahaan," tandas Teten.



Selain itu, pendekatan perbankan dalam menyalurkan kredit dengan menerapkan agunan juga harus berubah, menjadi pendekatan credit scoring. "Perusahaan fintech saja bisa kredit sampai Rp2 miliar tanpa agunan," kata Teten.



Teten menambahkan, Kemenkop UKM terus mendorong para pelaku UMKM go digital, dimana catatan keuangan harus sudah digital memakai aplikasi yang sudah banyak tersedia. Sehingga, kredit UMKM tidak lagi harus pendekatan agunan, melainkan credit scoring dari usahanya.

"Ini solusi yang harus kita lakukan," pungkas Teten.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Daewoong Percepat Ekspansi Global Pertumbuhan Obat Gerd Fexuprazan

Fexuprazan dari Daewoong Pharmaceutical menarik perhatian sebagai pendobrak di pasar pengobatan global penyakit refluks gastroesofageal (Gerd).

EKONOMI | 31 Januari 2023

Pemerintah Diminta Atasi Kelangkaan Minyak Goreng Subsidi

Pemerintah diminta segera mengambil langkah tegas untuk menindak minyak goreng subsidi merek Minyak Kita yang semakin langka serta melebihi HET.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Rektor UI Sarankan Kebijakan Ekonomi Berbasis Game Theory

Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro mengatakan, pemerintah bisa mengaplikasikan game theory dalam menjalankan kebijakan ekonomi.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Airlangga Pede Ekonomi Indonesia Bisa Tumbuh 5,3 Persen

Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyatakan, ekonomi Indonesia bisa tumbuh 5,3 persen year on year (yoy) jika konsumsi domestik terjaga.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Mudahkan Nasabah, Blu by BCA Digital Terkoneksi MRT Jakarta

Blu by BCA Digital menjalin kerja sama dengan PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta untuk memperluas layanan Bank as a Service (BaaS).

EKONOMI | 30 Januari 2023

BI Pastikan Proof of Concept Rupiah Digital Terbit Juli 2023

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, Bank Indonesia sudah melakukan pertemuan dengan pemain-pemain potensial untuk menjadi wholesaler rupiah digital.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Cegah Kelangkaan, Pemerintah Siapkan 450.000 Ton Minyak Goreng Minyakita

Mendag Zulkifli Hasan mengatakan penambahan stokminyak goreng curah Minyakita ini dilakukan dengan melibatkan sekitar 30 produsen.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Pasker Kemenaker Harap Anak Muda Berkontribusi dalam Pembangunan Ekonomi

Muchammad Yusuf selaku Chief Pusat Pasar Kerja mengatakan sebanyak 70 persen angkatan kerja di Indonesia diisi oleh generasi muda.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Pengesahan RUU PPRT Beri Kepastian Hukum Pekerja Rumah Tangga

Kemen PPPA menilai RUU PPRT dapat memberikan kepastian hukum serta kejelasan tugas dan tanggung jawab pekerja, pemberi kerja serta penyalur tenaga kerja.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Kemenaker Ungkap Alasan Penetapan RUU PPRT Perlu Dipercepat

Kemenaker menegaskan pentingnya percepatan pengesahan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PPRT) sebagai undang-undang (UU).

EKONOMI | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Daewoong Percepat Ekspansi Global Pertumbuhan Obat Gerd Fexuprazan

Daewoong Percepat Ekspansi Global Pertumbuhan Obat Gerd Fexuprazan

EKONOMI | 17 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE